4 Tempat Makan Sop Konro Terbaik di Makassar yang Wajib Dicoba

JNEWS – Kota Anging Mamiri terkenal memiliki sejumlah hidangan dari olahan daging sapi, selain coto Makassar yang terkenal, ada juga sop konro. Sepintas, seporsi sop ini terlihat seperti sop iga. Namun, sop favorit masyarakat Makassar ini memiliki cita rasa rempah yang kuat dan kuah gurih.

Dikutip dari Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan, sop konro adalah masakan sop iga khas yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Bahan utama pembuatan hidangan ini adalah iga sapi. Umumnya, masakan berkuah warna coklat kehitaman ini disantap bersama ketupat dan burasa yang dipotong-potong terlebih dulu.

Kuah sop konro memang lebih kental daripada sop iga sapi pada umumnya. Warna gelap sop ini berasal dari buah keluak. Untuk bumbunya menggunakan aneka rempah seperti ketumbar, jintan, pala, kunyit, jahe, serai, lengkuas hingga daun salam. Campuran aneka rempah tersebut menghasilkan kuah gurih, kental, dan aromatik.

Menariknya, dari hidangan sop kaya rempah ini memiliki variasi menu yang tak kalah lezat yaitu konro bakar. Hidangan ini adalah iga sapi dibakar dengan bumbu khas konro yang lengkap. Biasanya menu ini disajikan dengan kuah sop yang terpisah.

Rekomendasi 4 Tempat Makan Sop Konro Legendaris dan Terbaik di Makassar

Berkunjung ke Makassar, wajib mencicipi hidangan ini. Mencari rumah makan yang menjual sop konro di Makassar tidaklah begitu sulit. Bahkan beberapa di antaranya sudah berdiri puluhan tahun dan pernah disinggahi oleh Presiden Jokowi.

Berikut rekomendasi beberapa tempat yang menyajikan seporsi kelezatan dari sop konro.

4 Tempat Makan Sop Konro Terbaik di Makassar yang Wajib Dicoba

1. Sop Konro Karebosi

Sop Konro Karebosi merupakan salah satu tempat makan konro legendaris di Kota Makassar. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan menjual menu khusus konro saja yakni sop dan konro bakar.

Warung makan ini didirikan oleh H. Hanaping. Awalnya warung ini adalah warung pinggiran di Lapangan Karebosi. Kemudian di tahun 1970-an, H. Hanaping memindahkan lokasi ke ruko di Jalan Gunung Lompobattang. Ruko ini terus bertahan hingga sekarang. Kendati telah diolah oleh generasi kedua, pengolahan konronya tetap menggunakan resep autentik yang khas.

Karena berlokasi di ruko, jadi lahan parkirnya tidak luas. Di bagian dalam berjejer meja dan kursi seperti warung makan pada umumnya. Tidak ada pendingin ruangan tetapi kipas angin tersedia di berbagai titik. Di lantai dua pun tersedia tempat untuk makan.

Sop konro di tempat ini disajikan dengan dua ruas iga cukup besar dengan daging melekat yang lembut. Sebagai pelengkap, konro Karebosi menyediakan sambal khas berwarna merah oranye di meja, perasan jeruk nipis, dan kecap manis. Untuk nasi harus dibeli terpisah.

Konro bakar disajikan dengan saus kacang yang berlimpah dan semangkuk kuah sop. Seporsi konro bakar berisi dua ruas iga cukup besar. Bagian luar sedikit garing sedangkan dalamnya lembut. Untuk sop tidak jauh berbeda dengan sop konro, tetapi polos tanpa isian daging.

Kelezatan sop dari warung ini sudah terkenal hingga ke luar daerah. Bahkan sewaktu kunjungan tugas, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk mencicipi menu di sini.

Harga seporsi sop mulai dari Rp60.000. Pembayaran di tempat ini hanya menerima cash dan transfer. Jadi, sediakan uang yang cukup sebelum datang berkunjung.

Alamat: Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Buka: 10.30-22.30 WITA.

Baca juga: Pisang Epe Khas Makassar: Sejarah, Resep Tradisional, hingga Variasinya

2. Sop Konro Bawakaraeng

Sop Konro Bawakaraeng salah satu rumah makan legendaris di Kota Makassar. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960. Kendati telah dijalankan oleh penerusnya, tetapi cita rasanya tetap dipertahankan dengan menggunakan resep keluarga.

Di rumah makan ini hanya tersedia lima menu yakni sop konro, sop kikil, sop saudara, sop paru, dan konro bakar. Sedangkan untuk minumannya teh manis, teh tawar, sari jeruk, hingga air mineral.

Dari segi lokasi, tempatnya strategis di tengah kota. Sama seperti rumah makan konro pada umumnya, tempat ini tidak terlalu luas juga tidak sempit.Kursi dan meja diatur berjejer, juga ada kipas angin di berbagai titik. Untuk lahan parkirnya pun tidak terlalu luas.

Soal rasa, daging iga empuk, kuahnya gurih dan disajikan dengan jeruk nipis serta sambal. Tersedia juga sop konro yang dagingnya sudah dipisah dengan tulang. Jadi, tidak ribet untuk makan. Menu sop kikil di tempat ini pun menjadi favorit karena lembut dan kuahnya gurih.

Harga per porsi mulai dari Rp50.000. Jam buka dari pukul 9 pagi, sedangkan untuk waktu tutupnya tentatif mengikuti stok persediaan makanan. Pembayaran hanya menerima cash saja.

Alamat: Jl. G. Bawakaraeng No.105, Wajo Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Warung Berkah Lorong Sop Konro H. Ronny Dg. Rapi

Warung Berkah Lorong populer di kalangan netizen karena viral beberapa waktu lalu. Tempat makan ini letaknya cukup strategis di tengah kota tepatnya di samping pasar Pa’baeng-Baeng. Namun, untuk lokasi tepatnya berada di dalam lorong perkampungan.

Kendati berada di lorong, tidak menyurutkan animo masyarakat untuk datang makan di Warung Berkah Lorong. Bahkan ada yang rela antre lebih pagi untuk bisa mencicipi aneka menu di tempat ini. Warungnya yang tidak terlalu luas hanya mampu menampung maksimal 20 orang, itu pun belum termasuk yang antre.

Menu di warung ini hanya ada empat yakni sop konro, sop daging, sop kikil, dan sop campur. Tekstur daging di sop konro empuk, begitu juga dengan sop kikil yang menjadi primadona di warung ini. Sop kikilnya diproses dengan tiga tahapan, sehingga terasa empuk dan tidak prengus.

Namun yang menjadi daya tarik dari hidangan di warung ini adalah kuah sopnya. Keempat menu di warung ini hanya menggunakan satu jenis kuah saja tetapi memiliki ciri khas yang berbeda dengan lainnya.

H. Ronny meracik bumbu kuah sop dengan menggabungkan bumbu coto, sop konro, sop saudara, dan pallubasa. Kuahnya tidak berwarna hitam melainkan kuning kental dengan rasa pas di lidah. Satu porsi sop dibanderol dengan harga Rp20.000, dan sop daging Rp15.000.

Alamat: Jl. Kumala II Jl. Andi Tonro IV Lorong III, Pa’baeng-Baeng, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

4. Sop Saudara Irian

Rumah makan Sop Saudara Irian berlokasi di Jalan Irian yang kini telah berganti nama menjadi Jalan Wahidin Sudirohusodo. Kendati telah berganti nama jalan, tetapi nama warung ini tetap tidak berubah.

Sop Saudara Irian adalah salah satu rumah makan legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Letaknya berada di pinggir jalan dekat dari Pasar Sentral dan Lapangan Karebosi. Lokasinya yang strategis dan menunya yang lezat membuatnya selalu ramai dikunjungi.

Tempatnya tidak terlalu luas dengan penataan meja yang berjejer panjang. Pengunjung pun bisa dengan leluasa melihat cara penyajiannya karena mangkuk-mangkuknya sudah disusun rapi berjejer di atas meja, tinggal tunggu pesanan untuk dituangkan kuahnya.

Menu utama di rumah makan ini memang sop saudara, tetapi sop konronya pun tidak kalah lezat. Kuahnya kental, gurih, dan kaya akan rempah. Tekstur iga sapinya pun lembut tidak alot. Seporsi sop disajikan dengan nasi. Untuk menambah cita rasa, tersedia jeruk nipis dan sambal.

Seporsi sop dibanderol mulai dari Rp30.000. Sop Saudara Irian buka selama 24 jam dan hanya menerima pembayaran cash saja.

Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.40, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Kuliner Purwakarta: 5 Warung Sate Maranggi Terbaik Langsung di Kota Asalnya

Sop konro khas dari Makassar menunjukkan betapa kuliner Indonesia sangat beragam dan memiliki cita rasa autentik dari rempah alami nusantara. Berkunjung ke Kota Anging Mamiri, jangan lewatkan mencicip seporsi sop ini di salah satu tempat makan di atas.

Exit mobile version