Stop Berkendara Sambil Main HP! Bisa Didenda Rp750 Ribu Lho

berkendara sambil main HP dan berkendara sambil merokok bisa didenda

Smartphone saat ini menjadi perangkat yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Penggunaan handphone pun hampir dilakukan setiap waktu, termasuk saat berkendara. Padahal, kamu bisa terkena denda lho kalau berkendara sambil main HP.

Hal ini diatur dalam dua pasal 106 ayat 1 dan pasal 283 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam kedua pasal tersebut, tertuang bahwa pengendara yang berkendara tidak dalam konsentrasi penuh bisa dianggap melanggar.

Berikut bunyi pasal 106 ayat 1: “Yang dimaksud dengan penuh konsentrasi adalah setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon, atau menonton televisi atau video yang terpasang di kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga mempengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan.”

Baca Juga: Pengemudi Wajib Tahu, Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol

Sementara itu untuk bunyi pasal 283: “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secaratidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Bermain HP saat berkendara atau mengoperasikan HP, dinilai dapat membuyarkan konsentrasi. Hal ini bahkan lebih berbahaya ketimbang berkendara dalam pengaruh minuman alkohol.

Selain berkendara sambil bermain HP, berkendara sambil merokok pun juga termasuk ke dalam bentuk pelanggaran. Hal ini karena berkendara sambil merokok juga bisa membuyarkan konsentrasi, serta juga bisa berbahaya bagi pengendara lain karena abu rokok yang diterpa angin, sehingga tidak jarang bisa memicu pertengkaran dengan sesama pengguna jalan raya.

Baca Juga: Benarkah Berkendara Motor Pakai Sandal Jepit Bakal Ditilang?

Bahkan larangan merokok sambil berkendara ini pun tertuang dalam Peraturan Menteri Pehubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat. “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor,” bunyi pasal 6 huruf c.

Nah, oleh karenanya buat kamu yang masih berkendara sambil main HP atau berkendara sambil merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Selain bisa dikenakan denda Rp750.000 tadi, tentu kebiasaan buruk itu juga bisa membahayakan diri sendiri dan sekitarmu!

Baca Juga: Mudik Berkendara Mobil, Waspada Bahaya Microsleep

Exit mobile version