Strategi Menikmati Liburan Saat Trip Bisnis

Tips Perjalanan Bisnis

Strategi Menikmati Liburan Disela Trip Bisnis

Simak strategi menikmati liburan saat trip bisnis berikut ini jika memiliki rencana untuk melakukan perjalanan bisnis dalam waktu dekat. Kenapa? seringkali kita merasa trip bisnis menjadi perjalanan yang melelahkan karena kita akan disibukkan dengan urusan pekerjaan.

Belum hilang lelahnya perjalanan, Kamu mesti kembali ke dunia kerja yang sering kali menimbulkan kebosanan dan stres. Namun siapa sangka Kamu bisa melakukan trip bisnis sambil liburan dengan mengunjungi tempat-tempat menyenangkan untuk membuat dirimu lebih santai.

Justru ini menjadi kesempatan jitu buat Kamu bisa bersenang-senang. Dalam dunia traveling, liburan saat melakukan perjalanan bisnis disebut dengan bleisure travel.

Istilah ini timbul setelah maraknya pebisnis dan pekerja profesional melakukan traveling usai menuntaskan pekerjaan di tempat tujuan. Istilah ini berasal dari kata business dan travel.

Biasanya, bleisure travel dimanfaatkan pebisnis atau pekerja profesional untuk menikmati masa tinggal di kota tujuan atau mengambil liburan singkat di sela-sela pekerjaan.

Bleisure travel bisa dilakukan oleh siapa saja dan kalangan mana saja, tidak hanya terbatas pada pebisnis senior. Justru, dewasa ini bleisure travel lebih sering dilakukan oleh kawula muda atau kaum milenial yang mengambil liburan singkat usai melakukan pekerjaan di luar kota atau luar negeri. 

BACA JUGA: 5 Tips Perjalanan Bisnis yang Wajib Diperhatikan

Mengapa Butuh Bleisure Travel?

Jika Kamu seorang pekerja kantoran atau pebisnis, bleisure travel adalah  cara yang pas untuk merehatkan pikiran dan memberikan ruang buat diri kamu sendiri. Sebab, bleisure travel mampu meningkatkan kualitas hidup, dan menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. 

Kamu tidak boleh membiarkan dirimu larut dengan pekerjaan, hingga melupakan cara bersantai dan bersenang-senang untuk diri sendiri. Coba bayangkan, saat melakukan pekerjaan di luar kota atau luar negeri, Kamu menghabiskan waktu hanya untuk berfikir dan bekerja keras tanpa melakukan traveling, lalu pulang dengan kondisi tubuh yang masih lelah dan bersiap menghadapi pekerjaan selanjutnya. Gimana gak stress tuh? 

Buat Kamu yang akan mencoba bleisure travel, silahkan simak strategi menikmati liburan saat trip bisnis berikut ini:

1. Buat Itinerary yang Pas

Membuat itinerary yang pas sangat penting buat Kamu yang ingin menyisipkan waktu luang di sela-sela padatnya pekerjaan. Setidaknya Kamu tidak lagi kebingungan di daerah tujuan, apalagi sampai kesasar saat mencari destinasi wisata yang ingin dituju.

Jika jadwal perjalanan bisnis Kamu begitu padat dengan pekerjaan dan rapat, Kamu bisa berkeliling pada malam hari dengan mencari tempat-tempat yang baru hidup pada malam hari.

2. Rencanakan Destinasi Wisata dan Kuliner 

Berburu Kuliner Khas Saat Trip Bisnis (unsplash.com)

Merencanakan destinasi wisata apa saja yang bisa Kamu kunjungi selama perjalanan dinas bisa membebaskanmu dari masalah, karena Kamu bisa memperkirakan jarak tempuh dan waktu yang diperlukan dari lokasi pekerjaan menuju lokasi wisata. 

Kamu bisa memulainya dengan melakukan riset tentang destinasi wisata yang bisa kamu jajaki, serta berbagai kuliner yang bisa dicoba di daerah tujuan, kalau bisa Kamu cari panganan yang khas dari daerah tersebut. 

BACA JUGA: 5 Bisnis Tanpa Modal Ala Milenial

3. Manfaatkan Waktu dengan Baik 

Buat Kamu yang berencana untuk liburan singkat saat perjalanan bisnis, kunjungilah tempat-tempat yang tidak jauh dari tempatmu menginap, ataupun lokasi pekerjaan. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan berjalan santai di sekitar penginapan, berenang, hunting foto, ataupun kuliner khas daerah tujuan.

4. Siapkan Dana Lebih 

Siapkan Dana Lebih Saat Trip Bisnis

Meskipun segala semua kebutuhan akomodasi dan transportasi sudah ditanggung kantor, bukan berarti Kamu tidak menyiapkan dana sama sekali. Menyiapkan dana lebih saat melakukan bleisure travel sangat penting dan tidak boleh dilupakan! 

Meski harus menyiapkan dana lebih, jangan sampai Kamu kalap dan boros. Nanti bisa kewalahan keuangannya sepulang bleisure travel, kan nggak lucu.

5. Tetap Mengutamakan Pekerjaan 

Meskipun Kamu memiliki waktu luang, tetaplah mengutamakan pekerjaan sebelum mengunjungi destinasi wisata atau spot-spot menarik lainnya.

Nah, yang paling penting adalah Kamu harus memastikan kalau semua pekerjaan sudah diselesaikan. Jangan sampai pekerjaan menjadi terbengkalai karena keinginan liburannya ya. Liburan dijamin tidak akan seru kalau Kamu masih kepikiran dengan kerjaan, kenikmatannya hilanglah sudah. Jika pekerjaan sudah selesai, Kamu tinggal menikmati jatah libur selama berada di sana, tanpa diburu deadline lagi. 

Itulah sedikit tips dan strategi menikmati liburan saat trip bisnis, apakah Kamu berminat buat mencoba?

BACA JUGA: Kisah Sukses UMKM Manfaatkan Teknologi Digital untuk Mandiri

Exit mobile version