Suka Tantangan, Srikandi Ini Komandani Kurir Delivery JNE Kupang

Djohra Kamaluddin, kepala bagian inbound JNE Kupang, NTT.

Sebagai perempuan, Djohra Kamaluddin tidak ragu untuk bekerja di bagian kurir delivery yang sebagian besar laki-laki, di JNE Kupang, Nusa Tenggara Timur. Baginya, bekerja dikelilingi kurir lapangan yang mengantar paket kiriman memberinya banyak tantangan. Kini berkat kerja kerasnya, Srikandi yang bergabung di JNE Kupang sejak Januari 2014 silam tersebut dipercaya menjabat kepala bagian inbound JNE Kupang, yang khusus bertanggung jawab memastikan seluruh kiriman di Kupang terantar ke pelanggan. 

Sudah sejak lama, Djohra Kamaluddin berkeinginan untuk bisa bekerja di JNE. Alumnus D-3 jurusan teknik elektro ini pun merasa senang dan bangga saat diterima berkerja di JNE Kupang.

“Senang dan bangga sekali akhirnya bisa bekerja di JNE. Awalnya sebagai koordinator pengawas, kemudian diangkat menjadi leader delivery. Saya memilih bagian delivery karena  memang senang berteman dengan laki-laki,” ujar Djohra saat berbincang dengan JNEWS, Jumat (6/5/2022).

Profesi delivery yang mayoritasnya adalah laki-laki memberinya banyak tantangan, yang harus dijawab dengan kerja keras dan maksimal, terlebih bagi Djohra karakter orang NTT yang menurutnya suka dengan berbagai tantangan.

“Karakter saya sukanya adalah belajar bagaimana mengatasi masalah dan belajar mendengarkan pendapat orang lain, terutama para kurir. Mereka harus didengarkan karena merekalah yang lebih tahu kendala di lapangan,” tuturnya.

Baca juga: Para Srikandi JNE Peraih Best Coordinator Kantor Cabang

Adapun perjalanan karirnya diawali 2014 sebagai koordinator pengawas delivery dan melayani pelanggan yang mengambil paketnya sendiri ke kantor JNE Kupang. Kemudian pada 2015 ia mutasi menjadi koordinator transit, dan 2016 menjadi Kepala Unit inbound. “Sekarang saya dipercaya menjadi head of section inbound atau kepala bagian inbound di JNE Kupang. Tugasnya memastikan setiap barang inbound atau yang masuk ke JNE Kupang bisa ter-delivery dengan baik sesuai SLA,” ucap Djohra.

Djohra Kamaluddin, saat mengikuti gathering kantor cabang regional JTBNN.

Seiring berjalannya waktu dan berbagi jabatan telah disandangnya, diakui Djohra ada jabatan yang paling memberinya banyak kesan, yaitu saat menjadi leader delivery, di mana harus memimpin para kurir motor maupun kurir mobil yang banyak bekerja di lapangan.

“Bagi saya semakin banyak yang harus ditempuh dan dikejar, maka harus terus berjuang dan bekerja keras, itu semua demi perusahaan JNE yang kita cintai,” ucap Srikandi yang sudah menikah ini. “Alhamdulillah, keluarga saya selalu memberi support penuh atas pekerjaan yang saya lakukan,” tambahnya.

Disinggung mengenai kunci suksesnya dalam meniti karir, Djohra mengaku selalu berprinsip  jangan pantang menyerah, bekerja jujur dan mempunyai tanggung jawab penuh terhadap jabatan apa pun yang diberikan oleh perusahaan.

“Untuk para Ksatria dan Srikandi JNE di mana pun berada, yang ingin sukses meniti karir, menurut saya tetaplah menjalankan tugas  dengan sungguh-sungguh. Jika menghadapi kendala jangan pantang menyerah, apalagi sampai putus asa karena jika berusaha semua akan ada jalannya. Semoga JNE terus berjaya,” pungkas Srikandi asli putri daerah NTT yang hobi menyanyi dan menari ini. *

Baca juga: Sosok Nuryanti, Srikandi di Balik Hadirnya Anak Yatim dalam Setiap Acara JNE

Exit mobile version