Syarat Mudik Gratis Kemenhub Naik Kereta Api

syarat mudik gratis pakai kereta api dari kemenhub

Tidak hanya menggelar mudik gratis dengan moda transportasi kapal laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menggelar program mudik gratis dengan kereta api. Nah, buat kamu yang penasaran dan pengen ikutan, simak tata cara pendaftaran mudik gratis kereta api dari Kemenhub.

Sekadar informasi, program bernama ‘Mudik Asik Bareng MOTIS 2023’ ini ditujukan bagi masyarakat yang mudik dengan menggunakan motor. Sebagaimana diketahui, mudik dengan menggunakan sepeda motor memiliki risiko tingkat kecelakaan yang tinggi.

Baca Juga: Es Blewah hingga Sop Buah, Simak Rekomendasi Minuman Buka Puasa

Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis Kereta Api dari Kemenhub

Oleh karenanya, daripada kamu repot mudik pakai kendaraan roda dua, mending ikutan program mudik gratis Kemenhub. Simak tata cara dan syarat mudik gratis kereta api Kemenhub berikut ini!

  1. Mendaftarkan diri secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id.
  2. Menyiapkan sejumlah syarat, di antaranya:
  3. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C
  4. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc
  5. Satu motor dapat difasilitasi pembelian 2 tiket penumpang, dengan persyaratan:

Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub 2023

Setelah melakukan pendaftaran online, peserta mudik gratis diwajibkan melakukan verifikasi ke posko sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar, untuk menghindari terjadinya penghapusan pendaftaran secara otomatis. Untuk poskonya, simak daftarnya di bawah ini:

  1. Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di Jl. Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat
  2. Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok di Jl. Panaitan No. 105 Tanjung Priok Jakarta Utara

Kedatangan untuk verifikasi ditunggu paling lambat 2x 24 jam setelah mendaftar online. Di samping itu, bagi Peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor, diwajibkan memiliki  atau menunjukkan bukti mudik moda transportasi lainnya.

Sepeda Motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor. Berikutnya, pada saat penyerahan sepeda motor, peserta wajib menunjukkan KTP asli pendaftar dan bukti pendaftaran. Sepeda Motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun tujuan, akan dikenakan biaya parkir oleh pengelola parkir resmi stasiun dan juga wajib dikuras BBM-nya saat diserahkan.

Exit mobile version