Syiar Keagamaan di Masjid Jami Soeprapto Soeparno Pangkal Pinang

Masjid Jami Soeprapto Soeparno Pangkal Pinang yang megah dan ikonik

“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi  dan Abu Daud)

Sejak diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman beberapa waktu silam, Masjid Jami Soeprapto Soeparno yang berlokasi di Pangkal Pinang, Bangka Belitung semarak dengan berbagai kegiatan syiar keagamaan.

Di luar kegiatan shalat berjamaah 5 waktu dan juga shalat Jumat, Masjid Jami Soeprapto Soeparno yang berdiri megah dan ikonik tersebut kini semarak dengan kegiatan syiar Islam, diantaranya acara kajian rutin setiap malam Senin dan kajian rutin bulanan yang digelar 2 kali di setiap bulannya.

Adapun kajian rutin di setiap malam Senin, menghadirkan Ustadz Rudi Rosaldi dengan materi kajian seputar ilmu fiqih. Dalam setiap kajian, selalu mendapat sambutan antusias dari para jamaah, baik itu jamaah warga di sekitar masjid, karyawan JNE dan Tiki serta jamaah lainnya di Kota Pangkal Pinang.

Ustadz Rudi Rosaldi mengajakarkan kajian fiqih

Alhamdulillah, baik itu kajian rutin mingguan maupun bulanan selalu mendapat antusias dari para jamaah. Mereka ingin belajar dan memperdalam lagi ilmu agama, seperti mengenai fiqih ibadah dan lain sebagainya,” ujar M. Dayat, Sekretaris Pengurus Masjid Jami Soeprapto Soeparno, saat berbincang dengan JNEWS, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, untuk menjangkau lebih banyak umat Muslim dan agar kegiatan keagamaan lebih semarak lagi, acara kajian selalu disiarkan live di Instagram maupun Facebook dan ada beberapa materi yang sudah di-upload di Youtube.

“Sekarang era digital. Masjid Jami Soeprapto Soeparno juga mengikuti tren yang ada di mana kajian juga disyiarkan melalui sarana digital. Sehingga masyarakat luas bisa mengikuti dan merasakan manfaatnya. Semoga pahala dari kegiatan keagamaan ini juga terus mengalir ke pendiri masjid yakni almarhum Bapak H. Soeprapto,” terang M. Dayat.

Sementara itu Ketua Pengurus Masjid Jami Soeprapto Soeparno, Abdul Muthalib mengungkapkan bahwa ke depan pihaknya akan lebih banyak mengadakan program maupun acara agar syiar keagamaan di masjid tersebut bisa lebih semarak lagi.

Kegiatan pengajian rutin di Masjid Jami Soeprapto Soeparno Pangkal Pinang

“Akan ada pengajian yang lebih besar lagi dan juga program sosial kemasyarakatan. Semoga pandemi segera berakhir dan kegiatan peribadatan bisa lebih seamarak lagi,” ucapnya.

Memakmurkan masjid dengan beragam kegiatan keagamaan seperti pengajian akan memberi banyak manfaat dan keberkahan. Karena dalam majelis ilmu, akan selalu turun rahmat dari Allah SWT. Orang-orang yang ikut pengajian dikelilingi oleh para malaikat yang selalu mendoakan kebaikan.

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR. Muslim). *

Baca juga : Mengenal Masjid-Masjid yang Didirikan Pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno

Exit mobile version