Wisata Kuliner Semarang: Mencicipi Tahu Gimbal dan Resep untuk Dicoba

JNEWS – Berkunjung ke Kota Semarang wajib mencicipi kuliner khasnya seperti tahu gimbal. Kuliner ikonik yang satu ini sudah ada sejak abad ke-19 di masa penjajahan Belanda.

Seporsi tahu gimbal ini sekilas penampakannya mirip dengan ketoprak khas Cirebon yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, lontong, tauge, rajangan kol mentah, telur  dan gimbal (udang yang dibalur dengan tepung lalu digoreng). Pelengkapnya adalah campuran bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang.

Makanan ini bisa disantap baik untuk sarapan, makan siang maupun makan malam. Satu porsinya sudah memiliki kandungan lengkap mulai dari karbohidrat, protein hewani, zat besi serta zink dari tauge.

Rekomendasi Tahu Gimbal di Semarang

Wisata Kuliner Semarang: Mencicipi Tahu Gimbal dan Resep untuk Dicoba

Asal usul tahu gimbal tidak lepas dari kehadiran tahu yang sudah ada sejak lama di Kota Semarang. Awalnya tahu yang digunakan untuk kuliner ini jenis tahu pong (tahu yang tidak memiliki isi atau kopong).

Namun seiring perkembangan zaman, semua jenis tahu pun bisa dibuat untuk menu yang satu ini. Adapun nama gimbal yang melekat di nama kuliner ini berarti menggumpal. Di masa lampau, masyarakat jawa menamakan bentuk itu dengan sebutan kempel, tetapi seiring berjalan waktu, penyebutannya berganti menjadi gimbal.

Tidak sulit menemukan penjual tahu ini. Di setiap sudut kota bahkan di beberapa tempat kuliner, pasti ada pedagang yang menjajakannya.

Namun, dari sekian banyak pedagang yang ada, berikut ini beberapa rekomendasi tempat makan tahu gimbal yang populer di Kota Semarang dan kalangan wisatawan.

1. Tahu Gimbal Haji Edy

Warung Haji Edy merupakan salah satu tempat makan yang populer di Kota Semarang. Tempat berjualannya sangat sederhana yakni di pinggir jalan, tetapi jangan salah pengunjungnya selalu ramai setiap hari. Apalagi bukanya setiap pukul 12 siang, selalu ramai dikunjungi warga yang ingin santap siang.

Tempat makan ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak tahun 1972. Namun, cita rasanya tetap sama walau sudah dikelola secara turun-temurun.

Keistimewaannya ada di saus kacang yang tidak begitu halus tapi sedikit kasar. Rasa manis, gurih, dan pedasnya pun pas di lidah. Minumannya cukup bervariasi. Mulai dari es duren, es campur duren, es teler, es teh hingga es jeruk. Satu porsinya dibanderol Rp27.000.

Alamat: Jl. Pandanaran No.2, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: 10 Variasi Kupat Tahu dari Berbagai Daerah di Indonesia

2. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Warung makan berikutnya yang populer dan legendaris adalah Kedai Lumayan Pak Man. Tempat makan kaki lima ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Tidak mengherankan kalau setiap hari ramai oleh pengunjung lokal maupun wisatawan.

Kendati tempat makannya cukup sederhana dan harus rela antre lumayan lama, tetapi rasa makanannya dijamin bikin ketagihan. Apalagi memesan seporsi komplet, bisa makan untuk dua orang.

Seporsinya berisi tahu dan gimbal udang ukuran besar dengan bumbu yang meresap. Saus kacangnya di sini sedikit kasar tapi tetap lezat. Pedasnya pun nendang. Jadi bagi yang tidak tahan pedas, bisa pesan tidak terlalu pedas. Dengan penyajian seperti itu, sekali makan langsung kenyang.

Menu minumannya standar seperti es teh, es jeruk, dan teh botol. Harga satu porsi tahu gimbal komplet Rp38.000.

Alamat: Jl. Plampitan No.54, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Tahu Gimbal Bang Toyib

Warung Bang Toyib cukup luas karena menempati lantai satu sebuah rumah. Untuk tempat duduknya pun ada beberapa bagian jadi tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat kecuali saat jam ramai. Bagi yang membawa kendaraan pun tersedia tempat parkiran di depan warung.

Kelebihan hidangan di tempat ini adalah porsinya yang cukup besar, kuah kacangnya banyak, dan pelayanannya ramah. Pengunjung yang mau makan pun ditawari mau cabai berapa banyak. Jadi, tingkat kepedasan menyesuaikan dengan selera pengunjung. Untuk cita rasanya, berdasarkan review di Google Maps, semua memuji saus kacangnya yang tidak terlalu halus dan kasar, tapi bumbunya medok.

Menu komplet dengan telur dibanderol Rp27.000, dan tanpa telur Rp22.000.

Alamat: Jl. Suratmo, Gisikdrono, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Tahu Gimbal Pak To

Warung Pak To berada di kuliner Batan selatan. Tempatnya sederhana tetapi selalu ramai pengunjung dari warga lokal dan luar kota. Karena lokasinya berada di pinggir jalan, jadi untuk parkirannya pun menyesuaikan tempat yang ada.

Bumbu kacang di warung makan ini memiliki cita rasa manis dan gurih, ditambah aroma bawang putih yang kental. Gimbal udangnya sangat terasa, tidak sekadar tepung saja dan untuk potongan telurnya lumayan besar. Untuk pelayanannya termasuk cepat. Harga seporsi Rp15.000.

Alamat: Jl. Batan Selatan, Pekunden, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

5. Tahu Gimbal Pak Gendut

Rekomendasi berikut ada Tahu Gimbal Pak Gendut. Harganya di sini relatif murah tapi porsinya pas. Apalagi bisa request tingkat pedas dan manis.

Cita rasanya lezat apalagi bumbu kacangnya tidak terlalu encer dan halus. Tahunya juga digoreng tidak terlalu berminyak. Namun, yang membuat warung makan ini banyak pelanggan selain cita rasa adalah keramahan Pak Gendut dan istrinya.

Menu lain yang dijual di sini adalah gado-gado dan berbagai menu minuman. Harga seporsi menu komplet yaitu Rp17.000. Untuk jam buka mulai dari pukul 7 malam.

Alamat: Jl. Veteran No.34, Lempongsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dari lima rekomendasi di atas, yang perlu diperhatikan saat berkunjung adalah menyediakan uang tunai. Karena rata-rata hanya menerima uang tunai saja dan ada yang belum menyediakan pembayaran QRIS.

Resep Tahu Gimbal

Bagi yang tertarik ingin menyantap kuliner ikonik dari kota Semarang ini, bisa banget membuatnya di rumah. Berikut ini resepnya yang bisa disontek.

Bahan Gimbal

Bumbu Kacang

Pelengkap

Cara Membuat

  1. Gimbal udang: tumbuk halus bawang putih, kencur, kemiri, lalu campur bubuk ketumbar dan garam. Kemudian campurkan dengan tepung. Tuang sedikit demi sedikit air hingga mengental dan tidak terlalu encer.
  2. Campurkan udang ke dalam adonan tepung tadi. Lalu goreng hingga matang.
  3. Saus kacang: ulek halus bawang putih, cabai dan kacang goreng (bisa juga pakai chopper). Tambahkan petis udang, gula merah, asam jawa. Lalu ulek lagi hingga semua tercampur rata.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit di saus kacang. Untuk tingkat kental atau encer bisa menyesuaikan.
  5. Penyajian: tata tahu goreng yang sudah dipotong-potong, telur dadar atau telur mata sapi, irisan kol, timun, gimbal di atas piring. Lalu tuangkan saus kacang, taburi dengan seledri dan bawang goreng. Tambahkan kerupuk di sampingnya.

Baca juga: 6 Tempat Terbaik Menikmati Lumpia Semarang di Kota Asalnya

Tahu gimbal Semarang merupakan salah satu bentuk kekayaan kuliner Indonesia yang sudah ada sejak masa lampau. Kuliner ini tetap menjadi favorit warga karena cita rasa yang lezat dan seporsinya bikin kenyang.

Exit mobile version