Tak Cuma Sajikan Ulasan Produk yang Apik, Tapi Juga Smart Dalam Pengiriman

Oleh Yahya Kurniawan

Sebagai seorang pemerhati teknologi dan pengulas berbagai gawai, saya tentu sering memanfaatkan jasa kurir, entah itu sebagai pengirim atau sebagai penerima.

Maklum, kantor pusat brand gawai-gawai itu pastilah berada di Jakarta, sedangkan saya tinggal di Jogja. Kalau mereka ingin saya mengulas gawai mereka, ada dua opsi yang bisa mereka ambil, yang pertama adalah mengundang saya datang ke acara peluncuran lalu meminjamkan gawainya pada saat itu, atau mengirimkan gawainya melalui jasa kurir.

Opsi kedua lebih sering diambil para pengelola brand gawai karena lebih murah ongkosnya, walaupun buat saya yang suka traveling, tentunya lebih senang jika diundang langsung ke acara peluncuran.

Nantinya setelah proses penulisan ulasan terhadap gawai selesai dilakukan dan gawai tersebut harus dikembalikan, tentunya jasa kurir juga dibutuhkan untuk mengirimkan gawai tersebut kembali kepada pemiliknya.

Baca Juga : Kerjaan Tak Terhambat Berkat Pengiriman Cepat

Berhubung gawai merupakan barang yang harganya mahal, tentunya dibutuhkan jasa kurir yang aman dan terpercaya agar gawai yang dikirimkan tersebut sampai dengan selamat kepada penerima. JNE merupakan jasa kurir yang saya andalkan untuk proses pengiriman atau penerimaan gawai seperti ini.

Bahkan dulu ketika saya masih aktif menulis buku, JNE juga saya andalkan untuk mengirimkan naskah ke penerbit. Maklum, pada awal dekade 2000an, internet belum selancar sekarang, jadi untuk mengirimkan naskah yang ukurannya hanya sekian ratus megabyte saja, jauh lebih mudah dan murah menyimpan file naskah tersebut ke dalam bentuk CD dan kemudian mengirimkan CD-nya melalui jasa kurir.

Pada bulan Ramadhan tahun 2020 ini, kebetulan juga ada beberapa produk gawai baru yang diluncurkan dan seperti biasa saya juga melakukan pengulasan terhadap beberapa di antaranya.

Ketika hari raya Lebaran, beberapa brand gawai juga mengirimkan parsel kepada saya, sebagai tanda terjaganya relasi baik antara saya dengan brand gawai tersebut.

Baca Juga : Tingkatkan Kepuasan Konsumen dengan Kecepatan Pengiriman Barang

Pada momen Ramadhan dan lebaran pun, JNE tetap bisa diandalkan. Seringkali saya malah dikejutkan oleh cepatnya proses pengiriman barang yang sebenarnya baru saya harapkan datang 1-2 hari kemudian, tapi ternyata sudah dikirimkan oleh JNE.

Yang unik, saya menginstal aplikasi MyJNE pada smartphone yang saya gunakan dan bila ada pengiriman yang ditujukan kepada saya, akan muncul detail pengiriman pada aplikasi tersebut, meskipun si pengirim tidak memberitahukan apa-apa kepada saya.

Jadi kadang-kadang ada yang hendak memberi kejutan kepada saya dengan mengirimkan parsel lebaran, tapi kejutan tersebut gagal karena saya sudah mengetahuinya terlebih dahulu.

Saat terjadi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sehingga banyak orang yang diminta untuk tinggal atau bekerja dari rumah, lagi-lagi jasa kurir memegang peranan penting.

Dalam keadaan seperti ini, bakal terjadi perubahan kebiasaan belanja dari offline menjadi online. Mau tidak mau harus begitu, bukan? Sebab memang sangat disarankan untuk tidak keluar rumah.

Baca Juga : Pengiriman Lancar, Promosi Produk Kian Gencar

JNE membuktikan bahwa layanan kurir tersebut tetap bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang saat belanja online.

Keandalan tersebut bukan hanya dari sisi ketepatan waktu seperti biasanya, tetapi juga dari aspek kesehatan. Karyawan JNE selalu diukur suhu tubuh, menggunakan masker dan cairan pembersih tangan, serta mengkonsumsi multivitamin. Barang yang dikirim juga disemprot dengan cairan desinfektan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Untuk mengantisipasi pengurangan frekuensi penerbangan, JNE menggantikan layanan pengiriman melalui pesawat dengan pengiriman melalui jalan darat, khususnya untuk daerah Jawa, Bali, dan sebagian Sumatera.

Selama melakukan isolasi mandiri di rumah, saya beberapa kali melakukan pembelian secara online untuk mengurangi kegiatan keluar rumah. Saat melakukan pembelian, pada opsi pengiriman saya selalu memilih JNE.

Untungnya berbagai toko online besar di Indonesia telah bekerja sama dengan JNE sehingga memiliki opsi pengiriman dengan JNE.

Baca Juga : Jenuh di Rumah? Deretan Pantai Eksotis Sabang Bisa Jadi Pilihan Liburan

Exit mobile version