Taman Safari Bogor: 5 Alasan untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Taman Safari Bogor merupakan salah satu lokasi wisata yang family friendly. Mengapa demikian? Area wisata yang berlokasi di Cibereum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat ini menyuguhkan wisata alam dan berorientasi habitat satwa yang tinggal di alam bebas.

Saat memasuki kawasannya, pengunjung akan disuguhkan banyak pemandangan menakjubkan dari satwa yang ada di sana. Terdapat berbagai satwa dilindungi yang hidup bebas di sini. So, nggak heran jika pengunjung betah berwisata dengan menjelajahi area wisata dengan luas kurang lebih 200 hektar ini.

Mengutip dari situs resmi Taman Safari, ada beberapa fakta unik dan beragam aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung saat berwisata ke Taman Safari Bogor.

5 Alasan Taman Safari Bogor Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

1. Taman Safari Diinisiasi oleh Grup Oriental Sirkus Indonesia

Wisata keluarga Taman Safari, didirikan pada tahun 1981 di tanah seluas 55 hektare oleh 3 figur bersaudara yang tergabung dalam grup Oriental Sirkus Indonesia. Ketiga bersaudara ini adalah Yansen Manansang, Frans Manansang, dan Tony Sumampau. Mereka bertigalah yang berinisiasi untuk membuat modern zoo atau kebun binatang modern.

Taman Safari Bogor didirikan di atas tanah yang dulunya merupakan tanah bekas perkebunan Cisarua Selatan yang sudah tidak produktif lagi. Untuk membangun modern zoo ini, ketiga bersaudara tersebut mendatangkan konsultan dari Jerman dan Amerika. Keren bukan?

Baca juga: 5 Vila di Puncak Bogor yang Punya Nuansa Seperti di Bali

Taman Safari: 5 Alasan untuk Dikunjungi bersama Keluarga

2. Taman Safari memiliki Istana Panda

Hal yang tidak dapat ditemukan saat mengunjungi kebun binatang di daerah lain adalah Istana Panda. Melalui Istana Panda, pengunjung dapat melihat sepasang panda yang konon didatangkan langsung dari Negara Tirai Bambu, Tiongkok. Sepasang panda tersebut bernama Cai Tao untuk panda jantan, dan Hu Chun untuk panda betina.

Taman Safari Bogor berusaha menyuguhkan pemandangan dengan membangun habitat panda persis dengan habitat aslinya di Tiongkok. Jadi, ketika pengunjung masuk ke area Istana Panda, maka mereka serasa berada di Tiongkok.

Selain menyuguhkan pemandangan panda yang hidup di habbitatnya, di Istana Panda juga terdapat toko aksesori serba panda yang dapat dijadikan oleh-oleh. Kemudian, di lantai dua, pengunjung dapat menikmati santapan khas restoran Tiongkok.

3. Memiliki Ribuan Satwa Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Pengalaman yang tidak akan terlewatkan ketika mengunjungi Taman Safari Bogor adalah pengunjung dapat langsung mengenal ribuan satwa unik dari berbagai belahan dunia. Mulai dari memberi makan singa Afrika buas dari dekat, melihat habitat badak, orang utan, harimau, dan masih banyak lagi.

Untuk memastikan keamanan pengunjung, pihak Taman Safari memberikan fasilitas mobil khusus yang bisa diisi oleh 6 orang dalam satu kali trip. Dengan berada dalam mobil ini, selama tiga puluh menit, pengunjung dapat memberi makan singa buas dengan didampingi oleh keeper. Nantinya, singa buas akan mengerumuni mobil yang dinaiki pengunjung, dan menunggu makanan masuk ke mulutnya. Tapi jangan khawatir, karena di setiap momen memberi makan singa ini, akan ada petugas yang bertanggung jawab atas keselamat pengunjung.

4. Safari Malam

Mengunjungi Taman Safari Bogor di malam hari? Siapa takut? Dalam trip malam Taman Safari, pengunjung akan diajak menjelajahi kehidupan malam satwa liar yang berada di kawasan tersebut. Pengunjung akan diajak berkeliling menggunakan kereta wisata terbuka dengan didampingi oleh seorang pemandu.

Di sini pengunjung juga tak perlu khawatir, meskipun di malam hari, pengunjung masih bisa menikmati beberapa wahana permainan dan pertunjukan yang menarik, seperti light dance. Biasanya, Safari malam hanya dibuka di momen tertentu, seperti malam minggu atau malam liburan dimulai pada pukul 19.00 sampai 23.00 WIB.

5. Rasakan Sensasi Safari Trek & Outbound, Amusement Ride, hingga Water Park

Tidak hanya berkeliling menggunakan kendaraan dan mengamati satwa liar, pengunjung dapat menikmati aktivitas outbound yang tersedia di kawasan ini. Pengunjung juga dapat mencoba sejumlah wahana yang disediakan oleh Taman Safari Bogor pada zona amusement ride. Adapun wahana yang dapat dicoba adalah lolly swing, kincir raksasa, crazy plane, bom-bom car, sepeda air, ingga jet boat. Seru ya?

Bagi pengunjung yang hendak bermain air, di sini juga tersedia taman bermain air, lho. Tidak hanya berenang, namun pengunjung juga dapat mencoba beberapa wahana air yang tersedia.

Baca juga: 5 Jembatan dengan Spot Foto Terbaik di Bogor

Wisata Taman Safari Bogor buka sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB melalui program Safari Siang. Petualangan berinteraksi dengan satwa liar ini diawali dengan Safari Tour menggunakan kendaraan selama 45 menit, dan dilanjutkan dengan menikmati lebih dari dua puluh wahana permainan. Harga paket wisata dan tiket masuk ke Taman Safari Bogor dapat dilihat di situs ataupun akun media sosial resminya ya. Selamat berlibur!

Exit mobile version