Tangguh Terhadap Segala Kondisi Demi Keluarga

Rider Soleh yang terpilih sebagai Best Rider JNE Bekasi

Dari sebanyak 381 rider yang ada di JNE Bekasi, Soleh terpilih sebagai kurir teladan atau Best Rider. Baginya bekerja sesuai SOP, bersosialisasi dan ramah kepada para customer serta tahan banting di segala situasi serta kondisi adalah kunci suksesnya.

Bergabung di JNE Bekasi sejak Oktober 2010 dan langsung menjadi rider, Soleh sudah paham betul seluruh pelosok Bekasi, terutama kawasan yang beberapa tahun menjadi area delivery-nya, yaitu Kecamatan Bekasi Utara. “Pada awal menjadi kurir, area delivery seluruh kecamatan Bekasi Utara hanya saya sendiri”, ungkapnya.

Soleh melanjutkan, “Dengan paket kiriman rata-rata 80 paket perharinya. Saya tahu betul saat itu banyak rawa-rawa dan tanah kosong, belum banyak perumahan dan mall seperti sekarang,” kenangnya mengawali perbincangan dengan JNEWS, Rabu (31/3/2021).

Soleh petugas delivery yang selalu ramah kepada para customer

Diungkapkannya, saat itu karyawan dan kurir di JNE Bekasi hanya beberapa orang saja. Begitu juga dengan jumlah paket kiriman yang belum banyak seperti sekarang ini, sehingga masing-masing kurir area delivery-nya 1 kecamatan.

Baca juga : Jalankan Prinsip “2S” Abdul Hakim Ahmad Jadi Best Driver JNE Bekasi

Seiring berjalannya waktu, di mana JNE Bekasi terus berkembang pesat dan paket kiriman semakin bertambah banyak, kemudian Soleh dipindahkan tugas untuk delivery di area Kelurahan Jakasetia dan Pekayon, Bekasi Selatan.

Alhamdulillah kiriman sekarang ini semakin banyak. Area delivery hanya 2 kelurahan. Rata-rata saya berhasil mengantarkan paket kiriman antara 100 – 120 paket perhari,” ujar Soleh. “Walau sudah lama jadi kurir, saya senang dan bawa enjoy saja, keluarga di rumah sebagai penyemangat kerja,” tambahnya.

Sebagai Ksatria yang sudah lebih 10 tahun berada di lapangan, Soleh mengaku sudah tidak terhitung lagi suka dan duka yang pernah dialaminya. Terlebih apabila musim banjir tiba di mana ada beberapa area delivery-nya menjadi langganan banjir.

“Waktu banjir kemarin di salah satu kawasan perumahan tingginya hampir mencapai atap rumah. Jadi saya berkomunikasi dengan para customer, apakah paketnya harus diantar ke rumah atau ke posko pengungsian, kalau mau diantar ke rumah saya langsung jalan kaki, tetapi kalau motor masih bisa dan tidak mogok, saya langsung terobos,” ujar Soleh.

Baca juga : Safri Windana ‘Best Rider’ JNE Medan yang Ramah dan Suka Membantu Rekan

Meski beberapa area delivery-nya sering dilanda banjir, menurut Soleh, hal itu sudah menjadi risiko sebagai seorang kurir, sehingga ia harus tahan banting. Hal yang terpenting, menurutnya, paket kiriman selamat hingga ke tangan customer yang sudah menunggunya.

“Kena banjir, kepanasan, jatuh dari motor, itu semua sudah menjadi risiko, yang penting badan tetap sehat, paket kiriman aman dan selamat, sehingga customer tersenyum bahagia saat menerima paket. Itulah kebahagiaan bagi rider seperti saya,” beber Ksatria yang memiliki motto hidup  ‘Hidup hanya sekali maka hiduplah menjadi manusia yang berarti’ ini.

Disinggung mengenai gelar Best Rider yang diraihnya, Soleh menyatakan, bangga dan mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan di JNE Bekasi. “Bagi saya kunci sukses rider itu yang penting bekerja sesuai SOP, tahan banting di segala kondisi dan cuaca, dan jangan lupa harus selalu ramah dan sopan kepada para customer,” tegasnya.

Prestasi Soleh dibenarkan oleh Amri Faizal, Branch Manager JNE Bekasi. “Rider Soleh bekerja berdasarkan SOP, sehingga minim permasalahan yang timbul dari hasil pekerjaannya. Dia selalu menjalankan intruksi dari atasannya dan mampu bekerja sama dengan tim. Contohnya, Soleh ikut membantu memecahkan problem delivery bila ada tim yang tidak masuk kerja, dan bersedia loyalitas waktu demi menyelesaikan tugas dan tangung jawabnya,” terang Amri. *

Exit mobile version