Tangkap Peluang saat Ramadhan, UMKM Bisa Terapkan 3 Strategi Ini

Ilustrasi gambar mengenai peluang pelaku UMKM di bulan Ramadhan

Peluang di bulan Ramadhan dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Foto: Istimewa.

Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi manusia, khususnya umat Islam. Selain dari sisi agama, bulan Ramadhan juga identik dengan peluang dari segi ekonomi, terlebih bagi para pelaku UMKM.

Boleh dikatakan, Ramadhan adalah momen emas UMKM untuk memaksimalkan kehadirannya secara digital. Menjelang Ramadhan, tidak ada salahnya untuk pelaku UMKM melakukan transformasi digital mulai sekarang.

Berikut tiga strategi yang dapat diterapkan UMKM untuk memaksimalkan bisnisnya di bulan Ramadhan.

Baca juga: Platform Digital Mampu Bantu UMKM Pascapandemi

Bangun kehadiran online secara efektif

Kehadiran brand secara daring menjadi aspek penting, terutama di era digital seperti sekarang, sehingga memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan dari berbagai penjuru.

Melakukan perencanaan dan mempersiapkan infrastruktur digital menjadi hal utama yang harus dilakukan pelaku UMKM untuk membangun kehadiran brand secara online.

Melalui infrastruktur yang mumpuni, proses bisnis pun akan lebih efektif terarah untuk mendapatkan keuntungan. Selain memanfaatkan media sosial seperti YouTube, pelaku UMKM juga dapat memaksimalkan marketplace sebagai platform andalan pelanggan online bertransaksi.

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan Pelaku UMKM Ketika Sudah Terjun di E-Commerce

Manfaatkan dengan menampilkan etalase produk sendiri melalui kanal website bisnis sehingga tidak terdistraksi dengan kompetitor lainnya.

Di samping itu, pelaku UMKM juga perlu memanfaatkan insight atau informasi terkini seputar konsumen untuk melakukan perencanaan efektif agar bisnis tetap bisa berjalan dan bersaing.

Salah satunya dengan mengenali momentum yang tepat untuk melakukan promosi dengan merujuk pada data kenaikan penelusuran produk di internet.

Baca juga: Deretan Sosial Media yang Bisa Dijadikan Lapak Jualan Online UMKM

Konten unik dengan melibatkan audiens

Selain menyiapkan infrastruktur digital, pelaku UMKM dapat menghadirkan konten yang menarik untuk konsumen. Konten unik dan menarik dapat meningkatkan jumlah interaksi, kemudian menjalin relasi dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas.

Kemudian, pelaku UMKM sebaiknya melakukan riset audiens sebelum membuat konten menarik. Tentukan buyer persona atau representasi dari target pelanggan.

Setelah itu, barulah pelaku bisnis dapat membuat perencanaan konten yang akan dipublikasikan untuk konsumen.

Baca juga: Tips Jitu UMKM Biar Sukses Lakukan Pengajuan KUR

Suguhkan pengalaman belanja yang menyenangkan

Melalui platform daringn, pelaku UMKM perlu untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan atau sesuai keinginan pelanggan. Mulai dari tingkat keamanan, kemudahan, dan variasi produk.

Tawaran ini lebih ke arah menjaga loyalitas pelanggan agar nyaman berbelanja di toko online kita.

Dengan memenuhi keinginan pelanggan, maka perjalanan pelanggan dalam menemukan produk hingga melakukan pembelian produk akan semakin lancar.

Exit mobile version