Inilah Hal Menarik yang Bisa Ditemukan di Tanjung Kelayang, Salah Satu 10 Bali Baru

Pantai Tanjung Kelayang Pulau Belitung

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan destinasi wisata pantai yang indah laiknya Bali. Hamparan pasir putih, garis pantai yang panjang, keindahan batu granit menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan lokal. Salah satu pantai yang banyak dikunjungi dan menjadi buah bibir di kalangan wisatawan adalah Tanjung Kelayang.

Asal usul nama dari Tanjung Kelayang karena di sekitar pantai terdapat banyak burung kelayang. Kamu bisa menikmati pemandangan burung kelayang menghiasi langit saat pagi hari.

Pesona Pantai Tanjung Kelayang sudah tidak diragukan lagi. Lokasi pantai ini berada di penghujung Pulau Belitung. Yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah deretan batu granit yang berdiri kokoh di berbagai area destinasi wisata tersebut. Ditambah hamparan pasir yang bersih dan panorama alam yang eksotik membuat wisata ini masuk ke dalam 10 Bali baru.

Melihat potensi wisata yang besar di Tanjung Kelayang, di tahun 2015 pemerintah menetapkan kawasan pantainya masuk ke dalam program pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas atau dikenal dengan nama 10 Bali Baru oleh pemerintah. Program ini dicetuskan untuk bisa mengatrol pemerataan wisata di Indonesia. Lalu di tahun 2019, pemerintah memasukkan Pantai Tanjung Kelayang ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Ternyata selain pemandangan alam yang eksotik, Pantai Kelayang pun menawarkan aktivitas dan fasilitas. Mulai dari hotel, resort, banana boat yang bakal membuat liburan kamu menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Baca juga: Mudik ke Jogja, Cek 4 Pantai Eksotis Buat Healing

Bagaimana dengan akses menuju lokasi? Ternyata cukup mudah! Inilah menjadi nilai plus Tanjung Kelayang di mata wisatawan.

Nah, tertarik untuk liburan akhir tahun di sini? Berikut ini sederet hal menarik yang bisa kamu temukan di sana.

5 Hal Menarik yang Ada di Pantai Tanjung Kelayang

1. Pasir putih bersih dan laut biru yang mengelilinginya

Daya tarik utama dari wisata di daerah pantai salah satunya adalah pasir! Sayangnya tidak semua pantai memiliki pasir yang bersih dan berwarna putih. Di Pantai Tanjung Kelayang kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang bersih dipadu birunya lautan. Yakin deh bakal bikin kamu betah berada di sana. Apalagi saat sunset, suasananya sangat syahdu.

Pantai Tanjung Kelayang memiliki luas kurang lebih 300 hektare, sehingga sangat cocok menjadi objek wisata bareng keluarga. Bersihnya pasir putih bisa digunakan anak-anak sebagai arena bermain. Mau berenang, kamu juga tidak perlu khawatir dengan ombak karena ada deretan batu granit yang akan menghalanginya. Kamu bisa menikmati jernihnya air laut atau duduk santai di atas bebatuan sambil menikmati suasana.

2. Deretan batuan granit

Bebatuan granit yang tersebar di bibir pantai membuat Tanjung Kelayang berbeda dan nampak seperti sebuah pelabuhan batu raksasa yang eksotis. Melihat pemandangan alamnya yang indah, pantas jika Tanjung Kelayang disandingkan dengan pantai-pantai terkenal di Lombok maupun Bali. Jadi, tidak mengherankan jika destinasi pariwisata lokal ini menjadi primadona di kawasan Asia tenggara.

Ada satu batu granit yang populer di antara ratusan batu di sana. Bentuk dari batu ini unik menyerupai kepala burung garuda dan karena itulah oleh wisatawan disebut dengan nama batu Kelayang. Bahkan karena keunikannya, di tahun 2011 silam batu Kelayang tersebut dinobatkan menjadi maskot Tanjung Kelayang.

3. Spot wisata

Ini yang ditunggu, spot wisata! Di Tanjung Kelayang ada lima spot wisata favorit wisatawan. Di sini kamu bisa menikmati desa wisata di mana ada deretan rumah nelayan berjejer rapi sepanjang garis pantai. Pun kamu bisa menikmati snorkeling dikeliling ikan-ikan hingga bebatuan yang mengililingi pantai.

Berikut ini lima spot favorit wisatawan di Tanjung Kelayang.

Untuk mencapai beberapa pulau di atas tidak membutuhkan waktu yang lama, sekitar 10-20 menit.

Baca juga: Jenuh di Rumah? Deretan Pantai Eksotis Sabang Bisa Jadi Pilihan Liburan

4. Vegetasi hijau yang eksotik

Tak hanya batu granit, pasir putih yang bersih namun ada juga beragam tumbuhan yang hidup di sepanjang pantai. Inilah yang membuat Tanjung Kelayang disebut sebagai sepotong surga di Semenanjung Belitung.

Hadirnya vegetasi hijau di sana memberikan warna tersendiri di objek wisata ini. Ada kombinasi warna yang muncul dari berbagai vegetasi di sana. Kolaborasi birunya air laut, pasir putih, tanaman hijau yang harmonis menampakkan lanskap eksotik dan dijamin tidak akan terlupakan.

5. Aktivitas dan Penginapan murah

Jarak dari ibu kota Belitung menuju Tanjung Kelayang kurang lebih 27 km yang berada di Kecamatan Sijuk. Untuk bisa ke pantai ini, kamu bisa melalui pelabuhan di Tanjung Pandan terlebih dulu.

Untuk rekreasi di objek wisata ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp8 ribu untuk tiket masuk. Dari kota terdekat, kamu bisa menyewa motor atau mobil. Harga sewanya rata-rata sama seperti pada umumnya.

Lantas aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan di Pantai Tanjung Kelayang?

Bagaimana dengan fasilitas? Tenang, ada perahu dan perlengkapan menyelam yang bisa disewa. Untuk tempat makan dan minum pun tidak jauh dari pantai.

Ada beberapa rekomendasi penginapan murah yang bisa dijadikan pilihan antara lain:

Baca juga: 5 Daya Tarik Pantai Klayar yang Harus Diketahui

Tanjung Kelayang menunjukkan bahwa objek wisata Indonesia kualitasnya tak kalah hebat dengan luar negeri. Dengan berbagai hal menarik di atas yang ditawarkan oleh pantai di Belitung ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadikannya destinasi liburan di Natal atau Tahun Baru nanti. Selamat berlibur!

Exit mobile version