Tanpa Modal, Ini 4 Bisnis Jasa yang Bikin Laba Berlipat

Ilustrasi bisnis jasa seperti cuci mobil

Jasa perawatan kendaraan menjadi salah satu bisnis jasa yang cukup menguntungkan. Foto: Istimewa.

Di era digital ini banyak peluang usaha yang tersedia, salah satunya bisnis jasa. Peluang bisnis ini tercipta dari perubahan pola konsumsi masyarakat yang membutuhkan penyedia jasa.

Bisnis jasa sendiri adalah usaha yang menjual atau menawarkan produk dalam bentuk jasa. Seperti halnya usaha yang menghasilkan barang, bisnis jasa juga bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

Baca juga: 5 Aplikasi Bisnis Tanpa Modal untuk Pengembangan Bisnis UMKM

Namun, usaha ini memiliki perbedaan yaitu tidak membutuhkan pembelian dan penyimpanan barang, sebab yang dijual adalah layanan.

Bisa dibilang bisnis jasa menawarkan solusi bagi kamu yang mau memulai usaha tapi kepentok modal. Kamu bisa menjual keahlian khusus sebagai modal untuk merintis bisnis di bidang jasa.

Lalu, adakah peluang bisnis di bidang jasa yang menjanjikan keuntungan? Ini referensi bisnis di bidang jasa yang potensial  dan menguntungkan.

1. Desain

Buat kamu yang punya keahlian dalam desain bisa memaksimalkannya dengan membuka usaha di bidang jasa. Bisnis ini mengandalkan kemampuan dalam desain grafis hingga rancangan fesyen.

Baca juga: Dulu Bangkrut dan Terlilit Hutang, Kini 2 UMK Ini Beromzet Ratusan Juta

Terlebih dengan banyaknya situs yang menjadi platform jual beli desain seperti Freepik atau lainnya. Di era ini, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai lokasi pemasaran desain.

2. Menulis SEO

Saat ini, banyak perusahaan media maupun nonmedia yang membutuhkan freelancer untuk menulis artikel, khususnya tulisan SEO.

Artikel SEO merupakan tulisan yang dibuat dengan kaidah penulisan yang baik serta sesuai dengan teknik Search Engine Optimization. Artinya, tulisan yang dibuat memudahkan pencarian melalui mesin pencari atau Google friendly.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dalam membayar honor penulisan. Umumnya honor berdasarkan pada sejumlah faktor seperti jumlah kata, tingkat kesulitan, atau sesuai SEO atau tidak.

3. Ekspedisi

Bisnis jasa yang potensial di zaman ini selanjutnya adalah ekspedisi. Bisnis ini mulai dilirik berbarengan dengan pola konsumsi masyarakat yang banyak berubah dari sebelumnya.

Baca juga: Bantu Pemasaran Digital UMKM Kerajinan Tangan, Mahasiswa Ini Bikin Website Khusus

Saat ini penjualan online lebih banyak dibandingkan usaha yang masih berbasis konvensional atau offline. Seiring berkembangnya bisnis online, bisnis ekspedisi menjadi salah satu peluang yang dapat dijalankan.

4. Jasa Perawatan Kendaraan

Banyak hal yang dapat dilakukan melalui usaha jasa perawatan kendaraan ini. Salah satunya adalah jasa cuci kendaraan. Bila merujuk dengan kepemilikan mobil saat ini, bisa perawatan kendaraan mempunyai peluang yang potensial karena banyak orang yang membutuhkan.

Untuk mencuci sepeda motor atau mobil yang kotor membutuhkan ketelitian dan waktu. Oleh karena itu, masyarakat terutama kaum urban lebih memilih membayar jasa cuci kendaraan.

Baca juga: Hobi, Prestasi, dan Profesi Irwan Wijasmara Dapat Dijalani Dengan Selaras

Exit mobile version