Tarif Listrik per 1 Juli Naik, Berikut Tips Hemat Listrik

tips hemat listrik saat tarif listrik naik

Gaes, udah pada tahu belum kalau tarif listrik akan naik per 1 Juli 2022 mendatang lho. Maka dari itu, sudah saatnya kamu mengentahui tips hemat listrik biar tagihan listrik di rumah kamu jadi terkendali.

Adapun kenaikkan tarif listrik ini berlaku untuk 5 golongan, di antaranya golongan R2 dengan daya 3.500 VA hingga 5.500 VA, golongan R3 dengan daya 6.600 VA ke atas, golongan P1 dengan daya 6.600 VA hingga 200 kVA, golongan P3, dan golongan P2 dengan daya di atas 200 kVA.

Baca Juga: Tips Penting Sebelum Jual Smartphone Lamamu, Hapus Data HP

Untuk golongan R2 dan R3 yang masuk kategori rumah tangga, pemerintah akan menaikan tarif dari Rp1.444,70/kWh menjadi Rp1.699,53/kWh. Sementara untuk pelanggan P1 dan P3 yang masuk ke dalam kategori pemerintah, tarifnya akan naik dari Rp1.444,70/kWh menjadi Rp1.699,53/kWh. Kemudian untuk pelanggan P2 tarifnya naik dari Rp1.114,74/kWh menjadi Rp1.522,88/kWh.

Listrik memang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Tanpa adanya listrik, aktivitas kamu akan sangat terhambat. Namun, penting juga mengetahui tips hemat lisrik agar tagihan kamu tidak membengkak. Nah, berikut ini beberapa tips hemat listrik dari kami, tak hanya untuk golongan pelanggan di atas, tapi juga semua kalangan.

Tips Hemat Listrik

1. Batasi penggunaan pemanas air listrik

Buat kamu yang di rumahnya menggunakan pemanas air listrik, sebaiknya mulai sekarang batasi penggunannya yah. Maksudnya dibatasi di sini adalah sebisa mungkin tidak menggunakannya jika tidak penting-penting banget, contohnya pas cuaca sedang tidak dingin atau dalam kondisi sehat. Kemudian untuk kamu yang di rumahnya menggunakan pompa air listrik, coba deh kurangi bermain airnya. Matikan keran jika bak mandi sudah penuh.

2. Batasi masak air pakai teko listrik

Tahu nggak sih kamu kalau teko listrik cukup menguras daya listrik? Karenanya, kalau kamu butuh air panas, siapkan saja termos konvensional untuk menyimpan panas lebih lama. Jadi, sewaktu kamu butuh untuk menyeduh teh atau kopi, kamu nggak perlu memanaskannya dengan teko listrik.

3. Ganti bohlam pakai LED

Bohlam lampu juga menjadi salah satu faktor pemborosan pada listrik. Namun, beruntung sekarang ini sudah banyak produsen lampu yang mengeluarkan lampu berjenis LED. Lampu jenis ini terbukti lebih ampuh dalam menghemat energi 25% sampai 80%. Selain lebih hemat listrik, lampu LED juga lebih awet dan tahan lama dari segi pemakaian.

Baca Juga: Mumpung Libur, Singkirkan Bau Tak Sedap pada Freezer

4. Jangan charge HP semalaman

Banyak dari pengguna smartphone yang salah kaprah terkait pengisian daya HP atau smartphone semalam suntuk. Nah, ini yang jadi permasalahan. Sebab, ketika kita tinggal smartphone dalam kondisi mengisi daya, maka itu akan terus menyedot listrik. Selain boros listrik, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone. Maka dari itu, cabut smartphone yang dalam kondisi charging sebelum tidur. Jika ingin menghemat baterai HP, kamu bisa memasang mode airplane.

5. Gunakan lampu hanya pada malam hari

Penggunaan lampu sebaiknya hanya dilakukan pada malam hari. Ketika pagi hingga sore hari, ada baiknya dimatikan saja. Untuk menambah pencayahaan, kamu mungkin bisa membuka gorden atau tirai yang ada di dalam rumah.

Itu dia tadi sejumlah tips hemat listrik dari kami. Semoga membantu dan bermanfaat bagi kita semua!

Exit mobile version