Teh Talua! Minuman Legendaris Khas Ranah Minang

Teh Talua, Minuman Legendaris Khas Ranah Minang

Teh Talua

Sudah pernahkah mencicipi teh talua? Minuman legendaris khas ranah Minang dengan rasa nikmat dan berkhasiat untuk meningkatkan stamina.

Bagi masyarakat lokal teh talua diyakini dapat membugarkan badan setelah beraktivitas seharian. Nah bagi kamu yang masih merasa asing dengan minuman ini dan sedang berada di Ranah Minang, wajib mencobanya.

Meski penikmatnya didominasi kaum pria, namun tak sedikit juga wanita yang menyukai teh talua. Untuk minuman ini tidak ada batasan gender bahkan usia, semua kalangan bisa meneguk kenikmatan teh talua.

Teh talua terbuat dari campuran teh, gula, telur ayam kampung, dan sedikit perasan jeruk nipis. Buat yang tidak suka amis, jangan khawatir. Rasa telurnya tidak begitu kentara ketika sudah diseduh dengan air panas.

BACA JUGA: Obati Kerinduan Masakan Minang dengan Gurihnya Bilih Goreng Dapua Amakami

Pembuatan yang Khas

Pembuatannya yang khas akan menghasilkan cita rasa yang menggoda di lidah. Proses pembuatan teh ini sebenarnya cukup sederhana. Pertama-tama, pisahkan kuning dan putih telur, lalu kocok kuning telur hingga berbusa.

Kamu bisa mengocok kuning telur menggunakan alat khusus dari bambu berbentuk mirip sapu lidi mini, alat ini paling sering dipakai pada zaman dahulu, atau menggunakan alat modern seperti mixer.

Begitu telur berbusa, waktunya teh dimasukkan. Biasanya teh yang digunakan adalah teh bubuk dengan seduhan air mendidih. Hal ini membuat cairannya jadi berwarna kehitaman. Terakhir, tambahkan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

Begitu disajikan dalam gelas, bakal tercipta beberapa gradasi warna yang menarik. Padahal bahan yang digunakan tidak aneh-aneh lho. Hal ini bisa terjadi berkat cara pembuatan teh yang cukup unik.

Untuk bisa menikmati teh talua, kamu tidak akan kesulitan mencarinya. Hampir di seluruh daerah di Sumatera Barat banyak yang menjualnya terutama di kedai kopi yang banyak dijumpai di pinggir jalan.

Bahkan beberapa kafe juga menyediakan menu, untuk soal harga sangatlah ramah kantong. Satu porsi teh talua biasanya dibanderol seharga Rp10.000.

BACA JUGA: Legit dan Renyahnya Kek Pisang Oleh-Oleh Khas Batam

Exit mobile version