10 Tempat Menarik di Indonesia yang Sudah Terkenal di Dunia

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dan negara yang memiliki segudang tempat menarik. Bagaimana tidak? Indonesia dikelilingi 18.330 pulau, 6.000 di antaranya berpenghuni. Tak sedikit destinasi wisata favorit Indonesia yang menjadi tujuan traveling turis asing.

Populasi masyarakat Indonesia mencapai 273,8 juta orang yang berasal dari 300 kelompok etnis dengan lebih dari 250 bahasa yang berbeda. Selain itu, Indonesia terkenal dengan 167 gunung berapi aktif, jauh lebih banyak daripada negara lain, dan memiliki sebagian dari hutan tropis terbesar yang tersisa di dunia. 

Indonesia adalah impian para pencari rekreasi sekaligus tempat bermain para petualang. Jika kamu mencari pesona alam di pantai yang indah, mendaki untuk mencari orangutan yang terancam punah, atau snorkeling di antara beberapa terumbu karang terindah di Bumi, Indonesia memiliki semua itu di sejumlah wilayah.

Selama ini, hanya Pulau Dewata atau Bali yang biasanya menjadi tujuan paling populer bagi pengunjung asing. Padahal, ada banyak tempat menarik dan destinasi wisata top lainnya di Indonesia untuk dijelajahi di negara yang luas dan beragam ini.

Berikut 10 Tempat Menarik di Indonesia yang Sudah Mendunia

tempat menarik di Indonesia - Bali

1. Bali

Bali adalah destinasi yang sangat terkenal di dunia dan merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Pulau ini terkenal dengan pantainya yang indah, terasering sawah, kuil pura yang megah, budaya unik, dan kehidupan malam yang aktif.

Dijuluki ‘Pulau Dewata’, Bali memiliki akar spiritual yang dalam, dengan ribuan pura Hindu yang menampilkan arsitektur penuh warna, khususnya di Ubud, ibu kota spiritual Bali. Semua keajaiban Bali tidak luput dari perhatian turis lokal maupun asing sebagai tempat menarik.

Ubud bertengger di antara sawah bertingkat yang menakjubkan. Wilayah ini dianggap sebagai jantung budaya Bali dan salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. Ada pertunjukan tari dan musik setiap hari di seluruh penjuru kota, serta berbagai galeri seni dan toko kerajinan untuk dijelajahi. 

Baca juga: 7 Hidden Gems di Nusa Dua, Lokasi KTT G20

2. Borobudur

Sebagaimana diketahui, Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi yang terletak di Jawa Tengah ini merupakan warisan budaya dunia UNESCO dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. 

Borobudur terkenal dengan arsitektur yang megah, relief khasnya, dan pemandangan indah di sekitarnya. Posisinya berada di 40 km (25 mil) barat laut Yogyakarta di Pulau Jawa. 

Candi ini dibangun selama sekitar 75 tahun pada abad ke-8 dan ke-9 di masa Kerajaan Sailendra, dari sekitar 2 juta balok batu. Namun, ditinggalkan pada abad ke-14 karena alasan yang masih menjadi misteri dan selama berabad-abad tersembunyi di hutan di bawah lapisan abu vulkanik. 

3. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo adalah rumah bagi komodo, jenis kadal terbesar di dunia yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tempat menarik ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, pulau-pulau yang terpencil, perairan biru yang jernih, dan kesempatan untuk melihat langsung komodo di habitat aslinya.

Letaknya berada di Kepulauan Sunda Kecil yang mencakup tiga pulau besar; Komodo, Padar dan Rinca, dan 26 pulau kecil. Taman ini dihuni oleh sejumlah komodo, reptil hidup terbesar di dunia yang panjangnya bisa mencapai 3 meter atau lebih dan beratnya lebih dari 70 kg. 

Meskipun komodo kebanyakan memakan bangkai hewan mati, mereka adalah predator yang tangguh. Mereka juga akan berburu mangsa termasuk burung, dan mamalia. Serangan terhadap manusia sangat jarang.

4. Kepulauan Gili

Kepulauan Gili terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan terdiri dari tiga pulau utama yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Kepulauan ini menawarkan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, terumbu karang yang indah, dan suasana yang santai. 

Terdapat sejumlah atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Beberapa hal yang dapat ditemukan di Kepulauan Gili misalnya seperti aktivitas air mulai dari berjemur di bawah sinar matahari, berenang, atau snorkeling untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang memukau. 

Terumbu karang dan kehidupan laut yang kaya menjadikan aktivitas snorkeling dan menyelam sangat populer di Gili. Selain itu, Gili Trawangan terkenal sebagai pulau dengan kehidupan malam yang aktif di Kepulauan Gili. Kepulauan ini juga memiliki konservasi Penyu yang tidak boleh dilewatkan.

5. Toraja

Torajaland (Tana Toraja) adalah daerah dataran tinggi Sulawesi Selatan. Orang Toraja terkenal dengan rumah besar beratap runcing mereka yang dikenal sebagai tongkonan dan upacara pemakaman yang spektakuler.

Setelah kematian seseorang, jenazahnya disimpan biasanya selama beberapa tahun hingga upacara pemakaman sebenarnya dilakukan selama beberapa hari. Setelah itu, jenazah akan dimakamkan di gua kecil atau di pohon berlubang.

Wisata Toraja memberikan kesempatan untuk mempelajari budaya yang kaya dan unik, serta menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Kombinasi antara keindahan alam, rumah adat tradisional, upacara pemakaman, dan budaya yang kaya membuat Tana Toraja menjadi tempat menarik bagi para wisatawan yang ingin mendalami kebudayaan Indonesia.

6. Pulau Bunaken 

Bunaken adalah tempat menarik yang terletak di Sulawesi Utara dan sangat populer di kalangan penyelam. Terumbu karang yang spektakuler dan keanekaragaman hayati laut yang tinggi menjadikan Bunaken sebagai salah satu destinasi penyelaman terbaik di dunia.

Sebagai salah satu tempat menyelam dan snorkeling paling terkenal di Indonesia, pulau ini merupakan bagian dari Taman Laut Bunaken yang memuat lebih dari 70 persen spesies ikan yang hidup di Samudera Pasifik bagian barat. Waktu terbaik untuk menyelam di Bunaken adalah antara bulan April dan November.

7. Gunung Bromo 

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif di Indonesia, sekaligus bagian dari massif Tengger, di Jawa Timur. Dengan ketinggian 2.329 meter (7.641 kaki), lokasi ini bukanlah puncak tertinggi dari pegunungan tersebut, tetapi merupakan yang paling terkenal. 

Kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dan Pulau Jawa. Bagian atas gunung berapi telah diledakkan dan kawah di dalamnya terus-menerus mengeluarkan asap putih, sementara dikelilingi oleh lautan pasir vulkanik halus. Efek keseluruhannya sangat luar biasa.

Selain itu, ada beberapa titik pandang di sekitar Gunung Bromo yang menawarkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Dari sini, kamu bisa menyaksikan sinar matahari terbit dan memanjakan mata dengan pemandangan pegunungan, lautan pasir, dan Gunung Semeru di kejauhan.

Baca juga: Tips dan Jalur Pendakian Gunung Bromo yang Perlu Diketahui

8. Danau Toba

Wisata populer di dunia ini terletak di Sumatera Utara. Danau Toba terkenal karena merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Tempat ini menyimpan keindahan alam yang menakjubkan dengan keberadaan Pulau Samosir di tengahnya.

Adapun, danau toba memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau ini terbentuk oleh letusan gunung berapi raksasa sekitar 70.000 tahun yang lalu. Diperkirakan ada ribuan manusia yang selamat dari bencana tersebut. 

Pulau di tengahnya, Pulau Samosir adalah pulau terbesar di dalam sebuah pulau dan berisi dua danau. Tak hanya danau toba, turis sering berkunjung untuk bersantai dan berenang di perairan vulkanik yang hangat.

9. Pulau Flores

Pulau Flores terletak di sebelah timur Sumbawa dan di sebelah barat Lembata di Nusa Tenggara. Pulau Flores terkenal dengan danau kawah beraneka warna yang menakjubkan di sekitar Gunung Kelimutu, homestay desa tradisional, serta tempat menarik lainnya.

Pemandangan di pulau ini menarik karena danaunya dapat berganti warna mulai dari cokelat dan hijau hingga biru aqua. Perubahan warna disebabkan oleh mineral yang bereaksi terhadap gas gunung berapi di kawasan itu.

Jika kamu menyukai aktivitas fisik, gunung berapi Egon dapat dicapai dengan pendakian mandiri atau berpemandu. Pesisir utara memiliki banyak pulau lepas pantai dan terumbu karang untuk dijelajahi dengan menyelam atau snorkeling.

10. Tanjung Puting

Di kancah internasional, Taman Nasional Tanjung Puting dikenal sebagai salah satu keajaiban alam dunia. Taman ini merupakan habitat orangutan yang terancam punah, bagian dari primata berbulu oranye terakhir di Bumi. Terletak di hutan Kalimantan, taman ini adalah rumah bagi berbagai habitat dataran rendah liar di semenanjung yang menghadap ke Laut Jawa. 

Habitat berkisar dari hutan rawa hingga dataran aluvial dan garis pantai samudra yang menyediakan rumah bagi beragam satwa liar. Tempat menarik ini sangat beragam sehingga dinyatakan sebagai cagar alam sebelum dianggap sebagai taman nasional pada tahun 1982.

Sementara orangutan adalah daya tarik yang jelas, kamu juga dapat melihat bekantan berhidung aneh, macan dahan yang rentan, dan lebih dari 200 spesies burung di taman ini. 

So, itulah 10 tempat menarik di Indonesia yang terkenal di dunia. Setiap tempat ini menawarkan pengalaman wisata yang unik dan memukau. Mana yang sudah masuk ke dalam bucket list-mu?

Exit mobile version