Tertarik Gunakan Jasa Endorser? Pelajari Tips Berikut Ini

Tips memilih supplier

ilustrasi Tips memilih supplier dengan tepat

Tidak bisa dipungkiri, memakai jasa endorser atau influencer untuk beriklan di media sosial adalah cara jitu untuk meningkatkan penjualan produk. Sebab influencer memiliki pengaruh besar untuk mengajak pengikutnya ikut menggunakan produk yang di iklannya.

Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan memakai jasa endorser, salah satunya jangkauan produk Anda lebih luas. Agar iklan produk tepat sasaran, ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan dalam memilih endorsersement influencer.

BACA JUGA: Tips Bisnis Online dengan Modal Pas-pasan

 Tips Dalam Memilih Endorsersement dari Influencer

1. Pastikan Keaslian Follower

Jangan buru-buru dan asal menentukan influencer yang akan dipakai untuk menjadi model dalam promosi bisnis. Langkah pertama, pastikan keaslian follower calon endorser yang Anda pilih.

Mengapa harus dicek? Pasalnya banyak sekali akun palsu dan tidak aktif yang mengikuti selebgram, Anda harus memastikan pengikut influencer tersebut benar-benar asli atau real bukan follower palsu atau dibeli.

2. Cek Profil Endorser

Agar iklan benar-benar tepat sasaran, bikinlah short list calon influencer yang kira-kira pas sebagai endorser produk Anda. Kemudian pilih profil endorser yang mirip dengan konsumen yang kamu bidik.

Misalnya, Anda ingin mempromosikan produk kecantikan, pilihlah influencer yang gemar make up atau menggunakan kosmetik, agar pengikutnya penasaran untuk mencoba. Contoh lain Anda promosi produk bayi, pilihlah enderser wanita yang sudah menikah dan memiliki bayi. Hal demikian agar iklan Anda tepat sasaran.

BACA JUGA: Efek Pandemi, Deretan Produk Ini Populer di Tahun 2020

3. Pilih Produk Terbaik yang Akan Dipromosikan Endorser

Menggunakan jasa endorser memerkukan biaya yang lumayan, agar biaya yang dikeluarkan benar-benar efektif, pilihlah produk unggulan untuk di endors, atau produk yang memiliki daya tarik yang tinggi.

Setelah produk Anda diposting endorser, letakkanlah produk-produk tersebut pada postingan atau feed paling teratas, agar pengikutmu tidak kesulitan menemukan produknya.

4. Perhatikan tingkat engagement endorser

Ini bisa dilihat dari jumlah like dan comment. Tingkat engagementmerupakan tingkat interaksi antara endorser dengan follower.

Semakin tinggi engagement endorser, semakin efektif komunikasi yang dibangun. Sehingga, iklan produk dan jasa kamu berpeluang lebih diterima oleh follower si endorser. Cara menghitung engagement ialah dengan menghitung jumlah like atau comment, dibagi jumlah follower.

5. Sesuaikan dengan Budget

Semakin terkenal seorang influencer, biasanya akan semakin mahal tarif yang akan dikenakan untuk melakukan promosi melalui akunnya.

Semakin banyak follower, tarif yang dipasang influencer akan semakin tinggi. Influencer atau endorser sendiri bisa dikategorikan menjadi dua bagian, yakni influencer reguler, yakni masyarakat yang aktif di media sosial dengan pengikut banyak, dan influencer dari kalangan artis atau selebriti.

Influencer reguler umumnya menawarkan jasa endorsement yang lebih terjangkau dibandingkan dengan influencer dari kalangan artis.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Wisata Buat yang Hobi Mendaki dan Bersepeda

6. Perhatikan Kualitas Konten yang Ditampilkan

Pastikan bahwa konten yang akan di post memiliki kualitas yang baik dan menarik dari segi pemasaran. Hindari untuk asal berpromosi tanpa mempersiapkan gambar dan caption yang menarik.

Biasanya, ada beberapa influencer yang akan meminta konten yang Anda inginkan, atau beberapa ada yang memberikan kreatifitasnya sendiri saat mengupload. Hal ini biasanya tergantung perjanjian Anda saat awal.

Agar biaya promosi yang kamu keluarkan efektif, buatlah brief konten yang menjadi panduan bagi influencer dalam membuat konten. Tentu saja endorser yang mempromosikan dengan kreativitas sendiri akan lebih mahal ketimbang mengikuti konten brief Anda.

7. Memiliki Banyak Platform

Saat ini, kebanyakan influencer melakukan promosi hanya melalui akun Instagram. Akan tetapi, jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, Anda dapat memilih influencer yang memiliki lebih dari satu platform, seperti blog, Twitter, dan YouTube. Hasil yang didapatkan pasti akan menjadi lebih maksimal tentunya.

Nah itulah beberapa tips dalam menggunakan jasa endorsement dari influencer.

BACA JUGA: Pantang Menyerah, Lima Film inspirasi Pelecut Semangat

Exit mobile version