Panduan Menjelajahi The Rocks Australia: Wisata, Belanja, dan Kuliner

The Rocks Australia yang telah ada sejak beberapa abad lalu menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Negeri Kangguru. Di akhir pekan, kawasan ini selalu ramai dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan.

The Rocks adalah pemukiman pertama koloni Inggris di tahun 1788 yang terletak di Teluk Sydney. Dahulunya, kawasan ini merupakan pemukiman kumuh dan dibangun beberapa penjara. Ada sejarah panjang yang menjadi latar belakang munculnya kawasan ini.

Sejarah Singkat The Rocks Australia

Panduan Menjelajahi The Rocks Australia

Dikutip dari website resminya, The Rocks Australia memiliki sejarah menarik yang membentuk kawasan ini menjadi seperti sekarang. Lebih dari puluhan ribu tahun lalu, kawasan ini merupakan pesisir pantai yang masih alami dan menjadi rumah bagi suku Gadigal.

Selama rentang waktu puluhan ribu tahun, area Circular Quay (Warrane), lokasi The Rocks saat ini adalah rumah bagi bangsa yang memiliki pengetahuan kuno. Orang Galdigal adalah salah satu dari 29 kelompok klan yang membentuk bangsa Eropa.

Suku Galdigal memiliki hubungan mendalam dengan alam, di mana menggunakan lautan dan batu pasir untuk bertahan hidup dan berkembang. Sebagian besar makanan mereka berasal dari makanan laut dan hidup selaras dengan alam yang hanya mengambil apa yang mereka butuhkan setiap saat.

Ribuan tahun berikutnya, armada kolonial pertama tiba tanggal 26 Januari 1788 di sisi barat Sydney Cove. Oleh mereka, daerah tersebut dinamakan The Rocks.

Di masa itu, rumah dan tanah penduduk asli dirampas dan hingga 80% populasi mereka dimusnahkan oleh penyakit-penyakit. Penjajahan terus berlanjut dan The Rocks menjadi pusat kota pertama di Australia. Tak hanya itu saja, kawasan tersebut menjadi pasar pertama di First Fleet Park.

Sekarang, kawasan ini menjadi pusat budaya dan pertemuan di pusat kota terbesar di Australia.

Menyusuri The Rocks Australia, ada berbagai bukti sejarah yang menarik di setiap langkah kaki. Mulai dari lorong-lorong berbatu, rumah-rumah bersejarah yang menawarkan kisah tentang kehidupan berabad lalu atau sekadar menikmati pemandangan Harbour Bridge yang merupakan bagian dari sejarah itu sendiri.

Baca juga: Hagia Sophia: Sejarah Panjang Gereja dan Masjid Terkenal di Istanbul

Panduan Wisatawan Menjelajahi The Rocks Australia

Jika dianalogikan, The Rocks Australia ini hampir mirip dengan Kota Tua Jakarta. Ada pusat budaya, kuliner, dan perbelanjaan. Wisatawan akan menemukan beragam aktivitas dan bangunan menarik untuk dikunjungi. Bahkan di setiap minggu, pasti ada event mulai dari seni, kuliner, hingga olahraga.

Berikut ini beberapa tempat dan aktivitas yang bisa dijadikan panduan menjelajahi kawasan wisata ini.

1. Event Edukasi Menarik Sepanjang Bulan

The Rocks tidak pernah sepi dari event menarik terutama yang berhubungan dengan dunia seni. Sepanjang bulan, warga lokal dan wisatawan dimanjakan dengan event-event bergengsi yang bisa memberikan banyak wawasan.

Di bulan November 2023 contohnya, sudah terjadwal berbagai event antara lain:

Beberapa event di atas bisa diakses secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar.

2. Pusat Perbelanjaan

Kawasan ini bisa dikatakan surga pecinta belanja. Mulai dari merek mewah kelas atas, hingga desainer baru yang belum pernah didengar sebelumnya. The Rocks merupakan rumah bagi pencinta fashion, tempat terbaik untuk menemukan segudang item fashion terbaik untuk melengkapi penampilan.

Tempat belanja di kawasan ini terbagi menjadi berbagai kategori mulai dari fashion dan aksesori, kesehatan, kecantikan, perhiasan hingga suvenir.

Jika tertarik untuk berbelanja, berikut ini rekomendasi butik unik dengan kualitas barang terbaik.

Selain merek di atas, masih ada 57 butik menarik lainnya yang menjual aneka produk lokal Australia dengan kualitas serta desain terbaik.

3. Pusat Kuliner

Menghadiri event, berbelanja rasanya tidak lengkap jika tidak menjelajahi kuliner di The Rocks. Ada sejumlah restoran, kafe dan bar yang buka setiap hari, menawarkan sajian menu lokal yang lezat dan promo menarik.

Berikut ini beberapa pilihan tempat kuliner terbaik yang ada di kawasan The Rocks Australia.

Baca juga: Jejak Sejarah di Ibu Kota Vietnam: Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi di Hanoi

Berkunjung ke The Rocks Australia tidak perlu khawatir dengan penginapan, ada sederet hotel yang bisa dijadikan pilihan seperti Four Seasons Hotel Sydney, Harbour Rocks hotel dan lain-lain. Kawasan ini tidak akan cukup dikunjungi dalam waktu sehari, jadi siapkan itinerary khusus minimal tiga hari untuk menjelajahi destinasi wisata populer ini.

Exit mobile version