Tingkatkan Performa Penjualan, Ini 5 Tips Bersaing di Pasar Digital

Digital transformation or business online concepts with young person thinking and planning platform ideas.communication design.communication design

Memanfaatkan media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce menawarkan peluang besar kepada pelaku bisnis. Pemasaran digital bisa mempermudah sebuah bisnis memasarkan brand dan produk dengan mudah. Sekaligus juga menjangkau dan memperluas cakupan pasar bisnis tersebut.

Zilingo Indonesia sebagai platform B2B memberi kemudahan bagi para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usaha mereka. Salah satunya melalui layanan pemasaran sehingga brand Anda tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Menurut Head of Services Zilingo, Tut Wuri Handayani, saat ini rekam digital sangat penting untuk keberlangsungan masa depan sebuah usaha. Karena itu, media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce memberi peluang besar.

Baca juga: Logistik Cerdas Solusi Biaya Logistik Mahal

“Kehadiran media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce memberikan peluang besar dan wadah bagi para pemain bisnis untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha mereka”. kata Tut Wuri.

Ia pun membeberkan beberapa tips jitu bagi pelaku usaha seperti Anda untuk dapat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat:

1. Pentingnya kesan pertama

Dibutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik bagi pelanggan untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman e-commerce Anda. Komunikasi yang menarik secara visual sangat penting karena 80% pelanggan akan mengingat apa yang mereka lihat, serta 20% di antaranya tidak pernah lupa apa yang mereka temukan di situs web.

Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus dan user-friendly menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko e-commerce yang menarik di tahun 2022.

2. Target audiens yang tepat dengan rekomendasi yang sesuai

Jika Anda ingin memberikan pengalaman belanja yang baik dan lebih personal, maka pemberian rekomendasi produk yang relevan merupakan strategi yang tepat.

Faktanya, 53% pelanggan suka melihat rekomendasi produk di situs web yang umumnya serupa dengan riwayat penelusuran mereka. Jadi, sangat penting untuk memasukan daftar produk yang juga disesuaikan dengan target promosi Anda.

Baca juga: 3 Cara Kreatif Rayakan Hari Kemerdekaan Secara Virtual

3. Bangunlah narasi yang tepat

Sebuah bisnis bukan hanya sekadar tentang produk dan layanan. Anda harus memiliki kekuatan untuk menceritakan nilai-nilai yang dibawa oleh sebuah brand untuk dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang sesuai dengan target pasar Anda.

Pastikan konten yang dibagikan konsisten dengan pesan dan nilai yang dimiliki brand Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pembuatan konten yang relevan seperti artikel blog dan video yang melibatkan audiens Anda secara langsung agar memberikan dampak yang lebih besar untuk perkembangan brand dan penjualan Anda.

4. Manfaatkan pemasaran kreatif dan influencer

Setiap merek memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan strategi pemasaran yang akan digunakan. Terus amati perkembangan platform serta media terbaru yang dapat digunakan untuk membangun strategi konten yang kuat dan kreatif.

Anda dapat meningkatkan performa strategi pemasaran Anda dengan melibatkan jaringan influencer yang relevan dengan brand Anda. Contohnya Poppy Theodorin, sebuah brand fashion di Indonesia yang memanfaatkan layanan manajemen media sosial bersama Zilingo dengan memperbaiki kualitas konten sosial media untuk dapat meningkatkan jumlah pengikut mereka.

Sebagai hasilnya, konten media sosial mereka mengalami peningkatan 145% dalam jumlah pengikut dan impression yang juga ikut meningkat hingga 27%.

5. Integrasikan bisnis Anda dengan sebuah tujuan

Brand yang modern tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan para konsumen, tetapi juga memberikan pengaruh dan dampak positif di lingkungan atau masyarakat sekitar.

Baca juga: Bintang Emon Kasih Tips Memilih HP 3 Jutaan untuk Kreator Muda

Studi menunjukkan bahwa 87% pelanggan bersedia membeli produk dari brand yang mendukung tujuan & masalah sosial yang mereka pedulikan. Anda juga dapat memperkuat bisnis Anda dengan mendukung suatu tujuan sosial dan memenangkan banyak hati calon pelanggan Anda.

Inisiatif penggunaan bahan ramah lingkungan, kesadaran kesehatan, dukungan terhadap suatu LSM, keikutsertaan dalam perubahan sosial adalah beberapa strategi yang dapat Anda angkat untuk mengumpulkan banyak simpati dan perhatian demi pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

“Membenahi kualitas konten dalam saluran digital serta menyusun strategi komunikasi dan pemasaran yang tepat adalah proses yang krusial. Pastikan Anda menginvestasikan sumber daya yang cukup di dalamnya, dan tentu saja, Zilingo Marketing Services siap membantu memperluas jangkauan bisnis Anda melalui strategi digital yang baik dan berkelanjutan”, tutup Tut Wuri Handayani.

Exit mobile version