Tinjauan Manajemen Berkala Penerapan ISO 9001 : 2015

Vice President of QAFM JNE Samsul Djamaluddin (baju putih) bersama peserta yang hadir dalam kegiatan management review

Sebagai perusahaan berstandar mutu global dengan sertifikasi ISO 9001 : 2015 yang telah dimiliki, JNE terus melakukan evaluasi berkala. Tujuannya agar standar mutu yang dicapai tetap terjaga dengan baik dan benar sesuai yang dipersyaratkan dalam ISO 9001 : 2015.

Untuk itulah, Direktorat Quality Assurance &Facility Management JNE menggawangi pelaksanaan dan pengawasan ISO 9001 : 2015. Langkah tersebut diwujudkan dengan menggelar kegiatan monthly review April 2021, pada Senin (24/5/2021) lalu.

Acara yang digelar di Gedung Learning Center JNE Tomang 9, Jakarta Barat, tersebut dihadiri segenap pemangku kepentingan dari berbagai departemen seperti dari HSE Department, QMS Department, BM Department dan departemen terkait lainnya.

Baca juga : Delivery di Tapal Batas Negara, Paket COD Dibayar Ringgit

Management review atau tinjauan manajemen adalah pertemuan formal yang dilangsungkan secara berkala. Tujuannya untuk mengevaluasi pelaksanaan atau implementasi ISO 9001 : 2015 seperti yang diwajibkan dalam klausul sertifikasi ISO tersebut.

“Kegiatan management review ini bertujuan untuk meninjau dan mengevaluasi keefektifan sistem manajemen perusahaan yang selama ini telah dijalankan dengan berpedoman pada standar mutu global yakni ISO 9001 : 2015″, terang Vice President Quality Assurance Facility Managent, Samsul Djamaluddin.

Samsul menambahkan, “Hal ini nantinya akan membantu pimpinan perusahaan untuk menentukan langkah-langkah strategis terkait sistem manajemen ke depannya, agar bisa mencapai visi-misi perusahaan dalam kancah persaingan bisnis yang semakin sengit dewasa ini”.

Baca juga : Dua Dosa yang Dipikul Oleh Manusia

Dengan mimiliki standar mutu global lewat implementasi ISO 9001 : 2015, menjadi salah satu upaya JNE untuk terus menjadi pemain terdepan dalam bisnis jasa pengiriman dan logistik di tanah air. Di mana, seringkali customer mempersyaratkan sebuah perusahaan untuk memiliki sertifikasi ISO agar mereka yakin memakai jasa perusahaan tersebut.

Hal itu karena, perusahaan yang telah memiliki sertifikasi ISO dianggap sudah memenuhi standar mutu terhadap kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, seperti misalnya standar mutu keamanan, ramah lingkungan dan sebagainya. “Untuk itu kita adakan pertemuan agar bisa melakukan evaluasi secara berkala”, ungkap Samsul.

Baca juga : Operasional Peak Season Ramadhan – Lebaran Berjalan Lancar

“Kita harus tetap komitmen dan konsisten dalam menjalankan dan mengawasi penerapan ISO 9001 : 2015 agar terus berjalan dengan baik di setiap departemen yang ada di perusahaan, sehingga perusahaan bisa merasakan betul berbagai manfaat dari sertifikasi ISO 9001 : 2015 yang sudah diraih dan dimiliki oleh JNE”, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Samsul juga mengajak para peserta yang hadir dalam acara, untuk bersyukur dan terus menjaga etos kerja. Hal itu karena di masa pandemi JNE tetap bisa tumbuh dan berkembang di saat banyak perusahaan lain yang kesulitan akibat hantaman pandemi Covid-19.  *

Baca juga : JNE dan Dewa Selling Hadirkan Kemudahan Pelaku UMKM untuk COD

Exit mobile version