Tips Agar Anak Mau Menggunakan Masker

Tips Agar Anak Mau Menggunakan Masker

Instagram@3mongkis

Kebanyakan dari orangtua sering kewalahan menyuruh anak-anaknya mau untuk mengenakan masker setiap kali melakukan aktifitas di luar rumah.

Anak-anak kerap merasa tidak betah dengan kebiasaan memakai masker ini, apalagi ketika mendapati bahan masker tidak nyaman untuk dikenakan.

Lantas, bagaimana cara memperkenalkan hal baru seperti ini pada anak untuk menghadapi New Normal? Ini tips agar anak  mau menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Tips Agar Anak Mau Menggunakan Masker

1. Jelaskan Fungsi dan Kegunaan Masker

Hal pertama yang perlu orang tua lakukan adalah menjelaskan fungsi dan kegunaan masker saat keluar rumah. Pastikan untuk menggunakan bahasa sederhana agar si kecil paham tujuan memakai masker.

Gunakan pula ilustrasi yang konkret mengenai penyebaran virus corona pada mereka. Ingat, jangan pernah mengancam atau memaksa mereka untuk melakukan hal ini.

Sebaliknya, bantu memahami pentingnya protokol kesehatan selama pandemi. Tunjukkan juga empati Anda selaku orangtua atas ketidaknyamanan mereka menggunakan masker.

BACA JUGA: 5 Brand Lokal Masker Kain Dengan Desain Unik

2. Pilih Karakter dan Warna Kesukaan Mereka

Jika Anda menjahit sendiri masker kain untuk si buah hati, ajaklah ia untuk ikut serta berproses di dalamnya. Sementara jika Anda memutuskan untuk membeli masker melalui toko, biarkan anak-anak memilih sendiri karakter dan warna yang disukai.

Hal ini untuk memastikan bahwa mereka merasa memiliki masker tersebut dan senang ketika menggunakannya.

3. Berikan Contoh

Orang tua tentu menjadi role model bagi si buah hati. Untuk itu, Anda perlu mencontohkan bahwa tidak hanya mereka yang perlu memakai masker, tapi semua orang termasuk anggota keluarga.

Andapun bisa memperlihatkan foto teman, keluarga, atau anak kecil lain yang juga menggunakan masker agar si kecil tahu bahwa ini merupakan sesuatu yang normal pada saat ini.

4. Pilih Bahan yang Nyaman

Bagi Anda yang memutuskan untuk membeli masker di luar, tentu harus memerhatikan bahan yang digunakan demi kenyaman si anak.

Pasalnya, tidak semua masker dibuat dengan bahan yang sama, jadi orang tua perlu teliti dengan bahan masker kain.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan apajah masker pas dengan kontur wajah si kecil hingga tidak melorot, atau memiliki tali yang pas dengan telinganya agar membuatnya nyaman.

5. Berlatih di rumah

Untuk membiasakan anak menggunakan masker, cobalah gunakan saat kondisi yang menyenangkan pada anak, misalnya saat di rumah.

Ajak ia menggunakan masker saat dirinya sedang bermain, misalnya saat bermain pemadam kebakaran, anak memerlukan masker seperti halnya fireman yang sedang bertugas.

Ini bisa jadi tantangan yang menyenangkan baginya. Anda pun bisa memberi hadiah ketika si kecil berusaha menggunakan masker di saat kondisi tak nyaman baginya.

Nah itulah tips agar anak mau menggunakan masker, ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Tetap jaga kesehatan keluarga.

BACA JUGA: Primero, Masker 3-Ply yang Sesuai Standar BNPB Bisa Tahan Micro Droplets

Exit mobile version