Tips Agar Ketupat Tidak Mudah Basi

tips ketupat agar tidak mudah basi di kala lebaran Idulfitri

Ketupat sudah menjadi makanan tradisi bagi umat muslim di Indonesia ketika merayakan lebaran. Tidak afdol rasanya jika lebaran tidak makan ketupat, termasuk juga lebaran Idulfitri 1442 H tahun ini. Namun, mungkin masih pada belum banyak yang tahun bagaimana cara agar ketupat tidak cepat basi.

Jelang lebaran, pedagan ketupat biasanya mulai bermunculan. Selain menjajakan ketupat yang sudah jadi, ada juga pedagang ketupat yang hanya menjual bungkusnya atau anyaman ketupat. Biasanya sih, ibu-ibu beli yang bungkusnya saja. Isianya mereka lebih memilih untuk membikin sendiri di rumah, toh tidak susah-susah amat.

Karena menjadi menu makanan pengganti nasi yang cocok disantap dengan opor, tidak sedikit dari masyarakat yang kemudian membuat ketupat dalam porsi yang banyak. Selain untuk dikonsumsi sendiri, ada juga untuk kebutuhan berbagi dengan sanak saudara atau tetangga.

Saking banyaknya bikin ketupat, ada juga yang tidak habis dan pada akhirnya berlendir dan basi. Nah, agar ketupat tidak mudah basi dan berlendiri, simak tipsnya berikut ini. Jangan sampai mubazir ya!

Baca Juga: Tips Belanja Online di Momen Lebaran

1. Jangan bikin jauh hari

Tips ketupat agar tidak mudah basi yang pertama adalah perhatikan waktu pengolahan dan penyajian. Kalau lebarannya masih lama, ya jangan bikin dahulu. Bikin antara dua minimal sehari sebelum lebaran. Percuma juga bikin ketupat jauh-jauh hari, karena yang ada malah jadi basi. Ketupat sendiri menjadi salah satu makanan yang tidak terlalu tahan lama.

2. Masak sampai benar-benar matang

Kesalahan fatal berikutnya ketika memasak ketupat adalah mereka tidak benar-benar memasaknya sampai matang. Tips aman memasak ketupat adalah proses pembuatannya 4-5 jam. Pastikan juga agar seluruh permukaan ketupat terendam air selama proses memasak agar matangnya bisa merata.

3. Disiram dengan air dingin

Jangan lupa, setelah ketupat matang, pastikan kamu menyiramnya dengan air dingin yang matang tentunya. Tujuan menyiram dengan air dingin ini adalah untuk membuang sisa air rebusan, sekaligus membersihkan kotoran atau lendir yang mungkin menempel pada daun tempat ketupat. Lendir tadi bisa menyebabkan ketupat jadi lebih mudah basi.

4. Tiriskan dahulu

Setelah menyiramnya dengan air dingin, pastikan kamu meniriskan ketupat sampai benar-benar kering. Jangan lupa untuk menyimpan ketupat di tempat yang terbuka, bukan tertutup. Hal ini karena jika ketupat disimpan di tempat yang tertutup, lembab, apalagi basah maka bisa menimbulkan bakteri yang jadinya malah basi.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Sayuran Bayam Selama Ramadan ala Ayudia Bing Slamet

5. Dianginkan

Selain ditisikan, sebisa mungkin ketupat diangin-anginkan. Kamu sering lihat kan pasti ketupat yang digantung? Ya itu dia tadi tujuannya agar air tadi menetes ke bawah dan untuk memberi angin atau udara agar ketupat menjadi kering di bagian luar.

6. Simpan di kulkas

Kalau kamu mungkin ada kebutuhan untuk menyimpan ketupat, simpan lah di dalam lemari pendigin. Caranya adalah dengan memasukkan ketupat yang sudah kering ke dalam plasti dan diikat. Pastikan juga tidak ada celah lubang ya di dalam plastik agar ketupat tidak lembab.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik

Itu dia tadi tips ketupat agar tidak mudah basi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan inspirasi kamu ketika membuat ketupat di kemudian hari!

Exit mobile version