Tips Aman Naik Kereta Api Jarak Jauh di Masa Pandemi

Tips Aman Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di Masa Pandemi – Bepergian menggunakan moda transportasi pesawat terbang memang memangkas waktu menjadi lebih singkat. Tapi, ada juga beberapa orang yang gemar menggunakan moda transportasi kereta api untuk perjalanan jauh.

Salah satu alasan mengapa perjalanan menggunakan kereta api dirasa menyenangkan adalah kita jadi bisa menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan dari kaca jendela. Soal kenyamanan, kamu sendiri tidak perlu khawatir karena PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini sudah berupaya untuk memperbaiki fasilitas sehingga penumpang dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.

Meski demikian, di masa pandemi seperti sekarang ini, amat sangat penting buat kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api untuk tetap mematuhi segala macam protokol kesehatan yang ada. Jangan khawatir, karena melalui artikel ini kami akan berikan beberapa tips perjalanan kereta api jarak jauh di masa pandemi.

Baca Juga: Psstt..Ada Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Nih!

1. Beli tiket online di KAI Access

beli tiket kereta api online di KAI Access
Beli tiket online di KAI Access

Guna menghindari kerumunan antrian ketika membeli tiket, PT KAI mengumumkan bahwa segala bentuk pembelian tiket kereta api jarak jauh sekarang hanya bisa dilakukan melalui KAI Access. Aplikasi ini bisa kamu download melalui Google Play Store dan App Store yang di dalamnya terdapat fitur seperti e-boarding. Pihak KAI sendiri mengimbau agar pemesanan dilakukan H-7 sebelum keberangkatan.

2. Siapkan surat keterangan bebas COVID-19

Siapkan surat keterangan bebas COVID-19

Terhitung mulai 9 Februari 2021, calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19. Adapun surat keterangan yang dimaksud berdasarkan hasil tes GeNose atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR. Pengambilan sampel pun maksimal dilakukan dalam kurun waktu 3x 24 jam sebelum keberangkatan. PT KAI pun menyediakan fasilitas pemeriksaan di beberapa stasiun kereta api.

3. Gunakan APD

gunakan masker

Tips perjalanan kereta jarak jauh di masa pandemi berikutnya adalah usahakan untuk melindungi diri dengan menggunakan APD (alat pelindung diri). Namun, APD di sini yang dimaksud bukan APD seperti yang dipakai oleh tenaga medis ya. Cukup menggunakan masker dan atau face shield. Pihak PT KAI juga mengimbau calon penumpang agar menggunakan lengan panjang atau jaket. Hal ini untuk mencegah bersentuhan secara langsung antar penumpang.

Baca Juga: Kumpulan Doa Naik Pesawat Terbang 6 Agama

4. Selalu sedia perlengkapan pribadi

Selalu sedia hand sanitizer dan peralatan pribadi

Tips naik kereta api berikutnya adalah diharapkan untuk membawa peralatan makan pribadi. Para penumpang kereta api dengan jarak perjalanan kurang dari 2 jam tidak diperkenankan untuk makan dan minum di dalam kereta, terkecuali yang memang sedang dalam pengobatan. Akan sangat aman jika kamu membawa perlengkapan makan sendiri, untuk mengurangi risiko terpapar virus. Selain itu, usahakan untuk membawa perlengkapan kebersihan, seperti tisur kering, tisu basah, hand sanitizer, hingga masker cadangan.

5. Jaga jarak dengan penumpang lain

PT KAI menjaga jarak antar penumpang

Tips naik kereta api aman yang tidak kalah penting ketika melakukan perjalanan jarak jauh di masa pandemi adalah jaga jarak dengan penumpang lainnya. Usahakan untuk mengurangi kontak fisik. PT KAI juga mengimbau kepada penumpang agar tidak berbicara satu arah maupun dua arah selama perjalanan. Hal ini juga berlaku bagi penumpang yang tengah berbicara melaui sambungan telepon.

Baca Juga: Mulai 5 Februari, GeNose Jadi Pilihan Tes Covid Traveling Pakai Kereta Api

Exit mobile version