Tips Berkendara Mobil Saat Hujan, Waspada!

Tips Berkendara Mobil Saat Hujan – Dalam beberapa hari terakhir, Jakarta dan sekitarnya sudah mulai diguyur hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memperkirakan musim hujan akan jatuh pada Oktober hingga Desember 2019.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia akan mendapat curah hujan yang lebih tinggi dari biasanya. Meski prediksi hujan baru akan terjadi di sekitar bulan Oktober sampai Desember, ada juga beberapa wilayah di Indonesia yang akan kebagian turun hujan lebih cepat, yaitu di bulan Agustus.

Bagi pemilik kendaraan, terutama mobil, alangkah pentingnya dalam mempersiapkan kendaraan ketika memasuki musim hujan. Hal ini tentu saja dilakukan agar kamu bisa berkendara dengan nyaman selama musim hujan.

Baca Juga: Ingat, Mengantuk Saat Berkendara Membawa Petaka

Sebagaimana diketahui, situasi jalanan ketika hujan tentu akan berbeda dengan musim kemarau atau panas. Jalan raya akan semakin licin, begitu juga dengan pandangan jalan yang akan menipis seiring dengan guyuran hujan.

Karenanya, berikut ini akan kami bagikan beberapa tips persiapan kendaraan dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan di musim hujan.

Tips Menghadapi Musim Hujan Bagi Pengendara Mobil

1. Melakukan standar check-up kendaraan

tips berkendara saat hujan

Tips yang pertama yang bisa kamu terapkan adalah melalukan standar check-up di beberapa bagian utama mobil. Caranya adalah kamu bisa memeriksa tekanan ban, oli, mesin, baterai, dan lampu. Jangan lupa juga untuk memeriksa wiper mobil, jangan sampai tidak berfungsi dengan baik ketika perjalanan.

Wiper tentu sangat berguna untuk mengurai air hujan yang jatuh ke kaca depan mobilmu. Jika tidak berfungsi dengan benar, maka akan menghadalngi pandanganmu. Lalu jangan lupa pastikan bahan bakar cukup.

2. Periksa baterai dan kaki-kaki mobil

Di musim hujan, pastikan kamu memeriksa dengan baik sistem pengisian (chaging) baterai atau kami kendaraanmu. Aki merupakan instrumen yang paling penting dan krusial ketika musim hujan.  Pasalnya aki akan bekerja ekstra keras ketika musim hujan, seperti misalnya menggerakkan wiper, radio, AC, hingga lampu kabut.

Itulah mengapa kamu musti memeriksa kesehatan aki. Nah, selain aki, kamu juga harus memeriksa bagian kaki-kaki mobil, tak ketinggalan ban. Seperti yang dijelaskan di awal, kondisi jalanan ketika musim hujan cenderung licin. Karenanya, kamu harus menjaga agar kendali mobil tetap stabil.

3. Jaga jarak pandang

Menjaga jarak pandang juga tak kalah penting, terutama ketika berkendara pada saat hujan. Seperti diketahui, berkendara ketika hujan membuat visibilitas pengendara berkurang. Untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kamu wajib memeriksa kondisi lampu depan dan belakang.

Penggunaan lampu jenis HID (High Idensity Discharge) memang membuat cahaya yang menerangi jalan depan lebih terang. Meski demikian, lampu jenis ini bisa membuat pengendara di depannya terasa silau. Kalau tidak ingin menggunakan lampu HID, kamu bisa menggantinya dengan lampu LED.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Agar Terhindar dari Kecelakaan

4. Cek kondisi kampas rem

Tips berkendara saat hujan yang satu ini sebenarnya ini juga berkaitan dengan kaki-kaki. Ya, kampas rem adalah bagian yang penting dari sebuah kendaraan. Ketika hukan, kampas rem akan sering terkena air dan kotoran. Hal ini menyebabkan macet atau seret.

Karenanya, selama musim hujan pastikan kamu untuk senantiasa menjaga kebersihan kampas rem. Selain kampas, pastikan piston rem dalam kondisi yang bagus. Jika salah satu piston rem mengalami mencetan, maka kanvas rem akan menekan piringan atau tromol rem. Jika dibiarkan terus menerus, ini bisa merambat ke velg.

5. Latih kesabaran dan gunakan aksesori tambahan

Tips berkendara saat hujan yang satu ini juga termasuk penting. Kamu termasuk pengendara yang tidak sabaran? Kalau begitu sebaiknya latih kesabaranmu di musim hujan. Musim hujan sering berujung pada kemacetan lalu lintas. Kalau kamu termasuk pengendara yang tidak sabaran, maka nantinya bisa berujung pada celaka.

Dengan tidak sabar, kamu akan berinisiatif untuk mendahului kendaraan yang di depan. Dengan pandangan yang terbatas ditambah kondisi jalanan licin, bukan tidak mungkin akan membayakanmu dan pengendara lainnya, bukan?

Tips berkendara saat hujan berikutnya adalah dengan menggunakan aksesori tambahan, seperti talang air, slip pedal caps untuk menjaga pedal gas, rem, atau kopling tidak mudah licin, dan lainnya. Pastikan aksesori tersebut sudah memenuhi standar OEM ya.

Baca Juga: Jangan Biarkan Mobil Ngangur di Garasi Selama PPKM Darurat, Bisa Sial

Exit mobile version