Tips Berkendara Motor di Musim Hujan, Cocok Buat Kurir Logistik

berkendara musim hujan

Bagi kurir logistik yang mengantarkan barang atau paket menggunakan sepeda motor, pastinya menjadi tantangan tersendiri ketika harus bekerja saat musim hujan.

Tak hanya memikirkan barang bawaan agar tetap aman, tapi juga masalah keselamatan ketika bekerja. Karena itu, ada baiknya saat musim hujan harus ekstra hati-hati ketika berkendara.

Berkendara motor saat hujan tentu saja lebih berisiko karena kondisi jalanan menjadi lebih licin, sehingga pengendara disarankan untuk lebih waspada. Belum lagi ditambah dengan berubahnya jarak pandang atau visibilitas yang menurun.

BACA JUGA : Mengenal Aquaplaning, si Bahaya di Musim Hujan

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan pengendara perlu memahami beragam kondisi jalan dan cuaca.

Ketika musim hujan, ada baikanya pengendara motor termasuk kurir logistik, mempersiapkan perlengkapan serta lebih waspada saat memasuki musim penghujan dengan beberia tips dan trik berikut ini ;

1. Memastikan kondisi motor

Cek kondisi rem, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, khususnya lampu depan, rem, belakang, sein, hazard agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Hindari berkendara dengan ban yang sudah aus atau gundul karena kondisi jalan saat hujan lebih licin.

2. Memahami rute

Dengan memahami rute yang akan dilalui, kita mengetahui kondisi jalan yang dilalui, apakah jalan tersebut rusak atau berlubang karena saat hujan ada kemungkinan jalan yang rusak atau berlubang tersebut tergenang air.

3. Pengendara disarankan menggunakan jas Hujan setelan (atasan dan bawahan), helm bervisor bening, sarung tangan, dan sepatu karet.

Hindari menggunakan jas hujan model plonco atau batman dan menggunakan sandal. Pengendara dapat memanfaatkan bagasi sepeda motor yang luas sehingga pengendara lebih praktis dan tenang berkendara saat hujan.

BACA JUGA : Empat Langkah Rawat Vespa Matic di Musim Hujan

4. Selalu jaga jarak dan operasikan sepeda motor secara halus agar terhindar dari pengereman mendadak yang berpotensi slip.

 

5. Hindari genangan air yang terlalu tinggi atau banjir agar air tidak masuk kedalam mesin sehingga mencegah potensi mesin mati dan rusak.

6. Jika hujan terlalu lebat dan menyebabkan jarak pandang terganggu, jangan ambil risiko, lebih baik hentikan sepeda motor dan berteduh.

7. Setelah berkendara, pengendara disarankan membersihkan sepeda motor agar terhindar dari kotoran yang berpotensi menyebabkan karat.

Exit mobile version