Tips Bisnis Online dengan Modal Pas-pasan

ilustrasi gambar memilih jasa kirim krusial dalam bisnis online

Banyak yang berpikiran bahwa untuk memulai bisnis, entah itu bisnis offline maupun bisnis online, dibutuhkan modal yang besar. Anggapan tersebut belum tentu benar. Kamu tetap bisa kok memulai bisnis online dengan modal yang pas-pasan dengan mengikuti tips berikut.

Ya, di tengah kondisi ekonomi yang sedang sulit seperti saat ini, terlebih banyak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK), memulai usaha menjadi salah satu solusi bagi mereka yang sulit dalam melamar pekerjaan. Bukan cuma untuk mereka yang menganggur, bisnis online pun menjadi hal yang menggiurkan bagi mereka yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Nah, buat kamu yang modalnya pas-pasan, berikut ini bagaimana tips bisnis online dengan modal yang kecil. Kamu harus pandai dalam mensiasatinya.

Baca Juga: Berminat Bisnis Kuliner? Perhatikan Tips Berikut Ini

Cara Memulai Bisnis Online dengan Modal Pas-pasan

1. Mulai dengan jumlah yang kecil

Punya modal yang pas-pasan tentu kamu tidak memiliki keleluasaan untuk belanja dalam volume yang besar. TIdak masalah. Mulai lah terlebih dahulu dengan jumlah yang kecil. Hal ini juga bisa dilakukan sembari melihat minat pasar terhadap produk yang kamu jual.

Nah, kalau dirasa produk yang kamu jual kurang peminat, kamu bisa kok beralih ke produk lainnya. Langkah ini juga bisa meminimalisasi risiko binis apabila barang yang kamu jual tidak laku di pasaran. Yang perlu kamu ingat adalah modal kamu pas-pasan, jangan sampai barang yang kamu beli justru menjadi beban karena tidak laku.

Membeli barang yang sedikit juga meminimalisir terjadinya kerusakan. Menyimpan barang terlalu lama bisa berisiko rusak atau kadaluarsa apabila itu makanan.

Baca Juga: Efek Pandemi, Deretan Produk Ini Populer di Tahun 2020

2. Membatasi jenis barang yang dijual

Jika ingin memulai bisnis online, pastikan kamu sudah memiliki gambaran produk atau jasa yang akan kamu jual secara online. Jangan serakah, dalam artian menjual banyak jenis barang demi meraup target pasar yang luas.

Selain menghambur-hamburkan uang, menjual banyak jenis barang bikin kamu tidak fokus dalam mengelola bisnis. Dalam artian, kamu jadi berurusan dengan banyak supplier, sehingga bikin kamu tidak fokus dalam menetapkan target pasar.

Kalau jenis barangnya terbatas, maka kamu bisa fokus pada modal yang dimiliki. Kamu pun juga bisa belajar lebih sabar dalam menjalankan bisnis. Kamu juga harus perhatikan aspek lainnya, semakin sedikit pihak ketiga yang kamu jumpai, maka semakin sedikit juga ongkos yang kamu kelkan.

3. Gabung dengan komunitas

Kamu sudah menetukan jenis barang yang dijual? Langkah berikutnya adalah mencari calon pembeli atau menetapkan segmentasi pasar. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kepuasan dari customer sekaligus memperkecil persaingan pasar.

Bergabung ke dalam sebuah komunitas nyatanya juga bisa membantumu untuk mendekatkan pada segmen pasar yang kamu inginkan, sekaligus memperkenalkan bisnis online-mu. Kamu juga bisa membuka peluang terjualnya barang yang kamu jual, sehingga modal pun akan cepat berputar.

Sebagai contoh, kamu berjualan aksesoris motor. Maka sebaiknya kamu bergabung dengan komunitas motor. Begitu juga jika kamu berjualan produk lain.

Nah, itu dia tadi beberapa tips bisnis online dengan modal pas-pasan. Kamu jangan berkecil hati jika memang modalmu dirasa kecil. Coba dulu ikuti tips yang kami berikan di atas. Semoga bermanfaat dan berhasil.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan layanan logistik ketika bisnis online, seperti JNE. Sebagai perusahaan penyedia layanan dan jasa antar barang, JNE memberikan berbagai macam pilihan pengiriman hingga ke pelosok daerah.

Baca Juga: Crewdible Luncurkan Micro Cold Storage untuk Dukung Bisnis Frozen Food

Exit mobile version