Tips Bukber di Masa Pandemi Covid-19, Nomor 4 Penting Tuh!

tips bukber agar buka puasa bersama berjalan lancar

Buka puasa bersama kini kembali tren di kalangan masyarakat setelah dua tahun melewati masa sulit pandemi Covid-19. Nah, buat kamu yang ada rencana untuk bukber di luar, harus simak terlebih dahulu tips bukber di luar.

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia ketika mengadakan buka puasa bersama biasanya di restoran. Ada jua memang yang mengadakan buka puasa bersama di rumah. Tapi, daripada merepotkan si pemilik rumah, biasanya lebih afdol mengadakan kegiatan buka puasa bersama di restoran, cafe, atau rumah makan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Bukber di Bogor Bernuansa Tradisional ala Pedesaan

Namun, di masa Ramadan seperti saat ini, biasanya rumah makan atau restoran padat pengunjung, terlebih ketika akhir pekan. Maka dari itu, usahakan agar datang lebih awal agar tidak terburu-buru. Buat kamu yang ingin mengadakan acara bukber, simak nih tips bukber di bulan Ramadan tahun ini.

Tips Bukber Biar Buka Puasa Jadi Asyik

1. Jangan lupa booking tempat ya

Berbeda dengan Ramadan tahun lalu atau dua tahun yang lalu, Ramadan kali ini sudah mulai seperti normal nih. Kalau tahun lalu, di masa pandemi yang masih ketat, bukber di restoran mungkin tidak perlu booking. Kamu tinggal datang dan langsung menempati tempat. Namun, untuk Ramadan kali ini kamu musti melakukan booking atau pemesanan tempat. Bahkan ada restoran yang sudah dibooking jauh-jauh hari lho.

Maka dari itu, tips bukber yang pertama adalah usahakan booking minimal H-3. Tapi, sebelum melakukan pemesanan, pastikan peserta bukbernya sudah lengkap ya. Setelah melakukan pemesanan tempat, jangan lupa juga untuk memesan menu minimal pada pagi harinya agar ketika kamu sampai makanan sudah disiapkan.

2. Pilih restoran yang luas dan lengkap fasilitasnya

Setelah memastikan berapa orang yang akan ikut dalam acara bukber, kamu bisa menentukan tempatnya. Kalau yang ikut banyak, maka pilihlah restoran yang punya kapasitas luas. Dengan demikian, kamu bisa leluasa untuk ngobrol tanpa harus takut mengganggu pengunjung yang lain. Selain itu, restoran dengan area yang juga lebih nyaman dan kamu pun bisa menjaga protokol kesehatan.

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah pastikan restoran tersebut memiliki fasilitas lengkap, mulai dari area parkir yang lega, toilet yang bersih, sampai ruang bermain anak.

3. Menu Ramadan lebih murah

Biasanya ketika memasuki bulan Ramadan, hampir setiap restoran memiliki menu khusus, yakni menu Ramadan. Bedanya apa? Menu Ramadan terkadang memiliki banderolan harga yang lebih murah dibanding paket di hari biasanya. Kalaupun tidak lebih murah, biasanya menu Ramadan hadir dengan makanan atau minuman yang berbeda, bisa jadi lebih enak. Atau ada juga nih restoran yang menyediakan gratis takjil, seperti kolak atau teh manis hangat. Menarik, bukan?

Baca Juga: Siap-siap Lebaran, Simak 8 Tips Mudik Jarak Jauh dengan Mobil

4. Datang tepat waktu

Kebiasaan orang Indonesia adalah jam karet. Untuk tips bukber berikutnya yang tidak kalah penting adalah usahakan datang tepat waktu. Jika memang kamu memesan slot untuk bukber jam 17.00 usahakan datang tepat waktu. Sebab jika kamu datang terlambat, bisa jadi nanti tempat tersebut akan dialihkan ke orang lain. Atau datang terlambat akan menjadi terburu-buru. Obrolan pun jadi tidak menyenangkan karena masing-masing orang akan sibuk dengan makanan atau minuman buka puasanya.

5. Tetap jaga prokes

Tips bukber berikutnya tetap waspada terhadap virus Corona. Meski aturan PPKM kini sudah mulai dilonggarkan, kamu tetap jangan lupa senantiasa menaati protokol kesehatan (prokes) ya. Tetap kenakan masker selama perjalanan dan sebelum makan. Cuci tangan yang bersih sebelum makan. Dengan senantiasa menaati prokes, maka kegiatan bukber akan terasa lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Bukber di Depok, Langsung Dibooking Maszeeh!

Exit mobile version