Tips Cari Kerja Buat Fresh Graduate, Nomor 3 Suka Luput Perhatian

tips cari kerja untuk fresh graduate

Mencari pekerjaan menjadi hal yang tidak mudah bagi setiap orang, termasuk bagi para fresh graduate yang notabene minim pengalaman kerja. Karenanya, buat kamu yang baru saja lulus kuliah alangkah baiknya untuk menyimak sejumlah tips mencari kerja.

Selepas lulus dari kuliah, para fresh graduate biasanya akan dihadapkan oleh kenyataan bahwa mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Meskipun, banyak dari perusahaan yang mau menerima fresh graduate, mereka pun akan bersaing dengan banyak sekali para pencari kerja lainnya, termasuk juga mereka yang sudah berpengalaman.

Baca Juga: 5 Situs Bikin CV Gratis Buat Para Pencari Kerja

Oleh karena itu, buat kamu yang sekarang sedang mencari kerja, berikut ini tips mencari pekerjaan bagi para fresh graduate agar cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tips Cari Kerja Buat Fresh Graduate

1. Kenali Potensi Diri

Tips cari kerja pertama yang harus kamu ketahui adalah coba untuk mengenali potensi diri. Sebab tidak semua lulusan mengentahui apa keinginan dan kemampuannya setelah beberapa tahun mengenyam pendidikan di kampus. Maka dari itu, setelah kamu lulus dari kuliah, coba untuk berpikir sejenak, kira-kira bidang apa yang kamu kuasai.

Bidang yang dimaksud pun tidak semuanya terkait bidang yang kamu pelajari selama duduk di bangku kuliah. Kamu juga bisa menguasai bidang ilmu lain di luar kampus yang bisa kamu pelajari secara otodidak maupun mengikuti kelas profesional.

2. Bikin CV yang menarik

Setelah mengetahui apa yang menjadi passion kamu, tips cari kerja berikutnya adalah membuat Curriculum Vitae atau CV. Ya, CV menjadi salah satu dokumen penting yang wajib dibuat oleh pelamar kerja. CV yang menarik akan menjadi nilai tambah bagi pelamar.

Jangan membuat CV yang bertele-tele karena biasanya HRD akan malas untuk membacanya. Bikin yang simple dan tunjukkan kemampuanmu dalam CV tersebut. Ada banyak situs bikin CV gratis yang bisa kamu kunjungi, seperti Canva, Resume.io, VisualCV, dan lain-lain.

3. Gunakan alamat email yang proper

Kamu pasti punya banyak email, bukan? Nah, di antara email yang kamu miliki, pilih salah satu email yang proper. Maksud proper di sini adalah jangan menggunakan email dengan nama nyeleneh untuk melamar pekerjaan. Gunakan email yang formal, misalnya menggunakan nama asli. Dengan menggunakan email yang sesuai dengan nama asli, maka akan mempermudah kinerja HRD dalam menyortir lamaran.

Baca Juga: Kerjaan Numpuk Tak Kunjung Kelar, Intip 5 Kiat Hindari Rasa Suntuk

4. Manfaatkan aplikasi pencari kerja

Di era digital seperti saat ini, mencari kerja nggak sesulit zaman dahulu. Sekarang ini sudah ada yang namanya aplikasi pencari kerja, mulai dari Jobstreet, Glints, Indeed, dan lainnya. Situs tersebut akan menampilkan jenis pekerjaa sesuai dengan minatmu. Kamu tinggal mencari pekerjaan berdasarkan kata kunci, misalnya marketing, akuntan, dan lainnya. Banyak pula aplikasi pencari kerja yang akan memberikan rekomendasi sesuai passion kamu.

5. Manfaatkan media sosial

Sekarang ini mencari pekerjaan nggak hanya dari situs atau aplikasi pencari kerja. Media sosial pun sudah banyak yang dijadikan alat bagi perusahaan untuk mencari karyawan. Namun, satu hal yang perlu kamu waspadai bahwa berhati-hatilah dalam mencari pekerjaan di internet. Sebab, jika salah sedikit kamu bisa terjebak dalam penipuan berkedok lowongan pekerjaan.

Exit mobile version