Tips dari Pelaku UMKM Jayapura dalam Menjaga Kualitas Produk

Tips Menjaga Kualitas Produk – Memulai sebuah usaha sendiri menjadi impian bagi sebagian orang. Meski demikian, untuk menjalankan usaha memang dibutuhkan mental yang kuat. Menjalankan usaha mungkin tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Ada kalanya pelaku usaha harus tetap menjaga kualitas dari produk atau pun jasa yang ditawarkan. Menurunnya kualitas produk maka akan membuat brand image dari produk yang kamu buat menjadi menurun. Tentu kamu tidak ingin bukan brand image dari produk yang sudah susah payah kamu buat menurun?

Baca Juga: Cara JNE Riuhkan Ultah Bekasi dengan Semangatkan UMKM Lokal

Melalui kegiatan webinar JNE Ngajak Online 2021 bertema Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Jayapura, para peserta memberikan berbagai macam tips bagaimana menjaga agar kualitas produk tidak menurun. Event yang diselenggarakan secara online dengan mengangkat tema UMKM Kota Jayapura ini menjadi satu dari rangkaian event webinar yang diselenggarakan oleh JNE sepanjang tahun 2021.

Paris Aza Bumbungan selaku pemilik brand pakaian anak muda Noken Clothing mengatakan bahwa untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang kita jual harus menentukan terlebih dahulu standar kualitas di awal memulai bisnis.

tips menjaga kualitas produk ala teman-teman UMKM Jayapura

“Memang sebelum kita terjun, kita sudah harus punya standar dahulu yang menurut kita bagus. Kita akan pakai standar itu untuk meningkatkan kualitas demi kualitas. Jadi, pastikan dahulu standarnya, bagimana kualitas tersebut bisa memuaskan pelanggan,” tutur Paris.

Sementara itu Yamin Rachman selaku pendiri Sambal Baba Papua juga berbagi tips mengenai bagaimana menjaga kualitas produk, terutama untuk produk makanan. Sambal Baba Papua sendiri merupakan produk kuliner berupa sambal yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Jayapura.

Dalam membuat Sambal Baba Papua, Yamin dan tim sudah terlebih dahulu menentukan gramasi bahan pokok sambal tersebut. Gramasi tersebut menurutnya harus selalu sama setiap kali membuat sambal dari waktu ke waktu.

“Ketika kita sudah tahu kualitas ini bagus dan sudah dilempar ke pasar, pastikan bahwa kita memiliki SOP dalam proses memasak, produksi, maupun packaging. Sehingga identitas, rasa, dan kualitas akan tetap terus sama dan tidak akan pernah berubah,” terangnya.

Baca Juga: Begini Cara JNE Jayapura Dukung Pelaku UMKM

Menimpali Paris dan Yamin, Branch Manager JNE Jayapura Rusmal Jaya juga memberikan tips seputar menjaga kualitas produk pelaku UMKM agar tidak menurun. Menurut Rusmal, kunci untuk menjaga kualitas produk adalah kerap melakukan inovasi.

Rusmal pun memberikan contoh salah satu pelaku UMKM yang ada di Jayapura yang bergerak di bidang pakaian. Selama pandemi omset pelaku UMKM tersebut menurun, namun akhirnya Ia mencari solusi dan berinovasi dengan berjualan gantungan masker.

“Itu luar biasa. Katanya omsetnya bisa mencapai Rp20 juta per bulan. Nah itu yang saya bilang harus melakukan inovatif-inovatif,” pungkas Rusmal.

Baca Juga: Sederet Keuntungan Bisnis Online Bagi UMKM

Exit mobile version