Tips Dasar Memulai Bisnis Online yang Terbukti Moncer

Ilustrasi Online Seller.

 

Seperti diketahui, pandemi membuat banyak perubahan. Tak hanya dari sisi kehidupan sehari-hari, namun juga dalam cara berbisnis yang saat ini mayoritas polanya bertransmigrasi ke ranah online.

Tak heran bila persaingan penjualan online pun langsung tiba-tiba ketat seketika. Karena itu, para pelaku yang baru saja mulai merambah juga memerlukan strategi khusus agar bisa survive dan berkembang.

Nah buat yang baru terjun mencoba untuk menggeluti bisnis online atau berjualan online, ada beberapa tips sederhana yang mungkin sangat dasar untuk diperhatikan agar tak kagok ketika melakoninya.

BACA JUGA : Tips Bisnis Online ala Owner Alya Hijab

Cermati

Hal paling utama adalah mencari dan melihat apa yang dibutuhkan pasar. Hal ini sangat penting dilakukan agar bisa menentukan ke langkah berikutnya.

live streaming huawei e-commerce
Woman in cafe shopping online with laptop

Lakukan riset terhadap pasar lebih dulu dengan melihat beragam kemungkinan dari sisi jasa dan produk yang memang sedang tren. Hal ini bisa dikulik secara online atau media sosial, bila sudah menemui tinggal mengatur strategi selanjutnya.

Pilihan Produk

Selanjut memang mengarah pada bisnis apa yang akan digeluti termasuk soal pilihan produknya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan riskonya juga bila ingin berkompetisi dengan produk yang sama.

Konsumen

Melihat target konsumen bisa menjadi cara palin jitu setalh melakukan riset dan mengentukan produk. Walau memang agak sulit melihat siapa paling banyak calon pembelinya karena dilakukan secara online, tapi hal ini wajib dilakukan agar bisa menemukan sasaran yang tepat.

BACA JUGA : Cara Kembangkan Bisnis Online Lewat Fitur Telegram

Model Bisnis

Memulai bisnis dari nol di dunia online, tentu juga dibutuhkan sisi model dari pelaksanaannya. Contoh, bila tak memuliki banyak uang dalam membuat bisnis online, cara yang bisa dilakukan memilih model dropshipping atau reselling.

Promosi

Cara ini lazin bahkan hukumnya wajib dilakukan bagi para pemula yang baru terjun menggeluti bisnis online. Ini juga menjadi hukum dasar, semakin menggoda maka semakin pula menandatangkan minat dari konsumen.

 

Exit mobile version