Tips Hemat Listik Bagi Rumah yang Gunakan AC

ilustrasi gambar untuk remote AC

 

Salah satu pertimbangan saat akan memasang AC atau atau bagi yang sudah menggunakannya adalah biaya listrik yang membengkak. Apalagi AC sudah seakan menjadi kebutuhan umum yang penting di aplikasi pada setiap rumah, bahkan tiap kamar tidur.

Karena itu, wajar saja bila pengguna AC atau yang akan memasang lebih dulu memikirkan biaya pengeluaran listrik tiap bulannya. Hal tersebut cukup wajar, karena penggunaan pendingin ruangan tersebut cukup membutuhkan banyak daya yang berimbas pada argo listik yang menanjak.

Namun demikian, sebenarnya ada beberapa tips agar bisa menekan biaya pengeluaran listrik karena AC, dengan demikian, otomatis bisa menghemat dana. Cara-cara yang dilakukan sebenarnya lebih menyangkut soal kebiasaan saja, yang bila diterapkan sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat, yakni :

– Hilangkan kebiasaan buruk

Salah satu penyebab daya listrik AC meningkat adalah kegiatan yang sering menyalakan dan mematikan AC. Tanpa disadari, hal tersebut justru memberikan efek negatif karena menyedot daya yang cukup besar.

BACA JUGA : Wih, Modal Goceng Sudah Bisa Beli Token Listrik

Kebiasaan ini dilakukan sebagian orang ketika suhu ruangan sudah cukup dingin dan mematikan AC dengan harapan bisa menghemat daya. Padahal jurus tersebut justru salah, karena dengan mematikan dan nantinya menghidupkan kembali, justri bisa meningkatkan beban kompresor bekerja yang berimbas pada penggunaan listrik lebih besar.

– Bikin ruangan langsung sejuk

Tips berikutnya adalah pantang untuk mengejar suhu ruangan langsung dingin yang bisanya dilakukan dengan menaikkan suhu lebih cepat. Padahal cara tersebut tentu membutuhkan daya listirik yang tinggi.

Karena itu, lebih baik set disuhu normal seperti di 23 derajat sampai 25. Lebih baik lakukan 30 menit sebelum masuk ke ruangan, dengna begitu udara sejuk sudah mulai terasa, dan biarkan stabil sampai pagi.

BACA JUGA : Tips Perawatan Rem Cakram Motor Mudah

Tak perlu diturunkan untuk mendapatkan udara sejuk, karena saat kita tidur dengan kondisi suhu di kisaran 25 derajat sudah cukup terasa dingin. Hal itu tak lepas lantaran suhu badan kita juga akan turun secara otomatis ketikan tidur.

– Jaga suhu stabil

Masih berkaitan dengan sebelumnya, pengguna AC juga cuku penting untuk bisa menjaga kestabilan suhu. Caranya dengan tidak sering menaikkan atau menurunkan suhu pada pendingin udara tersebut.

Gunakan AC dengan suhu tinggi, misal seperti 25-28 derajat yang dianggap ideal untuk membuat udara sejuk dan nyaman, dan jagan menurunkan lagi karena bisa membuat konsumsi listrik bertambah. Dari hasil survei menunjukkan, bahwa setiap peningkatan AC sebesar 1 derajat C dapat menghemat sekitar 7 hingga 10 persen listrik.

– Pelihara AC

Hal ini juga tak kalah penting untuk dilakukan. Sama seperti menggunakan kendaraan yang bila pada periode tertentu perlu dilakukan perawatan berkala agar kondisinya tetap prima dan bekerja optimal, AC pun demikian.

BACA JUGA : Pengadaian dan Kustomfest Siap Gairahkan UMKM Otomotif

Bagi pengguna AC, jangan malas untuk melakukan perawatan seperti membersihkan saringan udara sampai memantan kadar freon untuk memastikan kerja AC optimal. Karena bila tidak tentu kompresor akan bekerja ekstra yang membuat daya listik juga meningkat.

Exit mobile version