Tips Jadi Shoutcaster Andal, Nggak Sekadar Komentar

Kamu tahu shoutcaster kan? Itu lho yang kerjaannya berkomentar kalau pertandingan esports atau game sedang berlangsung. Nah, kalau kamu punya cita-cita jadi shoutcaster, wajib tahu tips jadi shoutcaster.

Semakin berkembangnya industri esports di Indonesia, semakin dibutuhkan profesi seorang shoutcaster. Ya, belakangan profesi ini tengah menjadi incaran oleh sejumlah kalangan, khususnya para gamer.

Bahkan profesi ini tak kalah hype dengan profesi pro player itu sendiri. Mungkin kalau skill game kamu tidak terlalu jago, kamu bisa banting stir jadi shoutcaster.

Nah, melalui event DG Fest 2021, Dunia Games dan Telkomsel menggelar talkshow bertajuk “Karir Sebagai Shoutcaster? Kenapa Engga?”. Dalam sesi talkshow tersebut, Dunia Games mengupas tuntas tips menjadi shoutcaster bersama para shoutcaster andal. Penasaran kan apa saja tips jadi shoutcaster andal? Simak informasinya berikut!

Baca Juga: Tips Raih Jumlah Audiens di Momen Mega Sales TikTok

Mau Jadi Shoutcaster Game? Ikutin Nih Tipsnya!

1. Perdalam Pengetahuan Game

Tips jadi shoutcaster yang paling dasar banget adalah pahami dulu game yang akan kamu bawakan. Semisal kamu mau jadi pembawa acara game Free Fire, maka kamu wajib paham betul secara detail game Free Fire. Begitu juga dengan game lain, seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile.

Karena dengan memahami game tersebut, maka hal tersebut akan membantu kamu dalam memberikan komentar selama pertandingan berlangsung. Menguasai sebuah game juga bisa memberikan bahan analisa kamu terhadap pertandingan.

2. Perdalam Pengetahuan Tim dan Pro Player

Selain menguasai detail game yang akan kamu bawakan, kamu juga perlu nih menguasai pengetahuan tentang tim dan pro player. Karena esports ini sudah seperti olahraga lain. Para penggemarnya esports juga ingin mengetahui kabar dari tim atau pemain kesayangannya.

Jadi, kalau kamu paham kabar atau isu seputar pro player, maka akan sangat membantu kamu dalam membawakan pertandingan. Bukan cuma gosip, kamu akan paham dengan gaya permainan setiap pro player.

3. Belajar Public Speaking

Tips berikutnya yang juga berkaitan dengan skill wajib shoutcaster adalah punya keberanian untuk berbicara di depan umum atau public speaking yang bagus. Soalnya, kalau kamu tidak punya skill untuk public speaking, maka khawatirnya nanti kamu bisa gagap selama pertandingan berlangsung.

Skill ini sejatinya dapat diasah seiring berjalannya waktu. Mulai dulu untuk ngomong di depan kaca. Jika sudah lancar, mulai coba untuk mengomentari pertandingan teman, lalu beralih ke tingkat kompetisi skala kecil.

Baca Juga: 4 Tips Membuat Konten OOTD yang Awesome ala Marsha Aruan

4. Bikin Karakteristik Tersendiri

Seorang shoutcaster akan dikenal jika ia memiliki karakteristik yang unik. Kamu ingat kan Valentino Simanjuntak yang terkenal dengan jargon “Jebret”? Nah, sama seperti komentator sepak bola, caster pun harus punya ciri khas tersendiri.

Untuk awal-awal, mungkin kamu bisa meniru gaya pembawa acara yang lain. Tapi, lambat laun kamu harus bisa tentukan ciri khas kamu yang beda dari yang lain. Kalau kamu punya ciri khas unik, tidak menutup kemungkinan kamu akan dikenal cepat.

5. Ikut Ajang Pencarian Bakat

Menjadi caster dewasa ini tidak lah susah. Ada banyak sekali ajang pencarian bakat untuk mencari shoutcaster andal. Bahkan beberapa game secara resmi ada yang mengadakan ajang pencarian bakat lho, seperti PUBG Mobile Campus Championship dari game PUBG Mobile. Lalu ada juga Caster Hunt yang diadakan oleh game Free Fire.

Selain mengikuti ajang pencarian bakat, kamu juga perlu memperluas pergaulan. Caranya adalah dengan aktif di berbagai komunitas game dan mencoba untuk menawarkan diri menjadi caster.

Baca Juga: 4 Tips Menjadi Smart Parents di Masa Pandemi

Exit mobile version