Hampers Ramah Lingkungan, Dua Ide yang bisa Dicoba!

hampers ramah lingkungan bisa dijadikan salah satu opsi dan ide bisnis untuk berjualan

Hampers ramah lingkungan. Foto: Istimewa.

Saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri, permintaan terhadap hampers selalu tinggi.  Dari tahun ke tahun, Hampers menjadi salah satu cara yang paling umum untuk mengungkapkan silaturahmi kepada rekan kerja, mitra bisnis, sampai dengan keluarga.

Demi meminimalisir potensi meningkatnya tumpukan sampak yang berasal dari produk hampers, dibutuhkan kepedulian lingkungan dari pelaku usaha. Salah satu solusinya dengan menerapkan prinsip ramah lingkungan pada produk atau dekorasi hampers.

Baca juga: Lima Ide Jualan Online di Bulan Puasa

Berikut tips jualan hampers online yang ramah lingkungan :

1. Kemasan ramah lingkungan sesuai prinsip 4R

Kemasan ramah lingkungan adalah yang menerapkan prinsip 4R yakni reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurporse (bisa dipakai kembali untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang).

Pelaku usaha dapat menggunakan kemasan nonplastik seperti toples kaca. Sementara untuk pembungkus barang-barang pecah belah dapat memanfaatkan paper bubble wrap dan kertas cacah.

2. Daur ulang hampers

Pelaku usaha yang baik adalah yang mengajak konsumennya pada kebaikan. Terkait ini, penjual dapat menyelipkan catatan kecil yang berisi imbauan bagi pelanggan untuk mendaur ulang produk hampers. Catatan sederhana ini secara tak langsung mengedukasi pelanggan pada persoalan lingkungan.

Baca  juga: Atur Asupan Gula agar Tubuh Tak Mudah Lepas saat Ramadan

Exit mobile version