Tips Kencan Online yang Aman Agar Tidak Tertipu

viral pria india ditolak lamaran, simak tips kencan online

Belakangan viral pria asal India bernama Asib Ali Bhire yang harus menelan pil pahit lantaran lamarannya kepada wanita asal Indonesia, yakni Syarifah Khaerunnisa ditolak mentah-mentah. Padahal, Ali sudah jauh-jauh datang dari India untuk menemui Syarifah.

Kedatangan Ali Indonesia merupakan yang pertama kalinya. Diketahui keduanya berkenalan melalui platform online, yakni WhatsApp, dan menjalin hubungan secara online selama kurang lebih setahun.

Hubungan keduanya bisa dibilang serius, hingga Ali yang berasal dari kota Lucknow, negara bagian Uttar Pradesh, India, pun memutuskan untuk menemui Syarifah. Namun sayang, malang tak dapat ditolak. Setibanya di kampung halaman Syarifah di Wajo, Sulawesi Selatan, Ali mendapat penolakan dari orangtua Syarifah. Usut punya usut, penolakkan terjadi lantaran Syarifah telah dijodohkan dengan pria lain.

Apa yang menimpa Ali bisa menjadi sebuah pelajaran yang bisa kita petik saat berkencan secara online. Di era digital seperti saat ini ada banyak sekali platform kencan online yang beredar. Nah, agar tidak terulang, berikut ini ada sejumlah tips kencan online yang dirangkum dari berbagai sumber.

Tips Kencan Online Aman

1. Masukkan informasi seperlunya

Saat bermain dating apps, hal pertama yang musti kamu pelajari adalah bagaimana memasukkan informasi yang seperlunya. Kamu tidak perlu memasukkan informasi lengkap yang mungkin bersifat rahasia. Cukup masukkan nama panggilan, hobi, dan sebagainya. Jangan masukkan informasi akun media sosial dan informasi penting lainnya seperti nama lengkap, tanggal lahir, atau bahkan tempat tinggal. Hal ini karena berpotensi menjadi pemanfaatan dari pelaku kejahatan siber.

2. Cek foto profil

Jangan pernah tergoda dengan paras sebuah foto profil di online. Cek lebih dalam fotonya, bisa saja itu menggunakan foto orang lain. Kamu mungkin bisa memanfaatkan Google Search by Image. Cek juga apakah orang tersebut hanya menggunakan satu foto profile atau bahkan tidak ada sama sekali.

3. Jangan buru-buru kencan offline

Setelah kamu berkenalan dengan lawan jenis di aplikasi kencan, maka tips kencan online yang berikutnya adalah jangan terburu-buru untuk bertemu secara langsung. Hal ini juga berlaku untuk jangan terburu-buru pindah ke aplikasi chatting, seperti WhatsApp. Pergunakan fitur chat di aplikasi kencan sebaik mungkin untuk menggali informasi dan berkenalan lebih dalam dengan teman kencanmu. Selagi berkenalan, usahakan juga jangan terlalu terbuka dengan informasi pribadimu.

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini Trik Jitu Tambah Followers TikTok

4. Waspada love bombing

Tips kencan online berikutnya adalah waspada terhadap love bombing. Love bombing adalah kondisi di mana kamu terlalu mendapat banjiran perhatian dan kasih sayang di awal kencan. Biasanya orang yang mendapat love bombing akan cepat baper dan akan membuatmu ingin segera menemui sosok tersebut. Namun, jika memang sudah berjalan selama beberapa bulan, kamu bisa menilai apakah ia benar-benar tertarik denganmu atau tidak.

5. Kencan di tempat umum atau ramai

Jika semua persiapan sudah matang dan kamu sudah memantapkan diri ingin bertemu dengan orang tersebut, maka tips kencan berikutnya adalah usahakan untuk memilih tempat umum atau ramai saat bertemu untuk pertama kalinya. Namun, sebelum memutuskan untuk bertemu kamu bisa mengecek keabsahannya melalui panggilan video. Dari panggilan video tersebut kamu bisa menilai apakah orang tersebut sesuai dengan profile picture-nya atau tidak.

Baca Juga: Lengkapi Penampilanmu, Ini Cara Pilih Aroma Parfum Sesuai Acara

Exit mobile version