Tips Keselamatan dari KAI untuk Hindari Risiko Berbahaya

KAI rilis tips keselamatan pengguna kereta api dan stasiun

Keamanan dan keselataman penumpang kereta api menjadi perhatian khusus dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Oleh karenanya, KAI pun merilis tips keselamatan yang harus diperhatikan oleh pengguna kereta api.

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia, entah itu kereta api jarak jauh maupun kereta api commuter line. Meski demikian, KAI melihat masih cukup banyak dari masyarakat Indonesia, khususnya calon penumpang kereta api, yang masih menghiraukan sejumlah aturan keselamatan dalam memanfaatkan moda transportasi tersebut.

Sejatinya, dalam menggunakan kereta api ada peraturan-peraturan penting terkait keselamatan yang masih sering dilanggar. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dipatuhi oleh penumpang saat berada di stasiun kereta maupun di dalam kereta.

Baca Juga: Tips Cegah Pelecehan Seksual di Kereta Dari KAI

Beberapa Hal yang Harus Dipatuhi Selama Berada di Stasiun dan Kereta Api

Saat Berada di Stasiun

1. Perhatikan saat menyebrang

KAI mengimbau kepada penumpang untuk selalu waspada dan tidak boleh langah saat menyebrang di lintasan stasiun atau passenger crossing. Sebelum menyebrang pastikan kondisi dalam keadaan aman dengan cara menengok kanan atau kiri, serta mengikuti arahan dari petugas.

2. Perhatikan garis kuning

Saat berada di stasiun, kamu juga perlu memperhatikan garis kuning atau safety line yang berada di peron. Safety line merupakan penanda batas aman untuk menunggu kereta ketika berdiri dan menunggu kereta di stasiun. Berdiri melebihi batas safety line sangat berbahaya dan berpontensi kamu bisa terserempet kereta.

Baca Juga: Syarat Baru Naik Kereta Api Keluar Kota, Tak Perlu Antigen

3. Waspada celah peron

Tips keselamatan bagi penumpang kereta api adalah waspadai celan peron. Ketika kamu akan memasuki kereta dari peron, terdapat celah antar peron dan kereta. Nah, kamu harus memperhatikan langkahmu. Tidak jarang terjadi kasus penumpang kereta yang tidak sengaja terperosok masuk ke celah peron.

4. Hati-hati lantai licin

Lantai yang licin tentu akan berbahaya. sudah tidak memiliki keseimbangan yang baik bisa dengan mudah terpeleset karena lantai licin. Karenanya kamu juga harus memperhatikan papan penanda lantai licin yang biasa dipajang petugas keberihan apabila sedang bertugas.

Saat Berada di Dalam Kereta

5. Jangan berdiam di bordes

Saat berada di dalam kereta api atau commuter line, usahakan untuk tidak berdiam diri di bordes. Bordes adalah ruangan yang berada di ujung kereta untuk naik turun penumpang, ruangan ini juga menjadi akses untuk keluar masuk antar kereta. Berdiri di bordes kereta bisa membahayakan keselamatan.

6. Waspada pintu yang menutup

Kamu pasti sering melihat stiker waspada terjepit pintu bukan? Ya, imbauan ini berlaku bagi kamu yang ingin masuk atau keluar kereta. Jika untuk kereta jarak jauh, pastikan kamu telah menutup kembali pintu kabin kereta dan selalu berhati-hati agar tidak terjepit saat bergerak dari gerbong yang satu ke gerbong yang lain.

Itulah beberapa imbauan saat kamu menggunakan kereta api. Yuk bersama-sama kita jaga keselamatan!

Exit mobile version