Tips Liburan Akhir Tahun yang Aman di Masa Pandemi

tips liburan akhir tahun aman pandemi

Momen perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 tinggal menghitung hari. Sejumlah orang saat ini sepertinya sudah sangat tidak sabar dan tengah merencanakan aktivitas liburan akhir tahun. Hal ini wajar, mengingat momen libur akhir tahun sepertinya akan dimanfaatkan sebagai pengganti libur Lebaran 2020 yang terpaksa ditiadakan.

Meski saat ini sejumlah tempat wisata di tanah air sudah dibuka, pemerintah tetap mengimbau kepada masyarakat agar menghindari kerumunan dan tetap menjaga diri. Pasalnya, saat ini kasus virus corona di Indonesia, masih terus bertambah dan belum usai.

Namun, kalau kamu memang merasa suntuk dan butuh refreshing, tidak ada salahnya memang merencanakan aktivitas di libur panjang ini. Buat kamu yang ingin pergi berlibur di musim pandemi seperti saat ini, berikut tips liburan panjang di masa pandemi yang harus kamu simak!

Baca Juga: 5 Wisata Hutan Pinus Cantik Yang Berada Di Bandung

1. Pastikan tubuh sehat

(foto: Shutterstock)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksakan diri, apakah tubuhmu dalam kondisi yang sehat atau tidak. Pemeriksaan kondisi kesehatan ini penting di masa pandemi seperti saat ini. Karena jika kondisi tubuh tidak fit, maka tubuh akan gampang terserang penyakit. Jika memang kondisi tubuh tidak fit, sebaiknya tunda perjalanan liburan.

2. Pilih jadwal liburan

Selanjutnya apabila kamu dan keluarga semuanya dalam kondisi yang sehat, kamu tinggal tentukan jadwal liburan, kapan dan mau berapa lama kamu akan berlibur. Menentukan jadwal liburan juga penting untuk menyesuaikan tanggal berapa kira-kira tempat wisata tersebut ramai atau sepi dan juga menyesuaikan dengan jadwal pekerjaan.

Baca Juga: Bosan ke Borobudur? Cobain 5 Wisata Yogyakarta Ini!

3. Persiapkan dana liburan akhir tahun

(foto: Shutterstock)

 

Yang namanya pergi berlibur pastinya membutuhkan dana, bukan? Sesuaikan tempat liburanmu dengan dana yang kamu miliki. Jangan sampai liburanmu malah membuatmu stres karena tidak sesuai dengan dana yang kamu miliki atau malah bisa sampai menguras tabunganmu. Persiapkan berapa dana untuk menginap, transportasi, makan, hingga pergi ke tempat-tempat hiburan.

4. Pilih destinasi liburan akhir tahun yang aman

Berikutnya setelah kamu mengetahui dana yang kamu miliki, kamu tinggal pilih lokasi atau destinasi liburan yang aman. Maksud aman di sini adalah pilih destinasi wisata yang menyiapkan semua protokol kesehatan, mulai dari menyediakan tempat mencuci tangan atau hand sanitizer yang memadai, pembatasan pengunjung, dan juga perlu mengecek apakah masuk dalam zona hijau atau tidak.

5. Sebaiknya membawa kendaraan pribadi

(foto: Shutterstock)

Tips libuan akhir tahun yang aman berikutnya adalah sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi ketika bepergian. Untuk tips yang satu ini memang alangkah lebih bagus jika diterapkan ketika bepergian dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Menggunakan kendaraan pribadi akan terasa lebih aman ketimbang menggunakan kendaraan umum.

6. Siapkan dokumen wajib

Nah, jika kamu memang terpaksa menggunakan kendaraan umum, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen wajib sebelum libur panjang. Menurut Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020, masyarakat yang hendak bepergian menggunakan pesawat terbang dan kereta api harus menyiapkan dokumen bebas COVID-19 yang diperoleh melalui rapid test atau test PCR.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong di Jogja yang Wajib Disambangi

7. Lakukan pemesanan secara online

(foto: shutterstock)

Jangan lupa setelah semuanya siap, lakukan semua pemesanan secara online. Pemesanan yang dimaksud di sini adalah pemesanan tiket transportasi, pemesanan penginapan, hingga tiket untuk masuk ke tempat wisata. Pemesanan tiket secara online dimaksudkan untuk menghindari penumpukan antrean dan kerumunan. Sekarang pun sepertinya semua pemesanan tiket memang sudah dilakukan secara online.

8. Selalu membawa perlengkapan kesehatan

Tips liburan akhir tahun yang aman berikutnya adalah pastikan kamu dan keluarga senantiasa membawa perlengkapan kesehatan, seperti masker, face shield (jika diperlukan), dan hand sanitizer. Untuk masker, sebaiknya kamu membawa masker yang banyak, karena untuk diganti setiap harinya. Pastikan juga untuk membawa berbagai macam suplemen untuk menunjang agar daya tahan tubuh terjaga selama libur panjang.

9. Staycation

(foto: Shutterstock)

Tips berikutnya jika kamu mau liburan akhir tahun dengan aman, kamu bisa mencoba untuk staycation di hotel atau villa. Dengan staycation di hotel bersama keluarga, kamu tidak perlu khawatir akan keramaian. Kamu bisa menikmati berbagai macam fasilitas hotel yang disediakan selama berlibur di masa pandemi.

Baca Juga: Tips Agar Penerbangan Jarak Jauh Jadi Nyaman

Exit mobile version