Tips Liburan Akhir Tahun di Musim Hujan

Anti Lapar, Ini 5 Makanan dan Minuman Wajib Saat Musim Hujan!

Anti Lapar, Ini 5 Makanan dan Minuman Wajib Saat Musim Hujan!

Musim hujan telah tiba! Ya, masuk di penghujung tahun, sudah pasti Indonesia akan mendapat curah hujan yang intens. Karenanya, buat kamu yang ingin pergi liburan akhir tahun, kamu harus melakukan persiapan untuk mengatisipasi terjadinya hujan lebat.

Ya, liburan akhir tahun memang menyenangkan. Walaupun Indonesia masih terkena pandemi Covid-19, sebagian masyarakat pun sudah ada yang tidak sabar untuk merayakan libur akhir tahun. Pun demikian, kamu tetap harus waspada dengan taat menjalankan protokol kesehatan.

Nah, langsung aja nih buat kamu yang ingin liburan akhir tahun di musim hujan seperti saat ini, berikut tips liburan akhir tahun yang tepat untukmu.

Baca Juga: Libur Nataru Terapkan PPKM Level 3, Tapi Tanpa Penyekatan

Tips Berlibur di Musim Hujan

1. Cek prakiraan cuaca

Tips liburan akhir tahun di musim hujan yang pertama tentu saja adalah dengan mengecek prakiraan cuaca. Kamu bisa mengunjungi situs BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) untuk mengetahui apakah besok dan lusa hujan atau tidak. Nggak enak kan kalau lagi asik-asik liburan eh tau-tau hujan.

2. Sedia payung

Kamu pasti pernah dengar kan yang namanya pepatah ‘Sedia payung sebelum hujan’. Ada benarnya juga tuh pepatah. Di musim hujan seperti ini kamu harus siap sedia payung. Walau kamu sudah mengecek prakiraan cuaca, perlu diingat bahwa cuaca di Indonesia tidak menentu. Selain payung, buat kamu pengendara motor tentunya perlu membawa jas hujan.

3. Mengenakan pakaian yang nyaman

Masuk musim hujan, kamu juga perlu menyesuaikan pakaian. Biasanya sih musim hujan identik dengan hawa yang dingin. Maka dari itu, daripada kamu masuk angin, kenakan lah pakaian yang hangat, seperti crewneck, jacket, sweater, hingga hoodie. Kalau bisa pakaian yang tidak tembus hujan akan lebih baik. Jangan lupa juga bawa baju ganti siapa tahu pakaianmu basah.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Ada di Pecahan Uang Rupiah

4. Pilih tempat wisata indoor

Kalau musim hujan begini sih paling cocok liburan di tempat yang indoor atau dalam ruangan. Usahakan hindari tempat wisata yang luar ruangan karena mengurangi risiko terkena hujan. Kalau mau menginap, jangan camping dulu deh. Soalnya camping di musim hujan nggak enak banget. Selain becek, bahaya longsor juga mengancam lho.

5. Jaga kesehatan dan tetap taat prokes

Nah, tips yang terakhir ini penting banget buat kamu yang ingin pergi berlibur. Usahakan untuk senantiasa menjaga kesehatan. Kalau kamu merasa nggak enak badan, sebaiknya tunda dulu liburan kamu sampai benar-benar fit. Sediakan pula obat-obatan apabila di tengah liburan kamu merasa nggak enak badan.

Nah, itu dia tadi beberapa tips liburan akhir tahun yang bisa kamu terapkan di musim hujan ini. Tetap taati protokol kesehatan yang berlaku dengan mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan ya!

Baca Juga: 5 Vila di Puncak Bogor yang Punya Nuansa Seperti di Bali

Exit mobile version