Backpacking: Tips Liburan ke Luar Negeri Murah Seru

JNEWS – Biasanya, tips liburan ke luar negeri murah langsung diidentikkan dengan backpacking. Namun backpacking semurah apa pun tetap harus memperhatikan banyak hal, antara lain keamanan, kebersihan, dan legalitas. Menumpang sana sini bukannya tidak boleh, tetapi harus disertai dengan adab dan aturan yang baik. Pemula wajib melakukan riset sebanyak mungkin sebelum akhirnya memutuskan untuk berangkat.

Backpacking ke luar negeri bagi pemula itu sebelum mulai sudah ada satu masalah yang harus segera diselesaikan, yaitu visa. Tanpa tujuan dan kegiatan yang jelas, mustahil mendapatkan visa, kecuali ke negara-negara tetangga yang bebas visa, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Namun, tak ada salahnya mencoba backpacking negara-negara tersebut untuk memulainya.

Tips Liburan ke Luar Negeri Murah bagi Backpacker Pemula

Begitu keluar dari Indonesia, maka warga negara Indonesia harus mengikuti aturan, budaya, dan bahasa baru yang mungkin hampir sama atau malah berbeda sama sekali. Persiapan legalitas, dana, fisik, dan pengetahuan harus dilakukan dengan matang.

Berikut adalah tips liburan ke luar negeri murah, yang perlu diketahui dan direncanakan oleh backpacker pemula.

Tips Liburan ke Luar Negeri Murah Seru

1. Siapkan Legalitas Jauh-Jauh Hari

Legalitas yang dibutuhkan adalah paspor dan visa (untuk negara tertentu). Jika dokumen lengkap, paspor dapat dipersiapkan dalam waktu seminggu saja. Mungkin yang agak lama adalah mencari jadwal antre yang kosong secara online. Paspor adalah dokumen keimigrasian yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Siapa saja dapat mengurus sendiri tanpa perantara karena lebih murah dan langkah-langkahnya j uga cukup mudah.

Sedangkan visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang mengizinkan backpacker masuk ke negara tersebut. Pembuatan visa bisa berlangsung berbulan-bulan tergantung aturan negara yang bersangkutan, bahkan bisa ditolak. Karena itu, bagi pemula disarankan untuk memilih negara-negara yang tidak memerlukan visa lebih dahulu sembari mengumpulkan pengalaman dan catatan perjalanan ke luar negeri.

Sebelum perjalanan, pastikan semua surat-surat penting disimpan dalam dompet khusus tahan air dan ada soft copy-nya. Jaga agar paspor jangan sampai terlipat, tepercik air atau robek meski sedikit karena akan dianggap rusak dan harus ganti baru, yang berarti pengeluaran baru.

Baca juga: 15 Small Budget Hotel Terbaik di Asia Tenggara untuk Backpacker

2. Tiket Pesawat Dulu atau Tujuan Dulu?

Ada 2 tipe backpacker jika dilihat dari caranya membeli tiket pesawat untuk mendapatkan harga semurah mungkin.

Tipe backpacker pertama adalah yang menentukan tujuan lebih dahulu baru kemudian berburu tiket pesawat melalui travel fair yang sering diadakan di mal-mal Jakarta atau melalui promo di akun media sosial maskapai atau OTA (Online Travel Agent).

Tipe backpacker kedua adalah yang tidak peduli tujuan. Begitu ada maskapai yang banting harga langsung sikat. Dua-duanya tidak salah dan sama serunya.

3. Berburu Penginapan Murah

Tips liburan ke luar negeri murah berikut Ini membutuhkan riset yang teliti dengan memperhatikan ulasan pengunjung, baik di Google Map, OTA maupun komunitas backpacker.

Umumnya, di kota-kota destinasi wisata internasional terdapat penginapan model hostel, bunk bed, dormitory, atau kapsul yang berharga murah dan bersih meski harus berbagi ruangan dengan backpacker lain. Semuanya dapat dipesan secara online. Karena itu, sebagai pengalaman pertama, pilih kota-kota yang ramah turis lebih dahulu.

4. Boleh Nebeng atau Enggak?

Untuk nebeng kendaraan atau hijacking, sebaiknya tidak dilakukan karena tidak aman. Sedangkan untuk nebeng di rumah atau apartemen teman, wajib memperhatikan banyak faktor, antara lain apakah kenal dekat, tinggal bersama keluarga, unit apartemennya cukup luas, tidak terkendala secara finansial, dan sebagainya. Niat liburan adalah untuk bersenang-senang tetapi jangan sampai kesenangan tersebut menyusahkan atau mengganggu privacy orang lain.

Namun ada nebeng yang terorganisir, yaitu melalui layanan silaturahmi yang bernama Couchsurfing (CS). Dalam CS akan ada yang bertindak sebagai host dengan menyediakan tempat seadanya di rumahnya. Biasanya, si tamu hanya perlu membayar pengeluaran pribadi seperti makan, tetapi ada pula yang tidak, tergantung kemampuan host. Jaringan CS tersebar ke seluruh dunia.

Selain tips liburan ke luar negeri murah dengan nebeng seperti di atas, backpacker juga bisa nebeng tidur di bandara atau stasiun internasional yang relatif bersih dan aman. Namun backpacker harus melakukan riset terhadap aturannya karena ada yang menyediakan area khusus untuk backpacker seperti itu, ada pula menerapkan batasan-batasan tertentu.

5. Siapkan Dana Secukupnya

Lakukan budgeting lebih dahulu untuk menyesuaikan dengan kemampuan. Selain tiket pesawat dan penginapan, yang sering diirit adalah makanan. Beri bujet yang wajar, karena bagaimanapun asupan gizi tetap menjadi hal penting utama yang harus dipenuhi meski sedang melakukan perjalanan.

Hindari membawa semua uang dalam bentuk tunai. Bawa uang tunai secukupnya saja, termasuk mata uang asing. Mata uang asing dapat diambil melalui ATM setempat menggunakan ATM Indonesia dengan kurs yang tidak beda jauh tetapi minim risiko.

Umumnya toko dan restoran di kota-kota ramah wisatawan di dunia juga sudah bisa menerima pembayaran online, termasuk menggunakan kartu ATM dari bank di Indonesia. Hanya saja beberapa kartu ATM perlu diaktifkan untuk pembayaran luar negeri dulu di petugas Customer Service dari bank yang bersangkutan. Selain itu juga sudah ada digital banking.

6. Siapkan Perlengkapan Pribadi yang Tepat

Siapkan baju dengan bahan yang tidak terlalu tebal tetapi juga tidak tipis, mudah kering, dan tidak perlu disetrika. Sesuaikan dengan suhu di tempat tujuan dan cocok untuk semua kesempatan.

Wajib menyiapkan peralatan sanitasi seperti sabun yang bisa untuk sampo, pelembap kulit, pasta gigi hingga bidet jika perlu. Siapkan pula obat-obatan paling penting, seperti obat panas, flu, dan diare.

7. Pelajari Tips dan Trik dari Senior

Banyak backpacker berpengalaman yang suka berbagi tips dan trik di media sosial. Cari yang pernah datang ke kota atau negara tujuan yang sedang diincar. Umumnya tips liburan ke luar negeri murah dari mereka berisi informasi-informasi tentang gembok yang aman untuk ransel, imigrasi yang ketat, alat transportasi lokal yang murah, objek yang menarik, tempat belanja, tempat makan, dan sebagainya. Yang tak kalah penting adalah tips tentang bagaimana menghadapi warga lokal.

Baca juga: Panduan Lengkap Backpacker ke Australia: Tip dan Trik untuk Perjalanan Hemat

Tips liburan ke luar negeri murah sering dibagikan oleh banyak pihak. Namun harus diperiksa ulang apakah aplikatif atau tidak. Makan mi instan setiap hari selama perjalanan adalah salah satu contoh yang sebaiknya tidak dilakukan. Dengan persiapan yang matang, pengalaman pertama ini akan memberikan kenangan dan pengalaman manis yang berharga.

Exit mobile version