Tips Memasak Ketupat Supaya Cepat Matang

tips memasak ketupat lebaran idulfitri 1442 H

Lebaran di Indonesia biasanya selalu identik dengan menu makanan ketupat, tak ketinggalan di momen Idulfitri 1442 H tahun ini. Biasanya menjelang lebaran, para ibu-ibu di rumah sudah bersiap-siap untuk membuat ketupat sebagai teman makan opor dan sambal goreng ati. Meski demikian, dalam memasak ketupat kamu perlu memperhatikan tips memasak ketupat yang baik dan benar.

Tips ini dibutuhkan agar ketupat tidak gagal saat dibuat. Tidak sedikit memang yang menuai kegagalan saat memasak ketupat, seperti misalnya ketupat terlalu lembek atau tidak matang. Ada juga ketupat mudah basi ketika disimpan hanya beberapa hari.

Nah, melalui artikel di bawah ini kami akan memberikan tips memasak ketupat agar cepat matang dan tidak gagal. Simak terus ya!

Baca Juga: Tips Agar Ketupat Tidak Mudah Basi

1. Pakai Panci Presto

Tidak banyak yang mengetahui memasak ketupat bisa menggunakan panci presto, malah dianjurkan. Panci presto biasanya dipakai untuk mempercepat proses pematangan dari ketupat itu sendiri. Dalam memasak ketupat, biasanya kamu butuh waktu sekitar 3-4 jam, tergantung ukurannya. Tapi, kalau kamu pakai panci presto, memasak ketupat bisa dilakoni hanya dalam waktu 1 jam. Patikan juga untuk tidak membuka tutup panci setelah uap keluar.

2. Isi selonsong dengan porsi yang pas

Membuat ketupat caranya cukup mudah, yakni hanya dengan memasukkan beras ke dalam selongsong atau bungkus ketupat. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan tips memasak ketupat yang satu ini, di mana jangan memasukkan isian terlalu banyak atau sedikit. Kalau terlalu banyak, bisa mengakibatkan kurang matang. Kalau isi terlalu sedikit, nanti jadinya lembek. Cukup isi ketupat dengan porsi 2/3 bagian agar ada ruang bagi isian untuk mengembang.

Baca Juga: Tips Belanja Online di Momen Lebaran

3. Perhatikan cara dan waktu membuat

Cara memasak ketupat berikutnya adalah memperhatikan waktu pembuatan yang tepat, yakni dengan rumus 20-30-20-30. Lho apa itu? Jadi, pertama kamu masak ketupat di ari mendidih selama 20 menit menggunakan api sedang. Setelah itu matikan kompor dan diamkan selama 30 menit. Lalu masak lagi 20 menit dengan api sedang, kemudian ulangi matikan kompor dan diamkan selama 30 menit.

4. Jangan masukkan ketupat terlalu banyak ke dalam panci

Ketika memasak ketupat, sebaiknya jangan masukkan terlalu banyak ke dalam panci. Sebab, hal ini dapat memperlama proses memasak ketupat dan juga bisa membuat si ketupat matang tidak merata. Cara terbaik adalah memasukan ketupat setengah dari volume air yang dipakai untuk memasak. Contoh, kalau kamu pakai 2 liter air, maka volume ketupat yang dimasukkan cukup 1 liter saja.

Itu dia tadi beberapa tips membuat ketupat yang mudah dan agar cepat matang, dan yang terpenting matang dengan sempurna. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Sayuran Bayam Selama Ramadan ala Ayudia Bing Slamet

Exit mobile version