Tips Membeli Mesin Cuci, Awas Jangan Asal Pilih

Sama halnya dengan peralatan elektronik rumah tangga lainnya, mesin cuci juga menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan. Fungsinya tentu saja untuk membersihkan pakaian yang kotor.

Memiliki mesin cuci dalam rumah tangga menjadi kebutuhan wajib, terutama buat kamu yang tinggal di perkotaan. Walaupun memang saat ini sudah banyak penyedia jasa laundry. Namun, lebih aman memiliki mesin cuci sendiri karena pakaianmu tidak tercampur dengan pakaian orang lain.

Sekarang ini ada banyak sekali merk mesin cuci yang beredar di pasaran beserta tipenya. Nah, buat kamu yang ingin membeli mesin cuci, simak dulu tips membeli mesin cuci berikut ini!

Baca Juga: LG Fokus Kedepankan Pengalaman Gaming dengan TV OLED

Tips memilih mesin cuci

tips membeli mesin cuci
tips membeli mesin cuci

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips membeli mesin cuci yang pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Maksud dari sesuaika dengan kebutuhan adalah apaka kamu menggunakan mesin cuci untuk keluarga, sendiri, atau beramai-ramai.

Di samping itu, sekarang ini sudah banyak juga mesin cuci yang tidak hanya berfungsi sebagai pembersih, tapi juga pengering. Nah, kira-kira kamu butuh nggak yang sekalian pengering? Biasanya sih emang harganya lebih mahal.

2. Pilih berdasarkan kapasitas

Tips memilih mesin cuci berikutnya yang tak kalah penting adalah sesuaikan kapasitas. Balik lagi ke poin pertama, apakah kamu tinggal sendiri atau dengan keluarga. Berapa banyak jumlah anggota keluarga? Jika hanya bertiga, kamu bisa memilih kapasitas 6,5 kg.

Kalau dalam satu keluarga terdapat anggota lebih dari 5 orang, bisa juga pilih yang 8 kg atau 12 kg. Biasanya, berdasarkan kapasitas mesin cuci yang dipilih, kamu juga akan dihadapkan dengan pilihan konsumsi daya yang berbeda.

3. Beli sesuai dengan bujet

Hingga kini dua tipe mesin cuci berdasarkan jumlah tabung, yakni satu tabung atau dua tabung. Jika ingin mesin cuci yang terjangkau, kamu mungkin bisa memilih mesin cuci dengan satu tabung. Biasanya sih mesin cuci satu tabung bisa bekisar Rp1 jutaan. Tapi kalau yang dua tabung bisa lebih dari itu.

Selain tabung, perbedaan harga mesin cuci Sharp disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kapasitas, fitur, hingga material yang digunakan. Ada juga perbedaan dari bentuknya, apakah top loading atau front loading.

Baca Juga: Tips Hemat Listik Bagi Rumah yang Gunakan AC

4. Pertimbangkan garansi

Memilih mesin cuci jangan lupa untuk mempertimbangkan garansi. Ini lah mengapa kalau membeli mesin cuci sebaiknya yang baru. Namun, mesin cuci yang baru pun harus melihat bagaimana after sales yang ditawarkan oleh brand tersebut.

Umumnya garansi mesin cuci satu tahun. Bentuk garansinya pun berbeda-beda. Ada yang hanya garansi service, spare part, hingga penggantian unit baru. Intinya jangan sampai membeli mesin cuci tanpa garansi, karena kita tidak akan tahu bagaimana konsi mesin.

5. Beli di tempat terpercaya

Usahakan untuk membeli mesin cuci di tempat terpercaya. Jangan termakan embel-embel diskon. Ada penjual yang jujur, ada juga yang tidak. Jangan sampai kamu membeli produk yang rusak, karena akan merugikan kamu.

Kalau terpaksa membeli secara online, lihat bagaimana review dari pembeli sebelumnya. Apakah toko tersebut direkomendasikan atau tidak.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Harus Bongkar Pasang

Exit mobile version