Tips Membersihkan Beragam Jenis Jok Mobil

tips membersihkan jok mobil

Jok mobil adalah komponen utama yang mendukung kenyamanan dalam kabin. Agar semakin nyaman dalam berkendara, kamu pun wajib menjaga dan membersihkan jok mobil. Tak dipungkiri bahwa jok menjadi bagian yang mudah kotor dibanding komponen lain yang ada di dalam kabin mobil.

Ada banyak sekali noda yang tercipta di jok mobil, mulai dari noda makanan, minuman, sampai kotoran lumpur dari luar sekalipun. Meski kini sudah banyak bengkel atau tempat yang menawarkan jasa bersih-bersih jok mobil, kamu pun bisa membersihkan jok mobil sendiri.

Untuk membersihkan jok mobil, kamu perlu menyesuaikannya dengan jenis atau material jok mobilmu. Tentu cara membersihkan jok berbahan kulit dengan tenun berbeda, bukan? Nah, berikut ini adalah cara-cara merawat jok mobil sesuai dengan bahannya.

Baca Juga: Pilihan Mobil UMKM, Ada Cicilan Mulai Rp 2 Jutaan

Cara Mudah Merawat Jok Mobil

1. Membersihkan Jok kulit

Jok dengan bahan kulit sering dianggap sebagai yang paling bermutu di antara berbagai bahan jok lainnya. Bukan cuma nyaman dipakai, jok berbahan kulit juga terlihat lebih mewah dan sedap dipandang.

Memang, bila dibandingkan dengan bahan jok lainnya, jok kulit lebih mahal dari segi harga dan perawatannya. Namun, kamu tetap bisa kok membersihkan jok kulit sendiri di rumah. Caranya:

  1. Siapkan alat-alat, seperti plas chamois, lap kering, sikat, dan vacuum cleaner (penyedot debu) jika ada. Jangan lupa juga siapkan cairan pembersih dan kondisioner khusus untuk bahan kulit.
  2. Sebelum mulai membersihkan jangan lupa nyalakan dulu pemanas mobil. Bahan kulit biasanya bereaksi terhadap panas. Ini tergantung dengan situasi. Jika berada di tempat atau cuaca yang panas, tidak perlu menyalakan pemanas.
  3. Untuk langlah pembersihan, pertama-tama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan bagian jok dari kotoran dan debu. Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner akalau ada. Setelahnya bersihkan dengan plas chamois.
  4. Oleskan pembersih khusus tadi ke area yang ingin dibersihkan. Pastikan fokus pada satu bagian setiap kalinya. Gunakan lap berbahan lembut untuk menggosok pembersih ke jok. Bila sudah, pastikan bilas pembersih secara merata dengan air bersih
  5. Setelah jok dibersihkan, pastikan jok tersebut kering sebelum menggunakan kondisioner. Meski bahan kulit mampu menepis air secara alami, ia tidak akan menahan kondisioner kalau masih basah
  6. Untuk noda membandel, pakailah kondisioner. Oleskan kondisioner tadi pada noda dan gosok. Biarkan terlebih dahulu sekitar 30 detik, lalu lap pada bekas pembersih noda tadi.

Baca Juga: Mobil Tak Pakai saat Libur Lebaran, Gini Cara Merawatnya

2. Membersihkan Jok tenun

Berikutnya adalah cara membersihkan jok tenun. Untuk bisa membersihkan jok mobil berbahan tenun, kamu tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli cairan pembersih khusus seperti jok kulit. Kamu bisa mengandalkan cairan pencuci piring bahkan.

  1. Campurkan satu bagian air dengan satu bagian cairan pencuci piring ke dalam ember. Aduk merata lalu tuangkan ke botol penyemprot.
  2. Semprotkan campuran air tadi ke jok dengan jarak sekitar 15 cm sampai 20 cm.
  3. Gosok jok dengan lembut memakai sikat berbulu lembut. Setelah itu kamu tinggal bilas wilayah yang bernoda tadi dengan lap bersih dan menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk membilas lap sesering mungkin ya.
  4. Jangan sering berpindah-pindah tempat ketika membersihkan. Usahakan fokus pada satu noda atau wilayah terlebih dahulu. Jangan lupa bilas dulu setiap kamu mau pindah membersihkan wilayah lainnya.
  5. Jika sudah, kamu bisa pakai kain berserat mikro untuk mengeringkannya.
  6. Tips tambahan untuk membersihkan bulu halus dari binatang, kamu bisa menggunakan alat lint roller. Lint roller ini biasanya menggunakan kertas lengket seperti lem yang bisa dipakai untuk mengangkat remah dan bulu-bulu binatang.

3. Jok Vinyl

Membersihkan jok mobil dengan bahan vinyl biasanya paling mudah dibersihkan dibanding bahan jok lainnya. Jok jenis vinyl biasanya akan mudah melunturkan noda atau kotoran dengan sendirinya. Meski demikian, kamu juga jangan lengah dan harus membersihkan jok setiap saat.

  1. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih kaca untuk membersihkan jok vinyl. Semprotkan pembersih kaca pada dudukan jok dan lap dengan kain yang lembut.
  2. Bersihkan noda secara telaten satu per satu. Usahakan agar pembersih kaca tidak menetes ke lantai atau karpet mobil.
  3. Selain menggunakan pembersih kaca, kamu juga bisa mengunakan campuran baking soda dan air untuk membersihkan dan memoles jok vinyl.
  4. Campurkan kedua bahan tadi, gosok ke jok satu demi satu. Jika sudah rampung, silahkan bilas seluruh jok dengan sabun lembut dan air.
  5. Setelah dibilas tadi, kamu tinggal mengelap jok sampai kering dengan kain lembut yang bersih.

Baca Juga: Ban Mobil GT Radial, Intip 5 Kelebihan dari Produk Lokal Berstandar Balap Ini!

Itu dia tadi tips merawat jok mobil dengan berbagai macam bahan. Jangan sampai kotor karena akan memberikan rasa tidak nyaman dan mengurangi nilai jual kalau sewaktu mau dijual kembali

Exit mobile version