Tips Memilih Kursi Kereta agar Perjalanan Nyaman

JNEWS – Kereta api adalah salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Apalagi sekarang ini banyak pembaruan dari segi fasilitas oleh KAI membuat transportasi ini makin banyak diminati. Agar perjalanan semakin nyaman dan menyenangkan, calon penumpang harus mengetahui tips memilih kursi kereta.

Memilih kursi kereta sangat menentukan kenyamanan selama perjalanan. Pasalnya, di tiap jenis kelas kereta formasi kursi berbeda. Jadi, apabila salah memilih kursi, bisa saja perjalanan akan menjadi tidak nyaman karena jalannya mundur. Selain itu, ada banyak gerbong di kereta, jadi harus pintar memilih agar tidak dekat dengan bagian mesin.

Barangkali ada yang menganggap, masalah memilih kursi adalah hal sepele, padahal ini penting diketahui oleh para calon penumpang. Terlebih bagi yang pertama kali naik moda transportasi ini.

Ketahui Tips Memilih Kursi Kereta

Ada banyak alasan mengapa masyarakat menjadikan kereta api sebagai transportasi favorit. Alasan utama adalah harganya yang terjangkau dan cenderung stabil walaupun peak season. Khusus di Pulau Jawa, kereta api banyak menjangkau daerah-daerah kecil sehingga memudahkan mobilitas masyarakat. Selain itu, selama perjalanan, penumpang akan menikmati pemandangan alam yang memesona dari tiap kota yang dilewati.

Merencanakan perjalanan dengan menggunakan transportasi ini harus dipikirkan secara matang. Apalagi dalam hal memilih kursi. Berikut ini beberapa tips memilih kursi kereta bagi calon penumpang yang bisa diterapkan.

Tips Memilih Kursi Kereta agar Perjalanan Nyaman

1. Ketahui Jenis Kelas Kereta Api

Sebelum membeli tiket, sebaiknya ketahui jenis kelas kereta api. Berikut ini jenis kelas kereta api dengan detail kursi sebagaimana dikutip dari cuitan di akun X resmi Kereta Api Indonesia, @KAI121, pada tanggal 10 Mei 2023.

Kelas Ekonomi

Untuk kelas ekonomi, total ada 106 tempat duduk jenis long seat dengan AC split. Adapun konfigurasi tempat duduknya yaitu 3-2 (A,B,C – D,E). Untuk tempat duduk A & E posisi di jendela, C & D posisi di lorong dan B di tengah antara A & C. Formasi tempat duduknya saling berhadapan adalah ganjil genap (contoh 11 ABC dengan 12 ABC atau 13 DE dengan 14 DE). Saat akan memilih kursi di aplikasi Access by KAI ditandai dengan kode EKO.

Kelas Eksekutif

Di kelas eksekutif terdiri dari 13 baris. Total ada 50 tempat duduk dengan model individual seat yang dipisahkan oleh arm seat yang bisa disesuaikan (naik atau turun). Adapun formasi tempat duduknya 2-2 (A-B dan D-C), ada kursi single seat di nomor 1C dan 13B. Untuk tempat duduk A dan D di jendela, B dan C di posisi lorong. Kursi di kelas eksekutif bisa direbahkan (reclining seat), diputar arahnya (revolving seat), dan ada pijakan kaki.

Kelas Bisnis

Jumlah tempat duduk ada 64. Untuk formasinya yaitu 2-2 (A,B – C,D). Untuk tempat duduk A&D posisinya di jendela, B & C di lorong. Tempat duduknya menghadap searah perjalanan kereta api dan bisa diatur juga untuk saling berhadapan.

Kelas Luxury

Jenis kelas kereta api ini sangat mengutamakan kenyamanan. Untuk kereta api luxury atau sleeper train generasi pertama kapasitasnya 18 tempat duduk. Selain empuk, bisa juga disandarkan dengan kemiringan 170 derajat. Fasilitasnya pun memadai seperti pembatas antar penumpang, entertainment on board, laci penyimpanan, headphone, lampu baca, dan stop kontak.

Untuk kereta api luxury generasi kedua berkapasitas 26 tempat duduk. Fasilitasnya kurang lebih hampir sama tapi yang generasi kedua bisa disandarkan hingga 140 derajat. Selain itu, di kelas ini penumpang mendapatkan makan berat sekali, camilan, dan minuman.

Baca juga: 7 Kereta Eksekutif Jakarta Jogja dan Fasilitasnya

2. Rumus Ganjil dan Genap

Tips memilih kursi kereta yang efisien berikutnya adalah menggunakan rumus ganjil dan genap. Pasalnya, untuk kereta ekonomi kursinya tidak bisa diputar dan akan ada kursi yang jalannya mundur selama perjalanan.

Untuk itu calon penumpang perlu menerapkan rumus ini. Apabila akan menggunakan kereta ke arah timur, maka pilihlah angka ganjil. Sebaliknya, apabila akan naik kereta arah barat, pilih angka genap. Dengan demikian, calon penumpang akan mendapatkan kursi yang searah dengan laju kereta.

3. Hindari Duduk di Sambungan Gerbong

Hindari memilih kursi yang posisinya dekat dengan sambungan gerbong. Posisi kursi ini tidak nyaman karena dekat dengan toilet dan akan sering dilewati oleh penumpang lainnya. Hal ini akan membuat kenyamanan perjalanan akan terganggu.

Tidak sulit untuk menghindari kursi dekat sambungan gerbong. Ketika membeli tiket melalui aplikasi, akan muncul denah tempat duduk. Dari denah tersebut, calon penumpang bisa tahu di mana letak sambungan gerbong dan kursi mana yang posisinya paling dekat.

4. Pilih Angka Besar dan Kecil

Satu lagi tips memilih kursi kereta agar sesuai dengan laju kereta api, yaitu berdasarkan angka besar dan kecil. Apabila akan menempuh perjalanan ke arah timur, disarankan memilih kursi nomor besar yaitu 12 ke atas. Sebaliknya, apabila ke arah barat, sebaiknya memilih kursi dengan nomor kecil.

5. Pilih Kursi di Gerbong Tengah

Memilih kursi di gerbong nomor tengah supaya saat turun nanti penumpang tidak perlu berjalan jauh dari pintu keluar stasiun. Umumnya gerbong tengah akan berhenti lebih dekat dengan pintu keluar stasiun. Penumpang pun tidak akan merasa lelah, apalagi jika bawaan barang cukup banyak.

6. Pilih Dekat dengan Gerbong Restorasi

Jika akan menempuh perjalanan jarak jauh misalnya 7-8 jam, sebaiknya memilih tempat duduk yang dekat gerbong restorasi. Tujuannya agar penumpang tidak perlu berjalan terlalu jauh saat akan membeli makanan dan minuman. Penumpang lebih mudah menjangkau area makan tanpa perlu ribet harus melewati banyak gerbong.

7. Membeli Tiket Secara Online

Untuk bisa tempat duduk sesuai tips memilih kursi kereta dari poin 1-6 adalah dengan membeli tiket secara online. Ada beberapa platform yang bisa dipilih seperti aplikasi Access by KAI, website resmi pemesanan tiket KAI, atau di aplikasi dan website Online Travel Agent (OTA).

Membeli tiket secara online, calon penumpang bisa memilih kursi yang diinginkan karena ada denah tempat duduk. Selain itu, dengan membeli tiket jauh hari, biasanya ada diskon khusus yang diberikan baik dari aplikasi resmi maupun website OTA.

Baca juga: Kereta Rel Listrik: Definisi, Sejarah, dan Cara Naik

Kenyamanan perjalanan saat naik kereta api tentunya sangat diutamakan. Menerapkan sejumlah tips memilih kursi kereta di atas akan sangat membantu calon penumpang untuk duduk searah dengan laju kereta. Selamat mencoba.

 

Exit mobile version