Tips Memilih Rice Cooker, Jangan Asal Pilih!

tips memilih rice cooker untuk menanak nasi

Rice cooker di rumahmu sudah rusak? Wah harus ganti yang baru tuh. Memilih rice cooker terbaik bisa dibilang gampang gampang susah. Kamu butuh tips memilih rice cooker agar nasi yang kamu masak pulen dan enak.

Ya, nasi menjadi salah satu makanan pokok atau wajib masyarakat Indonesia. Malah ada yang bilang kalau belum disebut makan jika belum mengonsumsi nasi seharian. Padahal, paginya sudah makan roti. Masih aja dibilang belum makan.

Kamu tahu nggak, kalau kebiasaan mengonsumsi nasi ini mulai ramai sejak pemerintahan Orde Baru. Kala itu produksi padi dan beras melimpah ruah, sehingga barang kebutuhan pokok yang mudah dijumpai di semua daerah.

Baca Juga: Wih, Modal Goceng Sudah Bisa Beli Token Listrik

Kandungan karbohidrat yang tinggi membuat nasi menjadi makanan yang cepat bikin kenyang. Maka dari itu, orang lebih memilih untuk makan nasi agar memenuhi kebutuhan pangan hariannya.

Sepiring nasi hangat bisa menjadi pilihan terbaik untuk dimakan bersama lauk pauk dan sayuran. Seiring berjalannya waktu, nasi pun diolah menjadi berbagai macam hidangan, mulai dari nasi uduk, nasi goreng, nasi kuning, dan lainnya.

Nah, karena sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, rice cooker juga menjadi alat elektronik yang wajib ada di setiap rumah. Kebetulan nih, kalau kamu sedang ingin membeli rice cooker, simak tips memilih rice cooker berikut ini!

Kenali Tipe Rice Cooker

Meski memiliki fungsi utama memasak nasi, setiap rice cooker ternyata memiliki tipe yang berbeda-beda lho. Seperti misalnya tipe pressure IH yang mampu menghasilkan nasi pulen. Tip rice cooker ini biasanya paling diminati masyarakat.

Rice cooker tipe ini memiliki tingkat panas yang dapat mempersingkat waktu menanak nasi berkat kehadiran pressure ball. Tingkat panas dari pressure IG ini mampu menyerap ke dalam beras, sehingga nasi jadi lezat dan manis, meskupun rice cooker ini memiliki tingkat panas yang sedang yang membuat tekstur nasi menjadi sedikit pera.

Baca Juga: Kena Tipu Saat Belanja Online, Gini Cara Lapornya

Nah, kalau buat anak kos nih, ada tipe microcomputer yang punya harga terjangkau. Tipe rice cooker yang satu ini sayangnya memiliki tingkat panas yang kurang merata. Hal ini karena panas yang dihasilkan hanya berada di bagian bawah. Kekurangan lainnya adalah tipe panci tipis dan mudah rusak.

Ada juga nih yang tipe gas. Tipe rice cooker ini tidak menggunakan listrik, melainkan menggunakan kompor gas. Rasa nasinya pun mirip seperti nasi yang dimasak melalui tungku.

Pilih Fitur Sesuai Kebutuhan

Tips memilih rice cooker berikutnya adalah usahakan untuk membeli dengan fitur yang kengkap. Tapi, hal ini kembali lagi disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Kalau kamu cuma butuh untuk menanak nasi, maka pilih lah fitur yang sesuai standar.

Tapi, ada juga nih beberapa alat penanak nasi yang punya fitur selain menanak nasi, seperti misalnya mengukus, merebus, hingga menghangatkan. Di luar itu kamu juga bisa memilih fitur berdasarkan teknis. Ada yang punya fitur timer, fitur automatic shut off, dan lainnya. Sejumlah fitur tadi sebenarnya dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam menanak nasi dan berbagai kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Tips Hemat Listik Bagi Rumah yang Gunakan AC

Exit mobile version