Psstt..Ada Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Nih!

Tiket pesawat murah

Mencari tiket pesawat murah merupakan dambaan bagi setiap orang, terutama mereka yang hendak pergi berlibur. Hal ini wajar, karena tiket pesawat biasanya memiliki banderolan harga yang tinggi, apalagi bila sudah masuk musim liburan atau di hari-hari tertentu.

Pesawat memang menjadi salah satu moda transpotasi favorit masyarakat, khususnya bagi mereka yang hendak bepergian dalam jarak yang jauh. Menggunakan pesawat, tentunya akan menghemat waktu dan tenaga, bila dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, seperti laut dan darat.

Namun, kembali lagi bahwa tiket pesawat biasanya dibanderol dengan harga yang mahal. Dengan mendapatkan tiket pesawat murah, maka kamu bisa mengalokasikan dana yang kamu punya untuk kebutuhan lain, seperti misalnya penginapan, kuliner, hingga membeli oleh-oleh.

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir. Kalau kamu jeli, kamu bisa kok mendapatkan tiket pesawat murah kok. Mau tahu caranya? Simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: Mulai 5 Februari, GeNose Jadi Pilihan Tes Covid Traveling Pakai Kereta Api

Pesan tiket di hari Minggu

Banyak yang bilang bahwa hari Minggu merupakan hari terbaik untuk memesan tiket dibanding hari lainnya. Memesan tiket di hari Minggu bisa mendapatkan selisih harga yang cukup banyak, yakni sekitar 10-30 persen. Lumayan, bukan? Nah, kalau ada hari terbaik dalam memesan tiket, ada juga nih hari terburuk ketika memesan tiket, yakni Jumat. Karenanya, hindari hari Jumat untuk memesan tiket ya.

Sebisa mungkin hindari high season

Sudah menjadi rahasia umum apabila memesan tiket di high season atau musim liburan akan lebih mahal ketimbang low season. Maka dari itu, guna mendapatkan tiket pesawat murah, cari di low season saja. Toh, kalau kamu pergi di high season, tempat wisata biasanya akan dipenuhi banyak orang. Alhasil kamu jadi tidak nyaman dalam berlibur. Kalau memang kamu ingin pergi di high season, sebaiknya pesan dari jauh-jauh bulan, minimal tiga bulan sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Tips Liburan Akhir Tahun yang Aman di Masa Pandemi

Pakai situs agregator

Menggunakan situs agregator juga menjadi salah satu tips mencari tiket pesawat murah. Kamu bisa menggunakan situs Skyscanner atau Google Flights. Dengan menggunakan situs agregator ini kamu jadi bisa tahu perbandingan harga tiket yang ditawarkan oleh agen perjalanan, seperti Traveloka, Booking.com, Trip.com, dan lainnya. Biasanya fiturnya lengkap, kamu bisa tahu tujuan dan tanggal keberangkatan.

Jangan beli tiket rombongan

Tips mencari tiket pesawat murah berikutnya adalah jangan beli tiket secara rombongan. Mengapa? Karena biasanya maskapai akan memperlihatkan harga tiket tertinggi dalam tiket rombongan. Semisal ada tiga kursi kosong yang dihargai Rp300.000, tapi berhubung kamu mencarinya lima kursi, maka nantinya maskapai tidak akan menampilkan harga tiket untuk kursi Rp300.000 tadi. Jadi, sebaiknya pesan tiket secara perorangan, baru nanti memilih tempat duduknya bisa bersama-sama.

Pakai dua maskapai berbeda

Harga antara maskapai yang satu dengan yang lainnya akan berbeda. Kalau kamu mencari penerbangan dua arah atau pulang pergi, cari maskapai yang berbeda. Semisal berangkat dengan maskapai A, pulang dengan maskapai B. Biasanya sih, harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah ketimbang menggunakan maskapai yang sama.

Coba penerbangan transit

Penerbangan langsung (direct flights) biasanya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang transit. Kalau kamu memang santai dan tidak terburu-buru, ada baiknya memesan tiket penerbangan yang transit. Biasanya sih ini berlaku untuk penerbangan ke luar negeri. Jarang sekali ada penerbangan domestik yang transit. Oh iya, ketika penerbangan transit, gunakan juga maskapai yang berbeda untuk memperoleh harga yang lebih murah.

Baca Juga: Kumpulan Doa Naik Pesawat Terbang 6 Agama

Exit mobile version