Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan, Happy Holiday Guys!

cara mengatasi mabuk perjalanan

Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Buat kamu yang sedang merencanakan perjalanan liburan menggunakan moda transportasi darat, berikut ini akan kami bagikan cara mengatasi mabuk perjalanan.

Mabuk kendaraan atau motion sickness kerap dialami oleh sebagian orang. Orang yang cenderung suka mabuk kendaraan akan merasakan mual yang bisa berujung pada muntah. Meski tidak berbahaya, perasaan mual selama perjalanan tentu akan mengganggu, bukan?

Sebab Rasa Mual

Nah, biar kamu tidak merasakan mual selama perjalanan, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab mual saat berkendara. Pada dasarnya, mabuk perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang diterima oleh mata dan telinga.

Pada saat kendaraan melaju, tubuh berada dalam posisi duduk atau diam di tempat. Di satu sisi, mata dan telinga menangkap sinyal berupa suara atau tampilan visual karena kendaraan yang berjalan. Kondisi seperti ini aman mendorong otak mencari informasi apa yang salah di dalam tubuh. Oleh karenanya, reaksi yang timbul pun berupa pusing dan mual akibat otak yang menilai bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh racun yang harus segera dikeluarkan.

Baca Juga: 7 Cara Mengemudikan Mobil Hemat BBM

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

1. Jangan konsumsi makanan berat sebelum perjalanan

Jika kamu hendak melakukan perjalanan, apalagi perjalanan yang jauh, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berat atau berlebihan. Jika memang kamu merasa lapar, mungkin bisa mengonsumsi makanan yang ringan atau yang tidak terlalu mengenyangkan. Sebab, jika kondisi perut penuh atau kekenyangan, ditambah merasakan guncangan, maka bisa berisiko mabuk perjalanan. Makan makanan yang tidak berlemak agar tidak terasa mual.

2. Pilih posisi duduk yang nyaman

Posisi duduk juga memiliki peran penting dalam mencegah mabuk perjalanan. Sebisa mungkin pilih posisi duduk yang searah dengan melajunya kendaraan. Jangan memilih tempat duduk yang berlawanan karena bisa memicu rasa mual. Selain itu, kamu juga bisa memilih tempat duduk yang letaknya di bagian belakang, ketimbang di depan jika di bus atau yang letaknya dekat jendela. Kalau di pesawat, pilih yang segaris dengan sayap pesawat.

3. Sebelum bepergian, sebaiknya istirahat yang cukup

Rasa mual atau mabuk perjalanan juga bisa dipicu oleh kondisi tubuh yang lelah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk istirahat yang cukup sehari sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika tidak memungkinkan, bawalah perlengkapan istirahat yang memadai selama di perjalanan, seperti bantal leher hingga penutup mata.

Baca Juga: Ingat, Mengantuk Saat Berkendara Membawa Petaka

4. Berbaring ketika merasa mual

Saat kamu merasa mulai mual, tips berikutnya mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan berbaring. Ambil posisi yang nyaman untuk beristirahat. Jika tidak memungkinkan untuk berbaring, mungkin kamu bisa ambil posisi duduk bersandar dan luruskan kaki. Pejamkan mata sampai rasa mual mereda. Jika kamu berada di dalam kendaraan pribadi, ada baiknya untuk mematikan AC sejenak dan buka jendela kaca untuk menghirup udara segar.

5. Konsumsi obat anti mabuk

Langkah pencegahan mabuk perjalanan bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat anti mabuk setidaknya 1 sampai 2 jam sebelum perjalanan. Obat anti mabuk bisa kamu cari dengan mudah di apotek dan minimarket terdekat. Efek dari mengonsumsi obat anti mabuk memang kebanyakan adalah mengantuk. Selain obat anti mabuk, kamu juga bisa menyiapkan permen mint untuk meredakan mual.

Exit mobile version