Tips Menggunakan Smartphone yang Aman, Jadi Pengguna yang Smart!

tips menggunakan smartphone

Tips Menggunakan Smartphone – Meski diberi nama smartphone atau yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ponsel pintar, tapi tidak semua penggunanya ‘pintar’ dalam menggunakannya. Masih cukup banyak yang sembarangan dalam menggunakan smartphone.

Nah, ini tentu saja sangat berbahaya, mengingat kejahatan siber senantiasa mengintai dan siap menyerang pengguna perangkat elektronik, entah itu smartphone atau laptop. Dari catatan Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), telah terjadi sekitar 88.414.296 serangan siber dalam rentang waktu 1 Januari 2020 sampai 12 April 2020.

Menjaga perangkat smartphone agar tetap aman menjadi kewajiban yang kita harus lakukan sebagai pengguna. Lantas apa saja sih, tips aman menggunakan smartphone? SImak infonya berikut ini ya!

Baca Juga: Cara Reset iPhone yang Benar dan Mudah

Tips Menggunakan Smartphone Aman

1. Jangan Sembarangan Pakai WiFi

Mentang-mentang ada WiFi gratis, langsung deh kamu asal menyambungkannya dengan smartphone. Jangan deh! Karena belum tentu sambungan WiFi tersebut benar atau aman. penggunaan WiFi gratis berisiko terkena berbagai macam serangan siber, seperti salah satunya Man-in-the-Middle Attack, dimana hacker akan melakukan intersepsi jaringan yang kamu pakai.

Bukan cuma itu, menggunakan koneksi WiFi gratis juga berpotensi terkena malware. Kalau sudah begitu, keamanan data yang kamu miliki bisa terancam. Namun, semisal kamu kepepet menggunakan WiFi publik, sebisa mungkin lindungi diri dengan menggunakan VPN (virtual private network) ya!

2. Jangan Asal Pakai VPN

Tips aman menggunakan smartphone yang berikutnya ini melanjuti tips yang pertama, di mana jika kamu terpaksa ingin menggunakan WiFi gratis, pastikan menggunakan VPN. Namun, jangan asal menggunakan aplikasi VPN. Ada banyak sekali aplikasi VPN yang bertebaran di Google Play Store, namun pastikan menggunakan VPN yang aman.

Fungsi VPN sendiri adalah untuk membentengi perangkatmu dari serangan peretas. Akan tetapi, alih-alih membentengi, nantinya kalau pakai VPN sembarangan yang ada malah membuka celah keamaan lebar-lebar.

Baca Juga: Ini Cara Menghapus History Google di HP Android

3. Jangan Asal Root Smartphone

Tips berikutnya untuk para pengguna Android, sebaiknya jangan main root smartphone kamu jika tidak perlu. Ya, root merupakan sebuah teknik atau metode untuk memodifikasi smartphone Android. Tujuannya tak lain adalah untuk memberikan kebebasan dan membuka akes yang selama ini ditutup oleh vendor.

Dengan root, kamu bisa leluasa mengelola aplikasi dan memori internal, penggunaan RAM, hingga meningkatkan daya tahan baterai. Namun, kalau kamu asal root, bisa-bisa smartphone mengalami masalah, mulai dari membuka celah keamanan hingga paling apesnya ponsel kamu bisa mati total.

4. Gunakan Password yang Kuat

Berikutnya yang tidak kalah penting dalam tips aman menggunakan smartphone adalah pastikan kamu menggunakan password yang kuat. Password di sini bisa berarti password dalam membuka kunci ponsel, akun media sosial, perbankan, hingga akun yang mengandung data pribadi.

Hal seperti ini nyatanya masih sering dianggap remeh lho oleh masyarakat. Menurut survei yang dilakukan oleh perusahaan sekuriti dan antivirus Avast di tahun 2019, sebanyak 83 persen dari warga Amerika Serikat masih menggunakan password yang lemah, yakni tidak menyisipkan angka, tidak menggunakan karakter spesial, tidak menggunakan huruf besar dan kecil, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Mudah

Exit mobile version