Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

tips menjaga kesehatan di musim hujan

Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini dilanda musim hujan dengan intensitas curah hujan yang tinggi. Kalau sudah begini, kamu harus tahu tips menjaga kesehatan di musim hujan.

Hal ini karena musim hujan sering membawa dampak yang buruk terhadap kesehatan. Tubuh manusia sejatinya sangat sensitif terhadap perubahan suhu, terlebih ketika pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan.

Udara yang dingin dan lembap seperti saat musim hujan ini mampu membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi dengan adanya banjir yang membawa berbagai macam penyakit, mulai dari diare, demam berdarah, leptospirosis, hingga penyakit kulit. Bahkan ada juga lho penyakit yang menyeramkan akibat musim hujan, seperti Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan demam tifoid.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Menjaga daya tahan tubuh di musim hujan itu sangat penting. Agar tetap sehat, berikut tips menjaga kesehatan di musim hujan.

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan Agar Tak Mudah Terserang Penyakit

1. Jaga Pola Makan untuk Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan paling mudah adalah dengan menjaga pola makan. Di musim seperti ini paling penting memberikan asupan gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara perhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan, serta minum air putih yang cukup. Di samping itu, penting untuk membatasi konsumsi gula, garam, dan minyak yah.

2. Berolahraga Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan

Tahukah kamu kalau berolahraga memiliki peran penting dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh? Maka dari itu, usahakan meluangkan waktu untuk berolahraga. Di musim hujan seperti ini sih kamu bisa berolahraga di dalam ruangan, dengan cara stretching, push up, sit up, dan sebagainya.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Di musim hujan seperti ini, usahakan jangan tidur larut malam yah. Kamu harus menjaga kualitas tidur dengan tidur yang cukup dan nyenyak agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Rekomendasi tidur yang cukup tergantung rentang usia, yakni:

  1. Anak usia 3-5 tahun selama 10-13 jam
  2. Anak usia 6-13 tahun selama 9-11 jam
  3. Anak usia 14-17 tahun selama 8-10 jam
  4. Dewasa 18-64 tahun selama 7-9 jam
  5. Usia lansia lebih dari 65 tahun selama 7-8 jam per hari

4. Jaga Stress untuk Menjaga Kesehatan

Pekerjaan yang sibuk membuat kamu stress? Nah, sebaiknya kamu juga musti mengelola tingkat stress kamu. Manajemen stress juga jadi salah satu faktor menjaga kesehatan di musim hujan lho. Kamu butuh hiburan untuk sekadar melepas penat.

5. Menjaga Kebersihan Diri

Saat musim hujan, tubuh akan cenderung lebih sering basah. Kondisi ini juga akan diperparah apabila kamu menyebrangi banjir. Menjaga kebersihan diri juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan di musim hukan lho. Cara menjaga kebersihan bisa dilakukan dengan mandi dua kali sehari, sebisa mungkin mandi dengan air hangat, mencuci tangan, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Berkendara Mobil Saat Hujan, Waspada!

Exit mobile version