Tips Menyimpan Daging Kurban Supaya Aman Dikonsumsi

Beef cutlet on blue tarpaulin during Eid al-Adha. The process of distributing sacrificial meat. Beef and Goat meat for sacrifice

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI memutuskan Hari Raya Idul Adha 1442 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Salah satu agenda besar yang berkaitan dengan Idul Adha adalah ibadah kurban.

Di momen ini juga, ada sebagian orang yang memilih untuk menyimpan daging kurban ketimbang langsung mengolahnya. Nah, agar daging kurban tetap berkualitas baik, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat akan menyimpan daging kurban.

Baca juga: Tips Sederhana Bikin WhatsApp Anti Lemot

Bagi kamu yang ingin mengolah daging kurban di kemudian hari, sebaiknya hindari untuk mencuci daging segar. Pasalnya dengan mencuci langsung berpeluang untuk penyakit-penyakit yang berasal dari air mentah masuk ke dalam daging.

Kemudian, giling atau potong daging kurban menjadi ukuran kecil atau sesuai dengan porsi masak. Bagi gilingan atau potongan daging berdasarkan kebutuhan sekali masak.

Setelah itu, kemas daging yang dipotong atau giling tadi dalam kantung plastik. Lebih baik lagi bila menggunakan plastik vakum.

Jangan langsung menyimpan daging dalam freezer, taruh di chiller beberapa waktu baru masukkan ke freezer. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembekuan yang mendadak.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Makanan Kekinian Datangkan Cuan

Nah, saat ingin mengolah daging, lakukan dengan proses thawing atau mencairkan daging beku. Pindahkan daging ke bagian chiller agar proses thawing berlangsung perlahan dan merata. Proses ini juga membantu struktur daging tetap bagus saat akan digunakan.

Saat memasak daging kurban, pastikan kamu memasaknya dengan benar dan matang. Proses masak yang benar dan matang bisa membunuh bibit penyakit yang mungkin ada pada daging.

Exit mobile version