Tips Nyetir Mobil Malam Hari Agar Terhindar dari Kecelakaan

tips berkendara malam hari nyetir mobil malam hari

Hayo, siapa di sini yang parno kalau harus nyetir di malam hari? Yap, nyetir mobil di malam hari memang memiliki risiko yang lebih besar ketimbang bekendara di pagi hari atau dalam kondisi terang.

Penerangan yang minim ditambah dengan mungkin kondisi mata kamu kurang awas bisa menjadi bahaya saat menyetir di malam hari. Tapi, jangan khawatir, karena ada sejumlah tips nyetir mobil malam hari yang bisa kamu simak berikut ini!

Baca Juga: Lindungi Mobil Kesayangan dari Jamur dan Karat di Musim Hujan

Tips Berkendara di Malam Hari

1. Gunakan lampu dengan bijak

Ada dua jenis lampu pada mobil yang terpasang di headlights, yakni lampu sorot jauh (high beams) dan lampu sorot rendah (low beams), dimana keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kalau high beams biasanya dipakai untuk membantu menjangkau obyek atau rintangan yang berada di depan.

Lampu jauh atau lampu dim juga bisa dipakai untuk memberikan peringatan kepada kendaraan di depan yang cenderung membahayakan. Lampu jauh sendiri tidak boleh dipakai dalam kondisi jalanan padat lalu lintas karena bisa membahayakan pengendara lain. Sebaliknya, gunakan saja low beams ketika kondisi berkendara normal.

2. Atur spion

Selain mengatur penggunaan headlights, mengatur penggunaan spion juga perlu. Atur spion kamu agar sesuai dengan penerangan di belakang mobil kita. Apabila spion kamu terdapat fitur day/night view, kamu bisa mengatur turun spion agar saat diberi lampu dim oleh pengendara dari belakang, matamu tidak terlalu silau. Namun, jika mobilmu sudah canggih, biasanya ada spion yang sudah tersedia fitur auto dim.

3. Redupkan lampu dasbor

Meredupkan lampu dasbor juga termasuk penting saat berkendara di malam hari. Penerangan yang minim di dalam dasbor mampu membantu untuk meningkatkan visibilitas di malam hari. Meredupkan lampu dasbor akan menghilangkan cahaya di depan kaca dan memungkinkan mata untuk menyesuaikan terhadap penglihatan di kondisi gelap.

Baca Juga: Penyebab Storing Audio Mobil dan Cara Mengatasinya

4. Jaga kecepatan dan jarak berhenti

Menjaga kecepatan dan memberi jarak berhenti juga termasuk ke dalam tips nyetir mobil malam hari lho. Usahakan untuk mengemudi dalam kecepatan yang aman dan berhenti pada jarak yang aman pula. Hal ini karena pada saat kondisi gelap, maka mata kita biasanya akan kesulitan untuk mengenali objek. Pun sudah dibekali high beams dan low beams, tetap saja penglihatan di malam hari tidak sebaik siang hari.

5. Selalu waspada kondisi sekitar

Saat siang hari, pandangan mata kita bisa menjangkau hingga 200 meter, umpamanya. Namun, ketika malam hari, maka jarak jangkau pandangan pun bisa menurun. Maka dari itu, melanjuti poin di atas, kamu harus waspada terhadap kondisi sekitar. Maksud kondisi di sekitar adalah kamu harus waspada terhadap objek yang tidak mengeluarkan cahaya, misalnya hewan, pejalan kaki, pesepeda, dan lainnya. Jika tidak waspada terhadap kondisi sekitar, maka risiko kecelakaan bisa meningkat.

Exit mobile version