Tips Pakai Skincare Pria dari Dokter Kulit

Pemakaian skincare pria melewati tiga langkah dasar dimulai dari membersihkan wajah dengan sabun. Foto: Istimewa.

Perawatan kulit dengan produk skincare tak hanya dimonopoli oleh kaum hawa saja, namun juga para pria. Dokter spesialis kulit, dr. Hari Darmawan, Sp.KK menyampaikan bahwa pemakaian skincare adalah rutinitas yang penting dilakukan baik oleh perempuan maupun laki-laki.

Menurut dr Hari, kulit pria, khususnya yang sering beraktivitas di luar ruang, bahkan memerlukan perawatan yang lebih intens. Nah, terkait itu dr Hari pun membagikan tips memakai skincare bagi para pria.

Baca juga: Tak Hanya Mobil Baru, Beli Mobil Bekas Juga Perlu Garansi

1. Pentingnya Merawat Kulit bagi Pria

Dr Hari mengatakan, tekstur kulit pria 20 persen lebih tebal dengan kelenjar minyak lebih aktif dibanding wanita.

“Tekstur kulit pria 20% lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit perempuan, sehingga kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam,” ujar dr Hari.

2. Lakukan Tiga Langkah Dasar Skincare Pria

Dr Hari menjelaskan ada tiga langkah dasar perawatan kulit pada pria, dimulai dengan membersihkan wajah menggunakan sabun dan diakhiri memakai sunscreen di pagi atau siang hari.

“Tahapan dasar pada skincare pria cukup dimulai dengan membersihkan wajah memakai sabun muka, menggunakan moisturizer untuk menjaga kelembaban wajah dan memakai sunscreen di pagi/siang hari,” saran dr. Hari.

Baca juga: Tekuni Bisnis Afiliasi, Nurwinda Bisa Berangkatkan Haji Orang Tua

3. Kenali Jenis Kulit Sebelum Pakai Skincare

Dalam memilih produk skincare juga tidak boleh sembarangan. Dr Hari menyarankan para pria untuk mengenali jenis kulit wajahnya.

“Pria dengan kulit berminyak dapat menggunakan toner AHA dan BHA untuk memperkecil pori-pori wajah. Sedangkan pria dengan kulit kering bisa memakai pembersih wajah oil-based atau berbahan dasar minyak,” jelas dr. Hari.

4. Gunakan Eye Cream untuk Cegah Penuaan Dini

Salah satu fungsi skincare adalah membuat kulit tetap segar, fresh, dan jauh dari penuaan atau keriput. Ciri penuaan dini pada pria terlihat dari munculnya noda hitam dan kantung mata.

“Ciri penuaan dini pada pria yang paling sering ditemukan yaitu munculnya noda hitam, kerutan atau kantung mata. Eye cream merupakan produk skincare yang efektif untuk memperlambat terjadinya penuaan dini,” kata dr. Hari.

Baca juga: Ini Referensi Perlengkapan Wajib Bawa ke Kantor

5. Minimalisasi Risiko Kanker Kulit dengan Pakai Sunscreen

“Salah satu penyebab utama kanker kulit adalah paparan sinar radiasi ultraviolet (UVA dan UVB) yang berlebihan. Gunakanlah sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++ untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit,” kata dr. Hari.

Exit mobile version